Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Pelit

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 10 September 2019 06:01
Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Pelit
Pelit atau kikir, penyakit hati yang harus dihindari.

Dream - Setiap orang dilahirkan dengan rezekinya masing-masing. Dengan rezeki tersebut, dia bisa menjalankan kehidupan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah.

Memang, rezeki tiap orang berbeda-beda. Ada yang berlimpah, tidak sedikit mereka yang kekurangan.

Namun demikian, setiap manusia bisa saja mengalami kondisi yang berkebalikan dari sebelumnya. Sehingga, seseorang dianjurkan untuk tidak terlalu bangga ataupun meratapi kondisinya.

Untuk itulah, Islam menganjurkan setiap orang agar mau berbagi. Ini semata untuk membantu mereka yang tidak mampu agar bisa bertahan.

Tetapi, ada kalanya berbagi terasa sangat sulit. Ketika kita dilanda sifat pelit, kita serasa berat membagi harta meski jumlahnya hanya sedikit.

Padahal, dengan sedikitnya harta itu, bisa jadi nasib orang lain tertolong. Bahkan terbebas dari penderitaan.

Agar dijauhkan dari sifat pelit, dianjurkan untuk membaca doa ini.

1 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Sifat Pelit

 Doa Jauh dari Pelit

Allahumma inni a'udzu bika minal bukhli, wa a'udzu bika minal jubni, wa a'udzu bika an arudda ila ardzalil 'umuri, wa a'udzu bika min fitnatid dunya (fitnatid dajjal), wa a'udzu bika min 'adzabil qobri.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sifat pelit, takut, penyakit tua, fitnah dunia yaitu fitnah Dajjal, dan azab kubur."

2 dari 5 halaman

Amalan Doa Mengisi Muharram

Dream - Muharram merupakan salah satu bulan mulia. Bahkan kemuliaannya disebut lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lain namun di bawah Ramadan.

Bulan ini menyimpan banyak sejarah dalam kehidupan para nabi. Ada banyak sekali peristiwa penting terjadi saat Muharram.

Beberapa di antaranya yaitu penciptaan Nabi Adam AS, turunnya Nabi Nuh AS dari kapal setelah banjir besar, terbelahnya lautan untuk Nabi Musa AS dan lain sebagainya,

Karena keutamaan tersebut, umat Islam dianjurkan untuk mengisinya dengan puasa sunah. Utamanya puasa pada tanggal 10 Muharram yang disebut dengan Hari Asyura.

Selain itu, terdapat pula amalan yang bisa dilakukan untuk mengisi dan meraih keutamaan Muharram. Salah satunya dengan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Mengisi Muharram

 Amalan Muharram

Subhanallahi mil-almizan wamuntahal ‘ilmi wamablagharridlo wazinatal’arsyi walhamdulillahi mil-almizan wamuntahal ‘ilmi wamablagharridlo wazinatal’arsyi wallahu akbaru mil-almizan wamuntahal ‘ilmi wamablagharridlo wazinatal’arsyi, laa malja’a wala manjaa minallahi illa ilaihi. Subahallahi ‘adadasysyaf’i walwatri wa’adada kalimaatillahit taammati kulliha walhamdulillahi ‘adadasysyaf’i walwatri wa’adada kalimaatillahit taammati kulliha wallahu akabaru ‘adadasysyaf’i walwatri wa’adada kalimaatillahit taammati kulliha, as-alukassalamata birohmatika yaa arhamarrohimina wala hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhimi washollallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’ien, walhamdu lillahi robbil ‘alamina.

Artinya,

" Maha suci Allah sepenuh timbangan, sesempurna pengetahuan, sepenuh keridloaan dan sepenuh arasy, segala puji milik Allah sepenuh timbangan, sesempurna pengetahuan, sepenuh keridloaan dan sepenuh arasy, Maha Besar Allah sepenuh timbangan, sesempurna pengetahuan, sepenuh keridloaan dan sepenuh arasy, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah kecuali pada-Nya. Maha suci Allah sejumlah bilangan genap dan ganjil dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, segala puji milik Allah sejumlah bilangan genap dan ganjil dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, Maha Besar Allah sejumlah bilangan genap dan ganjil dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna, hamba mohon keselamatan pada-Mu dengan kasih sayang-Mu wahai Dzat paling Penyayang dari penyayang, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pada Allah Dzat Maha Mulia dan Maha Agung. Semoga tambahan rahmat dan salam teruntuk Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabatnya. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan seluruh alam."

4 dari 5 halaman

Niat Puasa Sunah Tasu'a 9 Muharram, Jatuh Besok

Dream - Saat tiba waktu Maghrib, kita sedang berada di tanggal 9 Muharram. Ini termasuk hari istimewa dalam Islam yang disebut Tasu'a.

Ketika hari Tasu'a tiba, terdapat sunah yang dianjurkan bagi umat Islam yaitu melaksanakan puasa. Amalan ini dijalankan sebagai pengiring ibadah sunah puasa ketika hari Asyura yang jatuh keesokannya atau pada 10 Muharram.

Sebagaimana syarat sah puasa pada umumnya harus didahului niat. Tetapi karena puasa Tasu'a adalah sunah, maka niatnya bisa dilakukan pada malam hari sebelumnya atau siang setelah matahari terbit.

Jika sudah mantap hendak berpuasa Tasu'a, niat bisa dilakukan malam harinya. Tetapi jika belum dan baru muncul kesungguhan puasa Tasu'a setelah matahari terbit, maka bisa berniat di siang harinya.

Puasa Tasu'a mengandung beberapa keutamaan. Salah satunya, puasa ini dianjurkan untuk meraih rahmat Allah yang tersebar di bulan Muharram.

Berpuasa sunah pada Muharram memiliki kedudukan sangat tinggi. Bahkan puasa pada bulan itu disebut-sebut sebagai amalan sangat mulia di bawah puasa Ramadan.

 

5 dari 5 halaman

Niat Puasa Sunah Tasu'a

Jika hendak berpuasa Tasu'a, berikut lafal niatnya.

 Niat Puasa Sunah Tasu'a

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatit tasu‘a lillahi ta'ala.

Artinya,

" Aku berniat puasa sunah Tasu'a esok hari karena Allah SWT."

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik