Doa Agar Hafalan Alquran Tak Mudah Hilang

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 14 September 2021 06:00
Doa Agar Hafalan Alquran Tak Mudah Hilang
Menghafal Alquran membutuhkan ingatan yang terjaga.

Dream - Menghafal Alquran adalah salah satu amalan yang mengandung banyak manfaat. Selain mendapatkan pahala, mengerjakan amalan ini megandung arti kita sedang memasukkan Alquran dalam diri kita.

Hafalan Alquran akan mampu menjaga kebaikan di pribadi kita. Karena penghafal Alquran yang meresapi pelajaran yang terkandung didalamnya akan memiliki adab yang lebih baik dibandingkan orang biasa.

Manfaat lain dari hafalan Alquran yaitu memberikan mahkota kepada orangtua kita. Sehingga, sangat dianjurkan para orangtua untuk mengajarkan anaknya menghafal Alquran.

Kita tahu bersama, ingatan itu dapat melemah. Ketika melemah, memori yang sudah masuk dalam pikiran kita bisa hilang.

Demikian halnya dengan hafalan Alquran. Bisa hilang jika kita tidak merawatnya.

Selain merawat hafalan, dianjurkan pula untuk memohon kepada Allah dengan doa ini. Doa tersebut akan menjaga hafalan kita tidak mudah hilang dalam ingatan.

 

1 dari 5 halaman

Doa Menjaga Hafalan Alquran

اللَّهُمَّ نَوِّرْ بِالْكِتَابِ بَصَرِيْ وَاشْرَحْ بِهِ صَدْرِيْ وَاِسْتَعْمِلْ بِهِ بَدَنِيْ وأَطْلِقْ بِهِ لِسَانِيْ وَقَوِّبِهِ جَنَانِيْ وَأْسْرِعْ بِهِ فَهْمِيْ وَقَوِّبِهِ عَزْمِيْ بِحَوْلِكْ وَقُوَّتِكَ فَإِنَّهُ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّبِكَ ياَأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma nuri bil kitabi bashri wasyrakh bihi shadri wa ista'mil bihi badani wa athliq bihi lisani wa qowwihi janani wa asri' bihi fahmi wa qowwihi 'azmi bikhaulik wa quwwatika fa innahu la khaula wa la quwwata illa bika ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Ya Allah, terangilah dengan kitab (Alquran) mata penglihatanku, luaskan dengannya (kitab) hatiku, amalkanlah dengan kitab badanku, lancarkanlan dengan kitab lisanku, kuatkanlah dengan kitab hatiku, cepatkanlah dengan kitab pemahamanku, kuatkanlah dengan kitab keteguhanku dengan daya-Mu dan kekuatan-Mu. Sesungguhnya tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Mu, wahai Dzat yang paling pengasih."

Sumber: Tebuireng.online.

2 dari 5 halaman

Doa Dalam Alquran Menyembuhkan Segala Penyakit, Termasuk Covid-19

Dream - Tidak selamanya orang hidup dalam kondisi badan prima. Memohon doa diberikan nikmat sehat adalah salah satu ikhtiar kita agar tak jatuh sakit selain senantiasa menjaga pola makan serta berolahraga.

Kesehatan adalah barang berharga terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Virus Sars-CoV-2 dan variannya senantiasa membayangi kita semua dan menyerang di kala kekebalan tubuh sedang menurun.

Tidak ada satupun orang yang bebas dari sakit. Hanya tinggal menunggu waktu saja sakit itu datang. Ketika dilanda sakit kita senantiasa memanjatkan doa diberi kesembuhan dengan segera karena menyadari betapa tidak nikmatinya diberi ujian tersebut.

Bahkan Rasulullah Muhammad SAW yang sudah dijamin kehidupannya oleh Allah SWT saja bisa sakit. Rasulullah pun pernah demam tinggi, maupun sakit kepala dan hal itu banyak tercantum di sejumlah hadis.

