Doa Agar Mendapat Bimbingan Allah Dalam Melangkah

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 17 Agustus 2021 18:00
Doa Agar Mendapat Bimbingan Allah Dalam Melangkah
Hidup yang kita jalani sebenarnya penuh ketidakpastian.

Dream - Bimbingan Allah sangat kita butuhkan dalam menjalani hidup. Ilmu tersebut bisa kita peroleh dengan rutin menghadiri majelis ilmu. Selanjutnya dilengkapi dengan memanjatkan doa diberi bimbingan dengan harapan keinginan tersebut bisa terkabulkan.

Sebagai makhluk kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di waktu nanti. Segala kejadian bisa berpengaruh terhadap keimanan kita. Belum lagi ketika berhadapan dengan kemaksiatan. Potensi tersesat sangat besar. Seringkali menguji kekuatan iman kita.

Maksiat seringkali muncul dalam balutan kenikmatan dunia. Hal itu bisa membuat kita terlena. Dengan memanjatkan doa memohon bimbingan Allah kita berharap bisa terhindari dari kemaksiatan tak terlihat tersebut 

Setiap manusia akan senantiasa petunjuk dari Allah dalam hidupnya. Semata agar langkah kita dijauhkan dari goda kemaksiatan.

Kita dapat mengamalkan doa agar mendapatkat bimbingan dari Allah di bawah ini:

 

1 dari 5 halaman

Doa Mohon Bimbingan Allah

اللَّهُمَّ اهْدِنِي وَسَدِّدْنِي ، وَاذْكُرْ بِالْهُدَى هِدَايَتَكَ الطَّرِيقَ وَالسَّدَادِ سَدَادَ السَّهْمِ

Allahummahdini wa saddidni wadzkur bil huda hidayatakat thoriqa was sadadi sadadas sahmi.

Artinya,

" Ya Allah, berilah saya petunjuk, berilah saya pertolongan. Ingatkanlah dengan petunjuk seperti petunjuk-Mu ke jalan yang lurus, dan dengan penegakan seperti tegaknya busur panah."

Sumber: Bincang Syariah.

2 dari 5 halaman

Doa Agar Mendapatkan Petunjuk Kebaikan Diri

Dream - Bagi Muslim, doa adalah senjata. Segala sesuatu bisa terwujud lewat doa yang dipanjatkan dengan tulus kepada Allah SWT.

Dalam berdoa, tentu kita memohon segala kebaikan. Tidak boleh kita berdoa dengan permohonan buruk seperti laknat maupun kutukan kepada orang lain.

Karena doa akan berdampak pada diri sendiri sebelum kepada orang lain. Sehingga, dianjurkan untuk memohon kebaikan untuk diri sendiri sebelum untuk orang lain.

Anjuran ini bukan mengarahkan kita menjadi egois tetapi merupakan adab dalam berdoa. Setelah memohon kebaikan diri, barulah kita bisa mendoakan orang lain.

Salah satu doa yang bisa dibaca agar mendapatkan kebaikan diri adalah berikut ini. Doa ini ada dalam hadis riwayat Imam Muslim.

 

3 dari 5 halaman

Doa Petunjuk Kebaikan Diri

Doa Kebaikan Diri© Dream.co.id

Allahummaghfirli warhamni wahdini warzuqni.

Artinya,

" Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah aku petunjuk, selamatkan aku, dan berikanlah rezeki kepadaku."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Mohon Petunjuk Agar Keputusan Suatu Urusan Bisa Adil

Dream - Setiap orang selalu punya urusan. Baik yang hanya menyangkut dirinya maupun orang banyak. Belum lagi jenis urusan tersebut berkaitan dengan banyak hal. Terutama urusan terkait kemaslahatan bersama.

Tentu setiap urusan membutuhkan jalan keluar. Cara penyelesaian yang tepat sehingga bisa diterima oleh semua pihak.

Ketika diminta menjadi pihak yang memutuskan urusan tersebut, kita akan dilanda kegundahan. Khawatir jika keputusan yang diambil tidak tepat atau hanya menyenangkan salah satu pihak.

Dalam situasi tersebut, dianjurkan memohon petunjuk kepada Allah SWT. Salah satu caranya dengan membaca doa yang tertuang dalam Surat Al A'raf ayat 89.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mohon Petunjuk

Doa Mohon Petunjuk Atas Urusan© Dream.co.id

Rabbanaftakh bainana wa baina qoumina bil khaqqi wa anta khoirul fatikhin.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kamu dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi Keputusan yang sebaik-baiknya."

Beri Komentar