Doa Agar Lisan Terhindar dari Perkataan Menyakitkan Hati

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 22 Februari 2020 18:00
Doa Agar Lisan Terhindar dari Perkataan Menyakitkan Hati
Lisan dapat mendatangkan bahaya jika sampai tak terjaga.

Dream - Lisan memang organ tubuh yang memiliki peran sangat penting bagi kita. Dengan lisan, kita menyampaikan segala macam pesan kepada orang lain.

Ucapan seseorang membawa banyak kesan bagi penerimanya. Bisa dikatakan, ucapan merupakan perwujudan dari sifat seseorang.

Kerap kita dengar petuah untuk menjaga lisan. Sebisa mungkin lisan digunakan untuk mengucap kebaikan.

Memang, ada kalanya seseorang terlibat perbincangan canda dengan orang lain. Hal ini bisa membuat hubungan pertemanan jadi semakin dekat.

Namun begitu, sebisa mungkin kita mengindarkan diri dari ucapan yang menyakitkan hati. Karena ucapan tersebut dapat memicu munculnya beragam persoalan.

Agar lisan kita terhindar dari ucapan yang menyakitkan hati, dianjurkan membaca doa ini.

1 dari 5 halaman

Doa Lisan Terjaga dari Ucapan Buruk

Doa Menjaga Lisan© Dream.co.id

Allahummaj'al shamti fikra wa nuthqi dzikra.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah diamku berpikir dan bicaraku berzikir."

2 dari 5 halaman

Doa Usai Menyantap Makanan Pemberian Orang Lain

Dream - Berbagi makanan sudah lumrah terjadi di masyarakat Indonesia. Selain untuk mempererat silaturahmi di antara orang yang terdekat di lingkungan kita, kebiasaan ini juga menjadi cara untuk sealing menebar kebaikan.

Kini berbagi makanan sudah banyak dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari dapur bergerak, kedai makan gratis, hingga food box yang rutin diisi makanan segar.

Meski demikian, cara konvensional dengan membagikan langsung kepada orang lain juga masih banyak dipakai. Bahkan cara ini makin banyak diterapkan, terutama di masjid pada waktu-waktu tertentu.

Dewasa ini semakin banyak masjid yang menyediakan makan siang untuk jemaah sholat Jumat. Makanan tersebut ada yang dialokasikan dari dana infak namun jauh lebih banyak berasal dari sedekah masyarakat sekitarnya.

Siapapun dibolehkan menikmati makanan tersebut. Tanpa memandang latar belakang tiap orang.

Ketika kita dapat kesempatan makan makanan dari orang lain, sudah sepatutnya untuk bersyukur. Selain itu, dianjurkan membalas kebaikan orang yang memberikan makanan dengan cara membaca doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Dapat Makanan Dari Orang Lain

Doa makan makanan dari orang lain© Dream.co.id

Allahumma aktsir ma lahu wa barik lahu fima a'thoitahu wa yassir lahu ayyaf'ala fihi khoiran wa qonni'hu fima a'thoitahu waj'alna wa iyyahu minasy syakirin.

Artinya,

" Ya Allah, perbanyaklah hartanya, berkahilah rezeki yang Engkau berikan padanya, mudahkanlah dia melakukan kebaikan dengan rezeki tersebut, berilah dia kelapangan hati agar menerima rezeki yang Engkau berikan padanya, jadikanlah kami dan dia bagian dari orang-orang yang bersyukur."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Usai Santap Makanan yang Terjamin Kehalalannya

Dream - Bisa mengonsumsi makanan adalah kenikmatan yang begitu besar. Kita bisa merasakan betul bagaimana rahmat Allah yang diberikan tanpa syarat.

Makan juga merupakan salah satu kebutuhan utama setiap makhluk, terutama manusia. Kebutuhan ini menuntut dipenuhi sesegera mungkin karena dapat menimbulkan dampak buruk pada tubuh.

Memang, tidak selamanya kita makan di rumah sendiri. Ada kalanya, kita mengonsumsi makanan yang dibeli dari warung, kedai, restoran, apalagi saat bepergian ke suatu daerah.

Patokan utama bagi seorang Muslim dalam mengonsumsi makanan adalah kehalalan. Kita akan menemukan kesulitan mencari makanan halal saat bepergian ke daerah penduduknya non-Muslim.

Menemukan makanan halal di daerah pemukiman non-Muslim tentu jadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang Muslim. Menyantapnya bisa mendatangkan kepuasan.

Ketika telah mengonsumsi makanan yang kehalalannya sudah terjamin, kita dianjurkan untuk membaca doa ini.

Tujuannya untuk bersyukur tidak hanya karena sudah makan namun juga mengonsumsi makanan yang kehalalannya sudah terjamin.

 

5 dari 5 halaman

Doa Makan Makanan Terjamin Halal

Doa Makan Makanan Halal© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi bi ni'matihi tatimmush shalihatu wa tanzilul barakatu. Allahumma ath'imnaa thoyyiban wasta'milnaa shalihan.

Artinya:

" Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya kebaikan-kebaikan menjadi sempurna dan berkahan turun. Ya Allah, berilah kami makanan yang baik dan bantulah kami berbuat amal shaleh."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar