Cara Sholat Subuh Dilengkapi Bacaan Niat dan Hukum Melafalkan Doa Qunut

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 2 Desember 2021 07:01
Cara Sholat Subuh Dilengkapi Bacaan Niat dan Hukum Melafalkan Doa Qunut
Hukum qunut dalam sholat subuh adalah sunah muakkadah.

Dream - Sholat subuh merupakan salah satu dari sholat fardhu lima waktu yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim. Semenjak usaia balig, bahkan sebelumnya, semua anak pasti sudah diajarkan cara sholat subuh beserta bacaan dan doanya sebagai bekal menjalani kehidupan sebagai seorang muslim. 

Cara sholat subuh ini sebetulnya tak berbeda jauh dengan ibadah sholat di empat waktu lainnya. Hanya saja, waktu sholat subuh yang dimulai dari terbit fajar sampai terbitnya matahari membuat orang yang tak terbiasa sering kali terlambat menjalankan sholat subuh karena kesiangan. Membiasakan diri menjalankan sholat subuh sejak dini adalah salah satu cara agar bisa menunaikan tiang agama ini dengan tepat waktu. 

Menunaikan sholat subuh berjamaah akan mendapatkan keutamaan sekaligus pahala yang lebih besar daripada sholat sendiri. Sebagai makmum, kita bisa cukup mengikuti gerakan imam ketika mendirikan sholat subuh. Namun jika melaksanakan sholat subuh sendiri, kamu perlu memahami bacaan dan doa yang ada di dalam sholat ini.

Agar lebih jelasnya, mari kita pelajari bersama cara sholat subuh serta bacaan niat dan hukum doa qunut di yang ada pada sholat subuh ini.

1 dari 5 halaman

Bacaan Niat Sholat Subuh

Hal yang paling penting sebelum mengetahui serangkaian cara sholat subuh adalah dengan mengetahui bacaan niatnya. Bacaan niat sholat subuh adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Subuh Sendiri

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Usholli fardlo-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena allah ta’ala.

Niat Sholat Subuh Sebagai Imam

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا لله تَعَالَى

Usholli fardlo-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena allah ta’ala.

Niat sholat subuh Sebagai Makmum

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لله تَعَالَى

Usholli fardlo-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena allah ta’ala.

2 dari 5 halaman

Cara Sholat Subuh yang Dianjurkan

Menjalankan sholat lima waktu adalah kewajiban umat Islam yang tidak boleh ditinggalkan, seperti sholat subuh. Cara sholat subuh dilaksanakan sebanyak dua rakaat. Ada hal yang membedakan cara sholat subuh dengan sholat fardhu lainnya yaitu adanya qunut pada rakaat kedua.

Mengutip dari NU Online, qunut termasuk amalan yang disunahkan dalam sholat subuh. Hal ini tentu sesuai hadis berderajat shahih yang disampaikan Nabi SAW sebelum wafat.

Sebelum membahas lengkap tentang hukum qunut dan lafal doa qunut, kita akan lebih dahulu mempelajari cara sholat subuh yang benar berikut ini:

  • Niat sholat subuh.
  • Takbiratul ihram dengan mengucapkan Allahu akbar. Pandangan mata melihat ke arah tempat sujud, tangan disedekapkan pada posisi tangan kanan di atas tangan kiri.
  • Membaca doa iftitah, hukumnya sunnah.
  • Membaca surat Al Fatihah.
  • Membaca salah satu surat dari Al Quran.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah.
  • I’tidal dengan tuma’ninah.
  • Sujud dengan tuma’ninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  • Sujud kedua sambil membaca bacaan sujud.
  • Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua. Gerakan rakaat kedua sama seperti di rakaat pertama hanya saja ada tambahan doa saat kamu melakukan I’tidal.
  • Di rakaat kedua saat I’tidal kamu dianjurkan untuk membaca doa qunut.
  • Setelah selesai membaca doa Qunut, kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan takbir  Allahu Akbar tanpa mengangkat kedua tangan.
  • Sujud
  • Duduk tasyahud akhir.
  • Salam

Setelah salam artinya kamu selesai menunaikan semua rangkaian cara sholat subuh.

3 dari 5 halaman

Hukum Melaksanakan Qunut Sholat Subuh

Ilustrasi© Pixabay.com

Melaksanakan qunut merupakan amalan sunnah dalam sholat. Melansir dari NU Online, ada tiga macam qunut yang disunahkan yaitu qunut saat sholat subuh, qunut witir pada separuh akhir Ramadhan, dan qunut nazilah. Menurut Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menyatakan:

“ Qunut sholat subuh disunahkan berdasarkan hadits shahih dari Anas bahwa Rasulullah SAW selalu qunut sampai beliau meninggal. Hadits riwayat Hakim Abu Abdullah dalam kitab Arba’in. Ia mengatakan, itu hadits shahih."

Lebih lanjut, Imam Nawawi juga menjelaskan hukum qunut sholat subuh adalah sunah muakkadah. Artinya jika meninggalkannya tidak membatalkan sholat, namun dianjurkan melaksanakan sujud sahwi, baik ditinggalkan sengaja atau tidak.

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh

Setelah mengetahui cara sholat subuh dan hukum qunut subuh, kamu juga perlu mengetahui dan menghafal bacaan doa qunut sholat subuh. Doa qunut sholat subuh adalah sebagai berikut:

 اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:

" Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

5 dari 5 halaman

Imam Sholat Mengeraskan Bacaan Doa Qunut

Doa qunut yang sudah ditampilkan sebelumnya itu dibaca saat kamu menjalankan sholat subuh sendiri ya, Sahabat Dream. Sebab saat berjamaah, kamu hanya perlu mengucapkan “ amin” saat imam sholat membaca doa itu.

Sang imam sholat subuh juga dianjurkan mengubah lafal “ ihdini” menjadi “ ihdina”. Sebab, menurut Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Kitab Fathul Mu’in makruh hukumnya berdoa untuk diri sendiri pada saat doa bersama. Ia mengatakan, “ dimakruhkan bagi imam berdoa khusus untuk dirinya sendiri pada saat doa qunut karena ada larangan tentang hal itu. Karenanya, hendaklah imam membaca ‘ihdina.”

Selain itu, pada saat membaca doa qunut subuh, imam sholat dianjurkan mengeraskan suaranya, sedangkan makmum mengamininya. Kemudian dianjurkan pula mengangkat kedua tangan sebagaimana doa pada umumnya.

Lebih utama lagi saat doa yang mengandung harapan dan permintaan, telapak tangan menghadap ke atas, sementara saat doa yang mengandung tolak bala atau dijauhkan dari musibah yang sedang terjadi, punggung telapak tangan menghadap ke atas.

Beri Komentar