Doa Agar Segala Macam Dosa Diampuni

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 21 September 2021 20:00
Doa Agar Segala Macam Dosa Diampuni
Dosa begitu dekat dengan kehidupan manusia.

Dream - Dosa dan pahala, dua hal yang melekat pada diri setiap manusia. Konsep ini menjadi penentu akan kehidupan di akhirat kelak.

Tidak bisa dipungkiri, semua manusia tidak lepas dari dosa. Hanya mereka yang sudah dijamin Allah bisa bersih dari dosa, yaitu para nabi.

Dosa sendiri terdiri dari banyak macam. Mulai dari ringan hingga berat.

Tidak melulu disebabkan perbuatan fatal seperti maksiat. Dosa juga bisa terjadi karena sebab sepele seperti perkataan yang menyakiti.

Karena tidak bisa menghindar dari banyak dosa itu, kita tentu sangat perlu untuk bermunajat kepada Allah. Memohon agar semua dosa yang kita punya diampuni.

Agar segala macam dosa kita diampuni Allah, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Diampuni Segala Macam Dosa

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ لك بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana abduka wa ana 'ala ahdika wa wa'dika mas tatha'tu, a'udzu bika min syarri ma shana'tu, abu'u laka bini'matika 'alayya wa abu'u bi dzanbi faghfirli fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya.

" Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu dan aku berada di atas sumpahku dan janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui dosa (yang aku perbuat). Maka, maafkanlah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Sholat Tahajud Agar Seluruh Umat Islam Diampuni Dosanya

Dream - Tahajud, salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Amalan ini dilakukan di sepertiga malam terakhir.

Sebelum mendirikan sholat Tajahud, kita dianjurkan untuk tidur. Kemudian bangun untuk sholat Tahajud dan berusaha terjaga hingga Subuh.

Sholat Tahajud memiliki manfaat cukup banyak. Salah satunya, memohon kasih sayang Allah.

Selain itu, kita dianjurkan membaca doa usai sholat sunah ini mengingat waktunya yang tergolong mustajab. Baik doa untuk diri kita maupun orang lain bahkan semua umat Nabi Muhammad SAW.

Dianjurkan mengamalkan doa ini dalam deretan doa usai Sholat Tahajud.

3 dari 5 halaman

Doa Usai Tahajud

اَللَّهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ وَتَجَاوَزْ عَنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ وَاَصْلِحْ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ

Allahummarham ummata Muhammad, wa tajawaz 'an ummati Muhammad, wa ashlih ummata Muhammad.

Artinya,

" Ya Allah, sayangilah umat Muhammad. Ya Allah ampunilah (dosa) umat Muhammad. Ya Allah, perbaikilah (semua urusan) umat Muhammad."

Sumber: Iqra.id

4 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul

Dream - Sholat Tahajud merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan. Ibadah yang satu ini mengandung banyak keutamaan. Waktu sholat tahajud biasanya dilakukan saat sepertiga malam terakhir atau pada dini hari.

Seorang muslim yang senantiasa rutin menunaikan sholat tahajud berharap lebih dekat kepada Allah. Ibadah ini juga bisa melembutkan hati kita. Berbagai doa setelah sholat tahajud bisa dibaca dengan lebih khusyu karena kondisi malam yang biasanya tak banyak orang beraktivitas.

Keutamaan lain dari Sholat Tahajud sungguh sangat banyak. Seperti membuka rezeki hingga mempercepat terkabulnya hajat.

Perintah untuk mengerjakan sholat tahajud banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an. Beberapa di antara dalil yang menyebutkan adalah:

Artinya : “ Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79)

Ayat tersebut secara jelas menggambarkan tentang perintah untuk mengerjakan sholat tahajud sebagai sebuah ibadah tambahan. Dapat dilihat pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang senantiasa sholat tahajud ke tempat yang terpuji.

Tata cara sholat tahajud bisa ditemukan dengan mudah baik melalui buku maupun media online. Begitu juga berbagai bacaan sholat tahajud dalam bahasa arab yang dilengkapi tulisan latin juga bisa dicari.

Jika Sahabat Dream mempelajarinya, hendaknya menyempurnah ibadah tersebut dengan membaca doa setelah Sholat Tahajud. Kita berdoa agar setiap keinginan yang terlantun dalam doa tersebut bisa diwujudkan Sang Khalik. 

 

5 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Tahajud

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْ لَا إِلَهَ غَيْرُكَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu laka mulkus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samawaati wal ardli, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqa-ukal haqqu, wal jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wan nabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqqun, was sa'atu haqqun, allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu, antal muqaddimu, wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illa anta aw la ilaha ghairuka wa la haula wa la quwwata illa billahi.

Artinya,

" Ya Allah, milikmulah segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi serta apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, milik-Mu lah kerajaan langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa langit dan bumi , milik-Mu lah segala puji, Engkaulah yang benar dan janjimu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataanmu benar, surga-Mu itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, Nabi Muhammad Saw itu benar, dan kiamat itu benar ada. Ya Allah hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-mu lah aku menghadapi musuh, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Maka ampunilah aku atas segala dosa yang telah aku lakukan dan yang mungkin akan aku lakukan, dosa yang aku lakukan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Engkaulah yang Maha terdahulu dan Engkaulah yang Maha terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau dan tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar