Doa Agar Mendapat Nikmat Yang Langgeng, Tak Pernah Hilang

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 4 Desember 2021 18:00
Doa Agar Mendapat Nikmat Yang Langgeng, Tak Pernah Hilang
Kita tentu ingin agar hidup selalu dilimpahi nikmat.

Dream - Namanya dapat nikmat, kita selalu bahagia. Kita akan merasa hidup terberkahi.

Dengan nikmat, semua berjalan dengan ringan. Tidak ada satupun beban dalam melakukan sesuatu.

Mustilah kita sadar nikmat sejatinya adalah pemberian Allah. Bisa jadi, suatu saat Allah mencabut nikmat itu dan membuat kita kesulitan.

Sehingga, tentu kita sangat ingin agar nikmat yang diterima langgeng. Tidak pernah hilang sepanjang hidup kita.

Hal itu bisa terwujud selama kita mau bersyukur. Selain itu, rutin membaca doa yang tercantum dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

 

1 dari 5 halaman

Doa Diberi Nikmat yang Langgeng

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِك

Allahumma inni a'udzu bika min zawali ni'matika wa tahawwuli 'afiyatika wa fujaati niqmatika wa jami'i sakhotika.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari hilangnya nikmat yang telah Engkau anugerahkan dan lunturnya keselamatan yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan aku berlindung ke­padaMu dari datangnya musibah dan segala murkaMu yang datang secara tiba-tiba."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Ungkapan Syukur Atas Nikmat Kesehatan, Doa Ini Dibaca di Sore Hari

Dream - Kesehatan sebenarnya merupakan nikmat yang luar biasa. Sayangnya kita jarang menyadarinya.

Kita baru merasa sehat itu sangat penting dan perlu ketika jatuh sakit. Ketika tubuh kita menjadi lemah tak berdaya.

Sebenarnya, kita tidak sadar akan besarnya nikmat sehat lantaran menganggap remeh sesuatu yang sifatnya biasa. Karena, sepanjang hidup mungkin kita hanya beberapa kali merasakan sakit, sehingga tak begitu menganggap kesehatan hal penting.

Dampaknya, kita jadi jarang bersyukur. Padahal, nikmat sehat itu adalah pemberian Allah.

Mulai saat ini, jangan lagi menganggap kesehatan itu hal sepele. Jaga nikmat tersebut melalui olahraga, makan makanan bergizi, istirahat cukup serta bersyukur dengan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Syukur Sehat

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِالنَّهَارِ وَجَاءَ بِاللَّيْلِ سَكَنًا نِعْمَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَكَ مِنَ الشَّاكِرِينَ الْحَمْدُ اللَّهِ الَّذِي عَافَانِي فِي يَوْمِي هَذَا فَرُبَّ مُبْتَلًى قَدِ ابْتُلِيَ فِيمَا مَضَى مِنْ عُمْرِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِيمَا بَقِيَ مِنْهُ وَفِي الْآخِرَةِ وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni'matan minhu wa fadllan. Allahummaj'alna laka minasy syakirin. Alhamdulillahil ladzi 'afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qod ibtuliya fima madla min 'umri. Allahumma 'afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina 'adzaban nar.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan di akhirat lindungilah aku dari siksa neraka."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Syukur Atas Nikmat dengan Bersujud dan Membaca Doa Ini

Dream - Syukur adalah tanda terima kasih seorang hamba kepada Tuhannya. Karena berkat Tuhan, seorang makhluk mendapat banyak sekali nikmat.

Betapa banyak nikmat yang kita dapat sepanjang hidup, bahkan sepanjang hari. Kita sampai tak bisa menghitungnya karena saking banyaknya.

Pun jika berusaha menghitungnya, tinta seluas samudra tak akan cukup. Pikiran kita pun tak akan pernah sampai.

Karena itulah pentingnya syukur, agar kita selalu ingat dari mana nikmat itu didapat. Bahkan janji Allah pun jelas, akan menambah nikmat-Nya kepada mereka yang mau bersyukur.

Syukur dapat diwujudkan dalam banyak hal. Salah satunya dengan bersujud sembari membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Saat Sujud Syukur


سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ

Sajada wajhiya lilladzī kholaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi fa tabarakallahu ahsanul kholiqina.

Artinya,

" Diriku bersujud kepada Zat yang menciptakan dan membentuknya, membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha Suci Allah, sebaik-baik pencipta."

Sumber: Iqra.id.

Beri Komentar