Doa Agar Selalu Senang Berbuat Kebaikan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 21 Oktober 2021 06:00
Doa Agar Selalu Senang Berbuat Kebaikan
Kebaikan yang dilingkupi rasa senang dapat mendatangkan berkah.

Dream - Berbuat kebaikan termasuk bagian dari tanda keimanan. Dalam sejumlah dalil disebutkan tingkat keimanan diukur dari seberapa besar kebaikan yang dilakukan seseorang. Bahkan untuk hal terkecil sekalipun seperti ucapan.

Pun demikian dalam hal berbagi, maka perlu dilakukan dengan perasaan senang. Sebab, keengganan berbuat baik bisa menjadi patokan matinya iman seseorang.

Agar kita selalu merasa senang dalam melakukan kebaikan, amalkan doa ini. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Ibnu Majah dari Aisyah RA.

 

1 dari 5 halaman

Doa Senang Berbuat Kebaikan

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ الَّذِينَ إِذَا أَحْسَنُوا اسْتَبْشَرُوا وَإِذَا أَسَاءُوا اسْتَغْفَرُوا

Allahummaj'alni minal ladzina idza ahsanu istabsyaru wa idza asau istaghfaru.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah aku di antara orang-orang yang apabila berbuat baik mereka gembira dan apabila berbuat jelek mereka meminta ampun."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Agar Selalu Dikenang Karena Kebaikan

Dream - Sebagai manusia, kita patut sadar apa yang terjadi saat ini akan menjadi kenangan di masa depan. Bukan oleh kita, tetapi orang lain dan generasi setelah kita.

Pun demikian, apa yang kita lakukan saat ini baik berupa kebaikan maupun keburukan akan menjadi bekal dan diperhitungkan di masa nanti.

Tetapi, antara kebaikan dan keburukan, masing-masing akan ada dampaknya. Akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan hingga generasi mendatang.

Segala kebaikan yang kita lakukan saat ini akan berbuah kebaikan pula di masa depan. Kita akan dikenang karena kebaikan yang sudah dilakukan.

Demikian pula, keburukan akan merusak citra kita. Tidak hanya hari ini namun juga di masa mendatang.

Agar dikenang karena kebaikan, amalkan doa ini yang tercantum dalam Alquran Surat Asy Syu'ara ayat 84.

 

3 dari 5 halaman

Doa Dikenang Karena Kebaikan

وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ

Waj'al li lisana shidqin fil akhirin.

Artinya,

" Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Agar Selalu Dilimpahi Kebaikan

Dream - Siapa manusia yang akan menolak jika mampu menjalani kehidupan dilimpahi kebaikan. Tak ada perasaan takut perbuatan akan menyakiti orang lain karena semua tindak-tanduknya senantiasa diwarnai hal-hal baik. 

Setiap kebaikan akan membawa dampak positif pada diri kita. Juga menjauhkan dari hal-hal yang merugikan. Senantiasa mengaji agar mendapat ilmu agama lebih baik serta memanjaatkan doa selal mendapat kebaikan terbaik adalah ikhtiar yang bisa kita lakukan.

Namun demikian patut disadari kebaikan tidak akan muncul dengan sendirinya. Semua harus kita awal dalam diri kita. Seorang muslim yang baik juga tak pernah lepas dari amalan doa dalam hidupnya.

Jika itu sudah terjadi, maka kebaikan demi kebaikan akan berdatangan kepada kita. Segala keburukan juga semakin menjauh. Doa memohon diberi ahklak baikadalah salah satu yang bisa kita panjatkan

Agar selalu dilimpahi kebaikan, perbanyak doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW ini, seperti tercantum dalam hadis riwayat Muslim.

 

5 dari 5 halaman

Doa Selalu Dilimpahi Kebaikan

اللهم اغفر لي وارحمني واهدني وغافني وارزقني

Allahummaghfirli warhamni, wahdini, warzuqni.

Artinya,

" Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah aku petunjuk, selamatkan aku, dan berikanlah rezeki kepadaku."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar