Doa Agar Terhindar dari Sifat Rakus

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 29 Januari 2020 20:00
Doa Agar Terhindar dari Sifat Rakus
Sifat rakus dapat mengarahkan manusia condong kepada kemaksiatan.

Dream - Rakus adalah salah satu penyakit hati yang sangat berbahaya. Orang yang memiliki bahkan dikendalikan sifat ini tidak pernah pernah puas dengan apa yang dimiliki.

Sifat rakus bisa terjadi dalam konteks apapun. Baik terkait dengan hal yang sifatnya langsung maupun jangka panjang.

Sebagai contoh, rakus pada makanan membuat orang selalu ingin makan. Dia tidak peduli dengan kondisi perutnya yang sudah tidak mampu menamping makanan namun tetap saja menyantap hidangan atau camilan yang dilihatnya.

Lebih parah lagi jika rakus akan harta. Dia berusaha menumpuk hartanya tanpa pernah peduli pada saudaranya ataupun pada cara yang dilakukannya.

Sifat rakus dapat menjerumuskan seseorang pada kemaksiatan. Bahkan bisa menghilangkan Allah dalam batinnya.

Agar terhindar dari sifat rakus, dianjurkan membaca doa di bawah ini. Doa ini menjadi amalan rutin dari Sahabat Umar bin Khattab Radliyallahu 'Anhu.

1 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Sifat Rakus

 Doa Bebas dari RakusDoa Bebas dari Rakus © Dream.co.id

Allahummaj'al ghinai fi qolbi wa raghghibni fima 'indaka wa barik li fimaa razaqtani waghnini mimma harramta 'alayya.

Artinya,

" Ya Allah, jadikan kekayaanku di dalam hatiku, senangkan aku terhadap sesuatu yang ada di sisi-Mu, berkahi rizeki yang telah Engkau berikan padaku, dan cukupkan aku dari sesuatu Engkau halangi dariku."

2 dari 5 halaman

Doa Ketika Menyimpan Emas

Dream - Emas sejak dulu dikenal sebagai logam mewah. Tidak sedikit pandangan yang menilai emas merupakan indikator kekayaan seseorang.

Pandangan itu tidak sepenuhnya salah. Emas memang logam yang dapat digunakan sebagai alat tukar.

Seiring berjalannya waktu, pandangan mengenai emas pun berubah. Dulunya emas dipandang sebagai simbol kekayaan, kini logam tersebut merupakan sumber simpanan atau investasi.

Banyak orang menyimpan emas untuk kepentingan masa depan. Ketika kebutuhan mendesak, emas dapat dijual dengan nilai relatif lebih tinggi dibandingkan ketika dijual.

Karena mengandung nilai ekonomis, tidak jarang emas menjadi incaran orang jahat. Sehingga, wajar jika pemilik emas akan menyimpannya di tempat yang tidak diketahui atau rahasia.

Ketika kita melihat orang lain menyimpan emas, terutama jika itu adalah orang terdekat, maka kita harus ikut merahasiakan lokasi penyimpanannya.

Selain itu, untuk berlindung dari segala kemungkinan buruk akibat menyimpan emas, kita dianjurkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada Syaddad bin Aus RA, seperti tercantum dalam hadis riwayat Imam Ahmad.

 

3 dari 5 halaman

Doa Lihat Orang Simpan Emas

 Doa Lihat Orang Simpan EmasDoa Lihat Orang Simpan Emas © Dream.co.id

Allahumma inni as alukats tsibata fil amri wal 'azimata 'alar rusydi wa as aluka syukra mi'matika wa as aluka khusna 'ibadatika wa as aluka qolban salima wa as aluka lisanan shodiqon wa as aluka min khoiri ma ta'lamu wa a'udzubika min syarri ma ta'lamu wa astaghfiruka li ma ta'lamu innaka anta 'allamul ghuyubi.

Artinya,

" Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kekokohan di atas agama, istiqamah di atas jalan yang haq, bersyukur atas nikmat-Mu, kebagusan dalam ibadah kepada-Mu, kalbu yang selamat, dan lisan yang jujur. Aku memohon kebaikan yang Engkau ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang Engkau ketahui. Aku memohon ampun kepada-Mu dari yang Engkau ketahui. Sesungguhnya, Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang gaib."

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Agar Semua Urusan Berakhir Baik

Dream - Sudah menjadi kelaziman jika seorang manusia terlibat segala urusan dalam hidupnya. Baik yang berkaitan dengan akhirat maupun duniawi.

Suatu urusan ada karena kebutuhan manusia dalam menjalani rezeki. Urusan mengandaikan proses untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam kehidupan kemasyarakatan, tidaklah asing bagi kita untuk menjalani urusan administrasi. Mulai dari pembuatan akta lahir, kartu tanpa penduduk, pernikahan dan lain sebagainya.

Pun demikian dengan urusan yang berkaitan dengan rezeki. Seperti pembelian tanah, sepeda motor, dan lain sebagainya.

Belum soal urusan akhirat. Seorang Muslim tentu terbiasa dengan hal-hal bersifat spiritual seperti berzakat, sedekah dan lain sebagainya.

Tentu, tidak semua urusan bisa berujung pada hal yang diharapkan. Agar urusan yang kita jalani berakhir baik, dianjurkan untuk melafalkan doa ini, yang tercantum dalam hadis riwayat Imam Ahmad.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Urusan Berakhir Baik

 Doa Urusan Berakhir BaikDoa Urusan Berakhir Baik © Dream.co.id

Allahumma ahsin 'aqibatana fil umuri kulliha wa ajirna min khizyod wa 'adzabil akhirah

Artinya,

" Ya Allah, jadikan segala urusan kami berakhir dengan baik dan lindungilah kami dari bencana dunia dan azab akhirat."

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak