Doa Agar Nikmat Kesehatan Tak Hilang

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 6 Oktober 2019 18:00
Doa Agar Nikmat Kesehatan Tak Hilang
Kesehatan merupakan nikmat yang kerap diabaikan.

Dream - Allah memberikan banyak sekali nikmat kepada seseorang. Dengan nikmat itu, seorang manusia bisa menjalani kehidupanya dengan nyaman.

Sayangnya, kadang nikmat tersebut sering terabaikan. Sebabnya, seseorang terlalu sering mendapat nikmat tersebut hingga menganggapnya bukan sebagai sesuatu yang istimewa.

Alhasil, orang jadi lupa bersyukur. Bahkan lupa mengingat Tuhannya yang telah memberikan nikmat kepadanya.

Salah satu nikmat yang kerap diabaikan dan dilupakan adalah kesehatan. Barulah ketika sakit menyerang, kita benar-benar merasa membutuhkannya.

Sehingga sudah sepatutunya kita selalu bersyukur atas semua nikmat yang diperoleh. Utamanya nikmat kesehatan.

Agar nikat kesehatan tidak hilang, dianjurkan untuk membaca doa ini. Doa tersebut biasa dilafalkan Rasulullah Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan Abdullah bin Umar RA.

1 dari 5 halaman

Doa Nikmat Sehat Terjaga

 Doa Selalu Sehat

Allahumma inni a'udzubika min zawali ni'matika wa tahawwuli 'afiyatik fujaati niqmatik wa jami'i sakhatika

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Dikuatkan Kemampuan Menghafal Alquran

Dream - Menghafal Alquran memberikan keutamaan bagi orang yang mau menjalankannya. Bisa hafal setiap ayat Alquran juga menjadi kebanggaan tersendiri pada diri seorang Muslim.

Memang, sekilas aktivitas menghafal terlihat sederhana. Namun sebenarnya aktivitas ini tidaklah mudah dijalankan.

Butuh jiwa yang tenang dan pikiran jernih dalam menghafal Alquran. Dengan begitu, setiap ayat akan mudah masuk dalam ingatan.

Meski begitu, merawat hafalan jauh lebih berat. Kesibukan sehari-hari bisa menjadi penyebab hilangnya hafalan.

Belum lagi setiap perbuatan mengandung maksiat dan dosa. Perbuatan itu bisa membuat semua hafalan lenyap dari pikiran.

Salah satu cara merawat dan menguatkan hafalan adalah dengan berdoa. Doa ini bisa dibaca agar hafalan tidak mudah lepas dari ingatan.

 

3 dari 5 halaman

Doa Menguatkan Hafalan Alquran

 Doa Menguatkan Hafalan

Allahummaj'al nafsi muthmainnatan tu'minu biliqoika wa taqna'u bi'athoika wa tardla biqodhoika

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah jiwaku tenang, mengimani perjumpaan dengan-Mu, merasa cukup dengan pemberian-Mu, dan ridha dengan ketentuan-Mu."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Setiap Perbuatan Mubah Diganjar Pahala

Dream - Dalam Islam terdapat lima dasar hukum untuk setiap amalan. Kelimanya yaitu fardlu atau wajib, sunah, mubah, makruh, dan haram.

Berkaitan dengan pahala dan dosa, setiap hukum memiliki dampaknya masing-masing. Misalnya fardlu, mendapat pahala jika dikerjakan dan dosa apabila ditinggalkan.

Kebalikannya adalah haram. Jika ditinggalkan berpahala dan justru berdosa apabila dijalankan.

Demikian halnya dengan sunah. Amalan mendapatkan pahala jika dikerjakan namun tidak berdosa apabila ditinggalkan. Hukum kebalikannya adalah makruh. 

Sedangkan mubah, para ulama sepakat memandang amalan ini sebatas boleh. Artinya, dikerjakan atau tidak, tidak berdampak para diperolehnya pahala atau dosa.

Namun demikian, perbuatan mubah pada dasarnya termasuk kebaikan. Sehingga, perbuatan ini tidak akan menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain jika dikerjakan ataupun ditinggalkan.

Karena termasuk dalam kebaikan, kita boleh berharap mendapatkan pahala atas amalan mubah. Caranya dengan memohon kepada Allah dengan doa yang tertulis pada kitab Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu karya Syeikh Wahbah Al Zuhaili. 

5 dari 5 halaman

Doa Mohon Pahala dari Amalan Mubah

 Doa amalan mubah

Allahumma ma a'maluhu fi hadzan nahar, au fi hadzihil lailah min khair fa huwa imtitsal li amrik, wa ma atrokuhu min ma'shiyah fa huwa imtitsal li nahyik.

Artinya,

" Ya Allah, perbuatan baik yang saya kerjakan siang hari atau malam hari ini karena mengikuti perintah-Mu. Perbuatan maksiat yang aku tinggalkan itu semata-mata karena menjauhi larangan-Mu."

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir