Ciri Manusia yang Tak Bisa Mencium Bau Surga

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 21 April 2021 20:03
Ciri Manusia yang Tak Bisa Mencium Bau Surga
Hati-hati, jangan sampai kita menjadi bagian di dalamnya.

Dream - Ramadan menjadi momentum muslim berlomba-lomba mendapatkan pahala dan meraih ridho Allah SWT. Di bulan ini, semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya sehingga menjadi investasi baik meraih surga.

Masuk surga menjadi dambaan umat manusia. Tetapi menuju ke sana bukanlah hal yang mudah.

Ada banyak godaan dan ujian duniawi yang harus ditaklukkan. Jika tak bisa menahan godaan dan melakukan perbuatan yang dilarang Allah SWT, kita harus bersiap menjadi penghuni neraka.

Neraka menjadi tempat segala siksa atas dosa yang dilakukan selama di dunia. Bahkan, ada sekelompok orang di neraka, mencium surga pun tak bisa. Padahal bau surga bisa dicium dari jarak 70 tahun perjalanan.

Berikut ciri orang yang tak bisa mencium bau surga.

 

1 dari 4 halaman

Menyemir uban dengan warna hitam

Banyak orang berumur yang rambutnya memutih dimakan usia. Mereka kemudian menutupinya dengan semir warna hitam.

Tindakan ini seolah menutupi kehendak Allah SWT yang telah ditakdirkan untuknya. Ancaman dari perilaku ini seperti yang disabdakan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Abu Dawud.

Akan datang di akhir zaman suatu kaum yang menyemir rambutnya dengan warna hitam bagaikan jambul burung dara, mereka tidak akan mencium bau surga.

Teroris, membunuh non-muslim yang tak memusuhi

Fakta Teroris Kemang, Nekat Jual Rumah Rp6 M Demi Gabung ISIS© MEN

Banyak teroris yang menyerang gereja dengan tujuan mengantarkannya menuju surga. Padahal, Rasulullah melarang kita memusuhi atau bahkan membunuh orang non-muslim yang tidak menyerang kita.

Dari Abdullah bin Umar dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, " Barangsiapa yang membunuh orang non muslim yang telah terikat janji maka dia tidak akan mencium bau surga, padahal bau surga itu dapat tercium dari jarak sejauh 40 tahun." (HR. Imam Bukhari)

 

2 dari 4 halaman

Bercerai dengan alasan sepele

Suami istri hendaknya mencari solusi dari persoalan rumah tangga dengan memperhatikan kedua belah pihak. Jika perceraian hanya karena permasalahan yang tak terlalu besar, tentu akan dibenci Allah. Bahkan Rasulullah pernah bersabda dalam hadis riwayat Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

Seorang istri yang mudah meminta cerai suaminya hanya karena permasalahan sepele, maka dia tidak akan mencium baunya surga.

Pengadilan Saudi Bolehkan Wanita Bepergian Sendirian Tanpa Izin Wali© MEN

Ulama mengelompokkan permasalahan yang memperbolehkan istri meminta cerai pada suami.

Urusan itu adalah, suami sering melakukan kekerasan hingga membuat cacat secara fisik maupun mental, suami sering meninggalkan sholat dan suka maksiat, suami tidak memenuhi sandang pangan istri dan anak padahal ia mampu, suami enggan memenuh kebutuhan biologis istri padahal mampu.

 

3 dari 4 halaman

Boros, berlebih-lebihan

Sahabat Nabi Muhammad SAW, Salman Al Farisi, terkejut saat memasuki rumahnya yang dihias begitu mewah oleh istrinya, Shawwab. Rumahnya dihiasi tirai-tirai terbuat dari sutera.

Tak hanya, itu banyak sekali budak-budak istrinya. Mereka membawakan berbagai makanan minuman yang sangat banyak dan lezat hanya untuk suaminya.

4 Kesalahan Berbelanja yang Membuatmu Semakin Boros© MEN

Tak ingin menyakiti hati istri, Salman kemudian berkata empat mata kepada Shawwab.

" Istriku, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang tidur di tempat yang empuk, berpakain indah, memakai kendaraan mewah, dan makan makanan yang lezat, maka orang tersebut tidak akan mencium bau surga.’”

Shawwab kemudian membebaskan semua budak-budaknya dan kemudian memberi sedekah makanan dan harta kepada mereka.

 

4 dari 4 halaman

Tak menutup aurat

Umat Islam diharapkan memakai baju yang tertutup auratnya. Tujuannya tak hanya melindungi diri sendiri tetapi juga orang lain.

Atasi Masalah Kulit Kepala Wanita Berhijab© MEN

Muslim dan muslimah yang memakai baju tetapi telanjang tak akan bisa mencium bau surga.

Telah menceritakan kepadaku Zuhrai bi Harb telah menceritkan kepada kami Jurai dari Suhail dari ayahnya dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah SAW bersabda:”Dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat, kaum membawa cambuk seperti ekor sapi, dengannya ia memukuli orang dan wanita-wanita yang berpakaian akan tetapi telanjang, mereka berlenggak-lenggok, condong dari ketaatan, rambut merke seperti punuk unta yang miring, mereka tidak masuk surga dan tidak akan mencium baunya, sesungguhnya bau surga tercium dari jarak sejauh ini dan ini (isyarat)." (HR.Muslim)

Beri Komentar