Nah, untuk mencapai kesembuhan, selain istirahat dan minum obat juga disarankan untuk memanjatkan doa. Bisa dengan doa ini, yang terdapat dalam Alquran Surat Yunus ayat 57.

 

3 dari 5 halaman

Doa Segala Penyakit

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

Ya ayyuhan nasu qad ja'atkum mau'idhotum mir rabbikum wa syhifa'ul lima fis suduri wa hudaw wa rahmatul lil mukminin.

Artinya,

" Wahai manusia, sungguh telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman."

Sumber: NU Online.

4 dari 5 halaman

Doa Sebelum Ngaji Agar Makin Cinta Alquran

Dream - Ngaji atau membaca Alquran menjadi aktivitas keseharian umat Islam yang memiliki pahala sangat besar. Bahkan, setiap aktivitas kita sebelum membaca Quran bisa diselipkan berbagai doa. Salah satunya adalah doa saat mengambil Alquran.

Di masyarakat pedesaan atau komplek perumahan di kota, tradisi mengaji bersama biasanya dilakukan antara waktu Sholat Maghrib dan Isya. Biasanya, anak-anak akan mengaji di masjid atau mushola setiap hari. Hal itu kemudian menjadi kebiasaan ketika tumbuh remaja dan dewasa.

Saat menginjak usia remaja dan dewasa, mereka akan rutin membaca Alquran di rumah masing-masing tepat setelah selesai sholat Maghrib. Agar memberikan manfaat, muslim juga diajarkan untuk membaca doa usai mengaji ilmu agar pengetahuan yang diperoleh bisa bermanfaat.

 

Tentu kebiasaan ini perlu diteruskan bahkan hingga usia kita sudah lanjut. Selain sebagai salah satu amalan ibadah, mengaji juga memberikan kita pelajaran dan manfaat yang sangat banyak.

Jika ada di antara Sahabat Dream yang lupa atau belum pernah tahu, berikut adalah doa sebelum memulai mengaji yang diharapkan membuat kita semakin mencintai Alquran.

 

5 dari 5 halaman

Doa Sebelum Ngaji

اَللّهُمَّ عَظِّمْ رَغْبَتِيْ فِي الْقُرآنِ وَاجْعَلْهُ نُوْرًا لِبَصَرِيْ وَشِفَاءً لِصَدْرِيْ وَذَهَابًا لِهَمِّيْ وَحُزْنِيْ. اَللّهُمَّ زَيِّنْ بِه لِسَانِيْ وَجَمِّلْ بِه وَجْهِي وَقَوِّ بِه جَسَدِيْ وَثَقِّلْ بِه مِيْزَانِيْ وَارْزُقْـنِيْ حَقَّ تِلَاوَتِه وَقَوِّنِيْ عَلى طَاعَتِكَ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاحْشُرْنِيْ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَآلِهِ الْأَخْيَارِ

Allahumma 'adhdhim raghbati fil qurani waj'alhu nuran libashari wa syifaan lishadri wa dzahaban lihammi wa huzni. Allahumma zayyin bihi lisani wa jammil bihi wajhi wa qawwi bihi jasadi wa tsaqqil bihi mizani warzuqni haqqa tilawatihi wa qawwini 'ala tho'atika anal laili wa athrafan nahari wahshurni ma'an nabiyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa alihil akyari.

Artinya,

" Ya Allah, perbesar kecintaanku pada Alquran, jadikan Alquran sebagai cahaya pada penglihatanku, dan kesembuhan pada dadaku, dan penghilang kesusahan dan kesedihanku. Ya Allah, hiasilah lisanku dengan Alquran, perbaguslah wajahku dengannya, kuatkan tubuhku dengannya, beratkan timbanganku dengannya, berilah aku rezeki untuk benar-benar membacanya atas dasar taat kepada-Mu, di pertengahan malam dan penghujung siang, dan kumpulkan aku bersama Nabi SAW dan keluarganya yang terpilih."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar