Ucapkan Doa Ini Sebagai Tanda Bersyukur Diberi Keringanan dalam Ibadah

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 27 September 2021 06:00
Ucapkan Doa Ini Sebagai Tanda Bersyukur Diberi Keringanan dalam Ibadah
Keringanan ibadah semata karena kasih sayang Allah.

Dream - Seorang muslim terikat dengan kewajiban ibadah dan yang paling sering adalah sholat dan puasa Ramadan. Kedua ibadah tersebut termasuk amaliyah wajib yang tak boleh ditinggalkan karena akan mendatangkan dosa

Setiap orang dalam keadaan mampu secara fisik diwajibkan untuk mendirikan sholat. Juga wajib puasa Ramadhan.

Ibadah wajib tersebut harus dijalankan secara sempurna. Sholat harus tertib rukunnya dan puasa tidak boleh dibatalkan hingga waktu berbuka tiba.

Tetapi, ada keringanan bagi sebagian orang. Misalnya karena sakit, boleh sholat dengan duduk atau berbaring. Atau orang dalam perjalanan, boleh tidak puasa. Tetapi harus diganti di hari lain.

Keringanan ini semata karena kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Sehingga jika kita mendapatkan keringanan dalam ibadah, dianjurkan bersyukur dengan doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Dapat Keringanan Ibadah

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ فِي الْأَمْرِ سَعَةً

Alhamdulillahil ladzi ja'ala fil amri sa'atan.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang memberikan keleluasaan dalam masalah ini."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Ucapkan Doa Diberi Kelancaran Rezeki Ini Usai Sholat Fardlu

Dream - Setiap hari kita membutuhkan rezeki. Bentuknya berbagai macam mulai dari rezeki tanpa usaha hingga membutuhkan usaha. Terlebih di saat merasa kekurangan kita akan sering memanjatkan doa agar diberikan kecukupan rezeki.

Kebutuhan akan rezeki akan kita rasakan seumur hidup. Tidak sedetikpun kita tidak butuh rezeki.

Dari sekian banyak rezeki, kita sering meminta rezeki berupa materi karena dianggap bisa mencukupi kebutuhan hidup. Dengan harapan bisa berbagi dengan sesama.

Keinginan yang diharapkan semua orang adalah mendapatkan rezeki materi yang dapat mendatangkan berkah dengan mengucapkan doa setiap hari..

Untuk mendapatkan rezeki dengan lancar, dianjurkan membaca doa ini usai sholat fardlu.

 

3 dari 5 halaman

Doa Rezeki

يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ اَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاك‌َ

Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika 'an haramika wakfinii bifadllika 'amman siwaka.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Pembuka Pintu Rezeki Saat Keluar Rumah dan Terjemahannya

Dream - Doa pembuka pintu rezeki perlu dibaca ketika kita keluar rumah. Saat kaki pertama mulai melangkah dari teras atau halaman rumah, kita berharap akan terbuka hal-hal baru yang sebagiannya bisa berkaitan dengan rezeki.

Doa perlu dibaca mengingat rezeki tentu tidak datang dengan sendiri. Kita perlu mengupayakan dengan cara-cara yang patut.

Rezeki tersebar di seluruh penjuru bumi. Kita hanya perlu meraihnya dengan usaha tertentu sambil dibarengi dengan membaca doa dibukakan pintu rezeki.

Ketika keluar rumah, harapan mendapatkan rezeki terselip di hati. Apalagi saat rezeki sedang seret.

Karena itulah, dianjurkan membaca doa pembuka rezeki ini ketika kita keluar rumah.

 

5 dari 5 halaman

Doa Pembuka Pintu Rezeki

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radldlini bi qadla'ika, wa barik li fima quddira li khatta la ukhibba ta'jîla ma akhkharta, wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya,

" Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan."

Sumber: NU Online

Beri Komentar