Cegah Anak-anak Keluar Rumah Jelang Malam, Ini Penjelasannya

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 9 November 2018 20:00
Cegah Anak-anak Keluar Rumah Jelang Malam, Ini Penjelasannya
Larangan ini mungkin pernah kita alami.

Dream - Mungkin sebagian dari kita masih ingat pengalaman masa kecil dulu. Setiap kali menjelang malam, kita sering dilarang orangtua untuk keluar rumah.

Bahkan, mungkin ada sebagian dari kita yang juga menerapkan larangan tersebut kepada anak-anaknya. Begitu hari menuju gelap, mereka menyuruh anak-anaknya masuk rumah dan tidak boleh keluar hingga beberapa saat.

Ada juga orangtua yang sampai menakuti-nakuti anaknya dengan cerita jin dan hantu. Ini agar anak tidak keluar rumah terutama di saat Maghrib.

Sekilas, larangan tersebut seperti tidak berarti. Padahal, ternyata larangan tersebut merupakan salah satu bentuk anjuran dalam Islam.

Dikutip dari bincangsyariah, larangan tersebut terdapat dalam hadis riwayat Bukhari.

" Dari Jabir bin Abdillah radliyallahu 'anha, dia memarfu'kannya (kepada Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam) berkata, 'Tutuplah bejana-bejana, tempat-tempat minum, pintu-pintu, tahanlah anak-anak kecil kalian (di rumah) ketika isya', karena sungguh jin bertebaran dan dapat menculik, dan matikanlah lampu-lampu ketika hendak tidur, karena fuwaisiqah (tikus kecil) terkadang menyenggol sumbu dan bisa membakar pemilik rumah'."

Hadis di atas merupakan dasar dari perintah untuk melarang anak-anak keluar rumah menjelang hari gelap. Ini untuk menghindarkan anak-anak dari bahaya gangguan jin dan setan.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Stan Lee Tutup Usia Setelah Berjuang Melawan Pneumonia