Cara Membasmi Cicak Secara Alami dan Efektif

Reporter : Sugiono
Rabu, 19 Juni 2019 12:46
Cara Membasmi Cicak Secara Alami dan Efektif
Berikut cara membasmi cicak secara alami, efektif dan cepat. Sebagian cara membasmi berikut bahkan tidak akan menyakiti si cicak.

Dream - Dalam Islam, terdapat anjuran untuk membunuh cicak. Karena hewan melata ini membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Dari sudut kesehatan, diketahui bahwa cicak mengandung bakteri yang berbahaya, seperti bakteri Escherichia atau E.Coli.

Bakteri E.Coli sendiri merupakan bakteri yang dapat menyebabkan sakit perut dan meracuni makanan. Cicak diketahui kerap menjatuhkan kotoran di atas tempat makan dan minum tanpa disadari.

Karena itu banyak di antara umat Islam, termasuk ulama, memahami kata wazagh sebagai cicak.

Imam Nawawi dalam Shahih Muslim menyebutkan, cicak digolongkan hewan yang fasiq. Itu karena cicak adalah hewan yang banyak mudharat-nya.

Dikisahkan oleh Sa'ad bin Abi Waqqash r.a, bahwa Nabi SAW memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau menyebut cicak sebagai hewan fasiq (pengganggu). (HR. Muslim)

Terkait membasmi cicak ini, ada cara modern yang lebih efektif dan cepat. Sebagian cara berikut bahkan tidak akan menyakiti si cicak karena tujuannya hanya mengusirnya saja dari rumah.

1 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Membasmi Cicak Secara Alami?

Ada beberapa cara membasmi cicak secara mudah dan alami yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Sahabat Dream coba untuk membasmi cicak di rumah

1. Kopi

Buat bola-bola dari kopi dan campuran tembakau untuk membasmi cicak di rumah. Kamu bisa meletakkan bola-bola ini di setiap sudut rumah.

Dalam waktu yang tak terlalu lama, kamu akan melihat cicak-cicak di dinding akan berjatuhan mati atau lari menjauh dari rumah.

 Dapatkan Kopi Ala Cafe di Rumah

2. Kapur Barus

Kapur barus atau Naftalena sangat ampuh mengusir cicak dari rumah. Baunya yang khas sangat tidak disukai oleh hewan pengganggu rumah seperti tikus.

Kamu bisa taruh beberapa biji kapur barus di dalam laci, di atas lemari, sudut rumah untuk mengusir cicak sekaligus tikus.

2 dari 4 halaman

Pakai Merica dan Kulit Telur

3. Semprotan Merica

Campurkan bubuk merica ke dalam air dan semprotkan di setiap sudut rumah atau tempat biasa cicak bersembunyi. Hewan melata ini sangat alergi terhadap merica dan akan menjauh jika terkena semprotan merica.

4. Kulit Telur

Kulit telur memiliki bau menyengat yang membuat cicak menjadi mual. Kulit telur juga memberi kesan kepada cicak bahwa ada makhluk yang lebih besar di dekatnya, sehingga menimbulkan rasa takut.

3 dari 4 halaman

Lem Lalat dan Serai

5. Lem Lalat Kertas

Lem lalat kertas bisa digunakan juga untuk menjebak cicak. Kamu bisa meletakkan lem lalat kertas di atas lantai atau meja. Lebih bagus lagi jika menempelkannya di dinding.

Dalam hitungan jam, kamu akan menemukan beberapa cicak terperangkap di lem lalat kertas tersebut. Setelah itu, kamu tinggal mengangkat atau melepas lem lalat kertas itu dan membuangnya.

6. Serai

Serai juga bisa digunakan untuk membasmi cicak di rumah. Aroma serai yang segar bagi manusia justru tidak disukai cicak. Taruh beberapa bilah serai di sekitar rumah untuk menjauhkan cicak.

4 dari 4 halaman

Bawang Merah dan Bawang Putih

7. Bawang Merah

Unsur belerang dalam bawang mengeluarkan bau menyengat yang tidak bisa ditoleransi oleh cicak. Kamu dapat membuat irisan bawang dan menyimpannya di sekitar rumah.

Kamu juga bisa mencampur jus bawang dengan air dan menyemprotkannya di tempat biasa cicak berkeliaran.

8. Bawang Putih

Bawang putih akan mengeluarkan bau yang kuat yang akan membantu mencegah cicak masuk rumah. Kamu juga dapat mencampur jus bawang putih dengan air dan menyemprotkannya untuk mendapatkan efek yang sama.

(ism, Sumber: Fistery Parenting)

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-