Rela Utang Demi Jadi Selebgram, Padahal Aslinya....

Reporter : Sugiono
Jumat, 9 Maret 2018 09:42
Rela Utang Demi Jadi Selebgram, Padahal Aslinya....
Tak pernah absen memamerkan gaya hidup mewahnya di Instagram.

Dream - Jalan menjadi orang terkenal kini semakin banyak. Tak harus menjadi artis yang punya kemampuan bakat, seseorang bisa mendadak tenar lewat sosial media. Sudah sering kita dengar istilah selebgram untuk menunjukan kalangan selebriti terkenal di dunia Instagram.

Biasanya para selebgram ini mempunyai banyak follower. Selain terkenal, pundi uang mereka juga bertambah lewat jasa promosi (endorse) di akun instagramnya. 

Namun menjadi selebgram ternyata tak semudah dibayangkan. Seorang wanita asal Amerika Serikat mengungkapkan betapa mahalnya biaya untuk menjadi selebriti di Instagram.

Akibat mimpinya itu, Lissette Calveiro hampir saja bangkrut karena menanggung utang yang menggunung.

Wanita yang sekarang berusia 26 tahun itu pindah dari Miami ke New York untuk bekerja sebagai pegawai magang pada tahun 2013. Hidup di kota besar sambil aktif di Instagram membuat Lissette semakin tak terkendali.

Lissette tak pernah absen memamerkan gaya hidup mewahnya di Instagram. Mulai dari makan siang di restoran mewah, memakai pakaian mahal hingga berlibur di tempat berbeda setiap bulan.

Namun di balik itu semua, kehidupan Lissette tak seperti kenyataanya.

 

1 dari 2 halaman

Gaya Hidup Mewah Biar Disebut Keren

Dream - Lissette harus berjuang untuk menutupi seluruh utangnya. Meski mendapat pekerjaan PR penuh waktu, Lissette masih menanggung utang $10,000 (setara Rp138 juta).

Selama magang di New York, Lissette hanya mendapatkan uang untuk biaya transportasi. Sementara untuk membiayai gaya hidupnya di Instagram, Lissette mengambil dari tabungan.

Selain itu, Lissette juga mengandalkan gaji dari bekerja paruh waktu sebagai penjaga toko retail. "Aku belanja pakaian mewah agar bisa mendapatkan gaya hidup Instagrammable yang sempurna. Aku hidup melebihi kemampuan finansialku. 

"Aku hidup dalam kebohongan dan utang menggunung di atas kepalaku," katanya kepada New York Post.

Meski mendapat gaji kecil hingga sedang pada 2016, Lissette mengakui utangnya semakin banyak demi tampil berbeda setiap hari di Instagram.

 

#FridayMood: I’d been feeling a little up-in-the-air from the last few months of moving and travel, so I was excited to have the last few weeks to myself and building a new routine in my new environment. Now, back up in the air, but feeling a lot more refreshed and open to new experiences. Sometimes, you really have to find moments to “stop” and listen to what your mind is craving. For me, it was to take it all in and feel (even for just a moment) grounded. Happy long weekend, everyone! Snaps from St. Thomas are coming to a feed near you 🌴

A post shared by Lissette Calveiro (@lissettecalv) on

Untuk belanja bulanan pakaian saya, Lissette menghabiskan US$200 (setara Rp2,7 juta). Belum lagi anggaran untuk tas mahal yang mencapai US$1.000 (setara Rp13,8 juta).

Tak lengkap rasanya jika Instagram tanpa berfoto di lokasi bar. Hal itupun dilakukan Lissette. Dia harus berlibur ke tempat berbeda setiap bulan agar dianggap keren dan banyak uang.

"Jika kalian memperhatikan, banyak perjalanan liburan yang aku lakukan pada 2016 hanya untuk diunggah di Instagram," katanya.

2 dari 2 halaman

Mulai Menyadari Kesalahan

Dream - Beruntung calon Selebgram ini mulai menyadari kesalahannya ketika mendapat pekerjaan sebagai seorang PR di Manhattan.

" Aku tahu bahwa pindah ke New York, aku harus berhemat atau aku tidak akan bertahan," katanya.

Lissette langsung mengubah kebiasaan belanjanya dengan mengurangi aktivitasnya di Instagram. Dia juga patungan dengan teman untuk menyewa kontrakan seharga US$700 (setara Rp9,6 juta) per bulan.

Selain itu, Lissette juga mengatur anggaran belanja mingguan menjadi hanya US$35 (setara Rp483 ribu). Setelah 14 bulan kemudian, Lissette akhirnya bisa melunasi hutang-hutangnya.

Tapi dia mengaku masih mengeluarkan biaya US$130 (setara Rp1,8 juta) untuk membayar keanggotaan Rent the Runway. Ini adalah layanan online yang khusus menyewakan baju-baju desainer dan aksesori mahal.

Sekarang tinggal di Soho, Lissette mengatakan bahwa dia menyesal telah mengeluarkan begitu banyak uang demi terlihat hidup mewah di Instagram.

Dia juga khawatir bahwa kesalahan yang telah dilakukannya itu dicontoh oleh gadis-gadis muda di luar sana

" Di Instagram, orang-orang tidak pernah menanyakan masalah finansialku. Hal ini membuatku khawatir karena para gadis itu hanya peduli pada foto-foto saja.

" Seandainya aku punya kesempatan untuk menabung, aku bisa menginvestasikan uangku ke tempat lain," pungkas Lissette.


(Sah/Sumber: Independent)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi