Doa Agar Diberikan Keamanan Saat Keluar Rumah

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 22 Januari 2020 13:12
Doa Agar Diberikan Keamanan Saat Keluar Rumah
Perjalanan bisa jadi mengalami kendala.

Dream - Bepergian keluar rumah sudah jadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas setiap orang. Di masyarakat modern, intensitas bepergian menjadi sangat tinggi.

Bepergian dengan sarana apapun tentu tidak lepas dari potensi bahaya. Kecelakaan atau hal buruk lainnya bisa saja terjadi.

Memang, kita perlu berhati-hati ketika sedang bepergian. Namun demikian, kita tidak bisa menolak hal buruk jika memang sudah waktunya terjadi.

Di situlah pentingnya mawas diri. Juga berharap kepada Allah agar perjalanan kita aman.

Dianjurkan membaca doa ini agar aman saat kita keluar dari rumah. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Imam Abu Daud, Imam Nasa'i dan Imam Ibnu Majah.

1 dari 5 halaman

Doa Aman Keluar Rumah

 doa aman keluar rumahdoa aman keluar rumah © Dream.co.id

Allahumma inni a'udzubika an adlilla aw udlalla aw azilla aw uzalla aw uzlama aw ajhala aw yujhala 'alayya.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tersesat atau aku menyesatkan, dari tergelincir atau aku digelincirkan, atau aku mendzalimi atau aku didzalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi."

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Ditambahkan Nikmat

Dream - Setiap kali mendapat kebaikan, setiap muslim sangat dianjurkan bersyukur. Kebaikan merupakan bagian dari nikmat Allah SWT. Nikmat tersebut diberikan sebagai wujud kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya.

Allah juga tidak enggan memperbanyak nikmat yang diberikan kepada kita. Selama kita mau bersyukur atas nikmat tersebut.

Tetapi, jika kita ingkar, Allah mengingatkan kepada kita akan siksa-Nya yang teramat pedih. Karena kita sejatinya tidak bisa mengingkari keberadaan nikmat tersebut.

Selain bersyukur, kita dianjurkan membaca doa ini agar nikmat yang diterima ditambah lebih banyak lagi. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Tirmidzi.

 

3 dari 5 halaman

Doa Mohon Ditambah Nikmat

 Doa Ditambah NikmatDoa Ditambah Nikmat © Dream.co.id

Allahumma zidna wa la tanqushna wa akrimna wa la tuhinna wa la tahrimna wa atsirna wa la tu'tsir 'alaina wa ardlina wardla 'anna.

Artinya,

" Ya Allah, tambahkanlah dan jangan kurangi pada kami, muliakanlah kami dan jangan hinakan kami, berilah kami dan jangan halangi kami, pentingkanlah kami dan jangan palingkan kami, ridlailah kami dan ridlailah dari kami."

4 dari 5 halaman

Doa Istighfar Terbaik yang Diajarkan Rasulullah

Dream - Tugas manusia adalah mengingat Allah dan selalu menyembah-Nya. Kita diharuskan bertakwa kepada Allah di manapun dan kapanpun.

Mengingat Allah merupakan salah satu bentuk ibadah. Hal itu bisa kita lakukan kapan saja dengan berzikir kepada-Nya.

Memperbanyak zikir akan mendekatkan diri kita dengan Allah. Selain itu, hidup terasa lebih nyaman dengan terus mengingat Allah.

Ada banyak lafal doa yang bisa kita ucapkan untuk mengingat Allah. Kita bisa melafalkannya kapan saja.

Tetapi, ada doa istighfar terbaik yang pernah diajarkan Rasulullah. Doa tersebut terdapat dalam hadis Muttafaq Alaihi, dan dikenal dengan Sayyidul Istighfar.

 

5 dari 5 halaman

Doa Sayyidul Istighfar

 Doa Sayyidul IstighfarDoa Sayyidul Istighfar © Dream.co.id

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu a'udzubika min syarri ma shana'tu abu'u laka bini'matika 'alayya wa abu'u bidzanbi faghfirlu fa innahu la yaghfiru adz dzunuba illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau."

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak