Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Melakukan Cek Nomor Porsi Haji 2022 untuk Mengetahui Antrean Keberangkatan Haji

Cara Melakukan Cek Nomor Porsi Haji 2022 untuk Mengetahui Antrean Keberangkatan Haji Cara Melakukan Cek Nomor Porsi Haji 2022 (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)

Dream – Impian terbesar setiap umat Islam adalah bisa menunaikan ibadah haji. Di mana ibadah haji adalah bagian dari perintah Allah SWT yang wajib ditunaikan jika syarat-syarat wajibnya sudah terpenuhi. Meski begitu, dalam prosesnya tidaklah bisa dikatakan mudah. Karena proses menunggu antrean keberangkatan ke tanah suci terbilang cukup lama.

Apalagi seiring berjalannya waktu, semakin banyak umat Islam yang mendaftar. Secara otomatis, hal ini juga akan membuat antrean semakin panjang. Sehingga umat Islam yang berniat menunaikan ibadah haji harus benar-benar bersabar.

Oleh karena itu, jika niat itu sudah bulat, sebaikanya segera didaftarkan untuk naik haji. Untuk urusan kapan berangkatnya, sahabat Dream bisa langsung melakukan cek nomor porsi haji secara online. Hal ini akan lebih mudah karena bisa dilakukan pengecekan di mana saja tanpa harus mendatangi langsung kantor Kementerian Agama (Kemenag).

Berikut akan dijelaskan secara lebih lengkap apa itu nomor porsi haji dan cara melakukan cek nomor porsi haji agar lebih memudahkan sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Apa Itu Nomor Porsi Haji?

Pengertian nomor porsi haji

Bagi sahabat Dream yang hendak menunaikan ibadah haji atau bahkan sudah mendaftar, maka penting sekali untuk mengetahui apa itu nomor porsi haji. Sedangkan bagi yang belum ingin berangkat, tidak masalah untuk mengetahuinya dari sekarang. Karena undangan Allah SWT kepada umat-Nya untuk datang ke Baitullah terkadang tidaklah terduga.

Nomor porsi haji adalah nomor antrean keberangkatan haji. Di mana nomor ini dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang adalah sebagai penyelenggara ibadah haji. Nomor tersebut berisi tentang estimasi tanggal calon jemaah haji untuk bisa berangkat ke tanah suci. Tentunya tanggal tersebut disesuaikan dengan kalender Islami dan Masehi.

Nomor porsi haji biasanya terdiri dari 10 angka dengan arti tersendiri untuk Kementerian Agama yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Arab Saudi. Jika sahabat Dream sudah memiliki nomor porsi haji ini, maka itu artinya kamu sudah resmi menjadi calon jemaah haji dari Indonesia.

Kapan Mendapatkan Nomor Porsi Haji?

Sahabat Dream mungkin bertanya-tanya, kapan calon jemaah haji bisa mendapatkan nomor porsi haji ini? Ya, calon jemaah haji bisa mendapatkannya setelah melakukan pendaftaran haji. Dengan begitu, secara otomatis nama yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai calon jemaah haji. Sehingga tinggal menunggu saja antrean keberangkatan sesuai dengan nomor urut yang kamu dapatkan.

Oleh karena itu, semakin cepat sahabat Dream mendaftar haji, maka semakin cepat juga untuk bisa menunaikan ibadah tersebut di tanah suci. Mengingat bahwa setiap tahunnya antrean haji semakin panjang. Terutama untuk haji regular yang semakin bertambah di setiap tahun.

Tak sedikit yang harus menunggu keberangkatan selama belasan hingga puluhan tahun. Hal ini berbeda jika sahabat Dream mengambil haji plus maupun haji furoda. Tetapi tentunya kedua jalur ini memerlukan biaya yang sangat besar dan fasilitas yang didapat pun juga lebih lengkap.

Cara Cek Nomor Porsi Haji 2022

Cara Cek Nomor Porsi Haji 2022

Seseorang yang sudah terdaftar sebagai calon jemaah haji, sebaiknya selalu melakukan cek nomor porsi haji. Hal ini agar kamu bisa mengetahui nomor antrean dan kapan keberangkatan menunju tanah suci. Sehingga sahabat Dream bisa lebih mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah tersebut.

