Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 3 Mei 2021 16:30
Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan
Sebisa mungkin, khatam Alquran yang banyak selama Ramadan. Bagaimana caranya?

Dream - Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Setiap ibadah yang dilakukan umat Islam akan diganti dengan ganjaran berlipat ganda.

Selain puasa wajib, ibadah lain yang bisa dilakukan selama Ramadan adalah sholat fardhu maupun sunnah, bersedekah, hingga membaca Alquran.

Ada ganjaran di setiap huruf Alquran yang dibaca selama Ramadan, tiga kali lipat dibandingkan hari biasa. Apalagi jika kitabnya Allah ini rajin dibaca dan dikhatamkan selama satu bulan Ramadan.

Imam Syafi'i berhasil mengkhatamkan Alquran sebanyak 60 kali selama Ramadan. Artinya, dua kali tuntas dalam setiap harinya.

Dikutip dari The Islamic Information, ini cara mudah mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan.

 

1 dari 2 halaman

Bagi menjadi 30 hari

Mengkhatamkan Alquran sekaligus dalam waktu lama tentu membuat kita kelelahan. Biasanya akan semangat di hari pertama kemudian menurun di hari berikutnya.

Agar kamu tak kelelahan, bacalah Alquran dalam porsi yang sama setiap hari. Alquran terbagi menjadi 30 juz, artinya kamu hanya perlu membaca 1 juz setiap hari.

20 Cara Menghafal Alquran Bagi Orang yang Bercita-Cita Jadi Tahfidz© MEN

Sehari, bagi menjadi lima kali

Membaca satu juz setiap hari tentu juga membutuhkan waktu yang tak sebentar. Sementara ada pekerjaan atau ibadah lain yang menunggu.

Untuk mencapai target satu hari satu juz, baca Alquran setelah sholat fardhu. Dalam satu juz sekitar dan 20 halaman.

Sehingga setiap selesai sholat, kamu hanya perlu membaca Alquran 4 halaman saja. Mudah sekali bukan?

 

2 dari 2 halaman

Dongkrak di waktu luang

Bagi perempuan dalam usia produktif, mengkhatamkan Alquran dengan metode satu hari satu juz akan sulit dilakukan. Penyebabnya karena da hari-hari yang dilarang untuk sholat dan membaca Alquran yaitu ketika haid.

Solusinya, waktu membaca Alquran perlu ditambah di waktu luang. Misalnya saat menunggu jemputan atau ketika di transportasi umum selama perjalanan.

Waktu lain bisa saat menunggu berbuka puasa atau setelah sahur saat menunggu subuh.

Ilustrasi Doa Berdoa Baru© Ilustrasi (Shutterstock.com)

Beri Komentar