Nomor porsi haji biasanya tertera di bagian bukti setoran awal yang kamu dapatkan saat melakukan pendaftaran haji. Di mana bukti setoran awal telah menjadi bukti bahwa kamu sudah terdaftar sebagai calon jemaah haji. Untuk angkanya sendiri terdiri dari 10 digit.

Jadi, setelah calon jemaah haji melakukan setoran di awal sebanyak 25 juta, kemudian akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang mencantumkan nomor haji.

Nah, untuk mengetahui antrean keberangkatan haji di tahun 2022, berikut adalah cara cek nomor porsi haji 2022 yang perlu sahabat Dream ketahui:

1. Buka laman https://haji.kemenag.go.id/v4/

2. Scroll ke bagian bawah sampai menemukan kolom Perkiraan Keberangkatan. Di bagian kolon Nomor Porsi, kamu bisa masuk ke bagian nomor porsi dan menekan tombol “cari”.

3. Dengan mendapatkan nomor porsi, itu artinya kamu sudah terdaftar sebagai jemaah haji kuota Depag Resmi (Haji non-kuota tidak ada nomor porsi).

Perlu diketahui juga, ketika sahabat Dream tidak bisa melihat estimasi kapan keberangkatannya, maka bisa saja saat itu situs dari Kementerian Agama sedang mengalami maintenance server atau server sedang overload. Jika begitu, kamu bisa kembali melakukan cek nomor porsi haji keesokan harinya.

Kemudian jika sahabat Dream mendaftar jalur haji plus dan belum mendapatkan nomor porsi haji yang menjadi bukti bahwa kamu adalah calon jemaah haji, maka bisa dengan meminta bantuan pada travel haji plus di mana kamu sudah mendaftarkan diri.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar Haji Kini Bisa Lewat 4.000 Kantor Pos di Indonesia

Daftar Haji Kini Bisa Lewat 4.000 Kantor Pos di Indonesia

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) terkait pendaftaran porsi haji.

Baca Selengkapnya
Catat, Pelunasan Biaya Haji Dibuka Mulai 9 Januari 2024

Catat, Pelunasan Biaya Haji Dibuka Mulai 9 Januari 2024

Menteri Agama telah mengumumkan bahwa proses pembayaran untuk pendaftaran haji segera akan dibuka pada awal tahun 2024.

Baca Selengkapnya
Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Bipih Tahap 1 hingga 23 Februari 2024

Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Bipih Tahap 1 hingga 23 Februari 2024

Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Bipih Tahap 1 Hingga 23 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Calon Jemaah Haji Harus Periksa Kesehatan untuk Penuhi Syarat Istitaah

Calon Jemaah Haji Harus Periksa Kesehatan untuk Penuhi Syarat Istitaah

Diimbau melakukan istithaah kesehatan terlebih dahulu. Hal ini diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 83 Tahun 2024.

Baca Selengkapnya
Umroh pada Hari Pencoblosan 14 Februari, WNI Dipastikan Kehilangan Hak Pilih

Umroh pada Hari Pencoblosan 14 Februari, WNI Dipastikan Kehilangan Hak Pilih

Kemungkinan jemaah umroh bisa mencoblos di sana sangat kecil karena keterbatasan surat suara yang disediakan

Baca Selengkapnya
Makan Lebih Hemat di Bulan Ramadan dengan 5 Trik Simple

Makan Lebih Hemat di Bulan Ramadan dengan 5 Trik Simple

Makan makanan lezat di bulan Ramadan tidak harus merogoh kocek dalam-dalam. Cari tahu cara menghemat pengeluaran sambil makan makanan lezat di bulan puasa

Baca Selengkapnya
Jadwal Lengkap Perjalanan Haji 1445 H, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Jadwal Lengkap Perjalanan Haji 1445 H, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Jadwal Perjalanan Haji 2024, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Baca Selengkapnya
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan pada 10 Maret 2024, Berikut 134 Titik Seluruh Indonesia

Baca Selengkapnya
Penumpang Boleh Buka Puasa di Gerbong KRL, Begini Aturannya

Penumpang Boleh Buka Puasa di Gerbong KRL, Begini Aturannya

Begini aturan berbuka puasa di KRL selama Ramadan 2024

Baca Selengkapnya