Doa Agar Terhindar dari Sifat Sok Tahu

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 23 Januari 2020 20:00
Doa Agar Terhindar dari Sifat Sok Tahu
Tak nyaman rasanya berbincang dengan orang sok tahu.

Dream - Salah satu hal yang penting dalam aktivitas manusia adalah informasi. Manusia memanfaatkan informasi untuk mempertimbangkan bagaimana harus bersikap serta mengambil keputusan.

Tidak jarang pula, informasi menjadi bahan obrolan di masyarakat. Hal itu bisa menimbulkan banyak sekali pandangan serta sikap.

Mungkin kita pernah punya pengalaman berbincang dengan seseorang yang kelihatannya tahu banyak hal. Dia bahkan mampu membuat kita terkesan.

Tetapi, setelah ditelusuri, ternyata informasi yang dia sampaikan keliru. Sama sekali berbeda dengan apa yang orang tersebut ucapkan.

Dalam kehidupan keseharian, orang semacam itu dianggap sok tahu. Sifat ini sebenarnya mengandung bahaya, apalagi jika informasi yang disampaikan mengandung potensi menyesatkan.

Agar terhindar dari sifat sok tahu, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut merupakan salah satu ayat Al-Quran, tepatnya ayat 47 Surat Hud.

1 dari 5 halaman

Doa Agar Tidak Sok Tahu

 Doa Agar Tak Sok TahuDoa Agar Tak Sok Tahu © Dream.co.id

Rabbi inni a'udzubika an as'alaka ma laysa li bihi ilm. Wa in la taghfirli wa tarhamni akun minal khasirin.

Artinya,

" Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi."

2 dari 5 halaman

Doa Dijauhkan dari Sifat Riya

Dream - Kita mungkin sering mendapat petuah seperti ini, " Kalau berbuat kebaikan harus ikhlas" . Entah itu dari orangtua, saudara, tetangga, teman maupun dari ustaz.

Petuah itu ternyata mengandung makna mendalam. Karena ikhlas ternyata bukan perkara mudah.

Alasan mengapa ikhlas harus dikedepankan adalah karena ada bahaya riya yang mengintai. Riya akan muncul setiap kali kita melakukan kebaikan, bahkan saat beribadah.

Misalnya, ketika berbuat baik ada orang lain yang menyaksikan. Muncullah suara dalam hati yang condong membanggakan amalan baik tersebut.

Sedikit saja ada riya, amalan baik kita bisa jadi sia-sia. Sebab, riya tergolong syirik kecil dan samar terlihat.

Agar terhindar dari riya, dianjurkan membaca doa ini. Doa ini ada dalam hadis riwayat Bukhari.

 

3 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Riya

 Doa Terhindar dari RiyaDoa Terhindar dari Riya © Dream.co.id

Allahumma inni a'udzubika an usyrika bika wa ana a'lamu wa astaghfiruka lima la a’lamu.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan menyekutukan-Mu di saat aku mengetahui dan aku mohon ampunan dari sesuatu yang aku tidak mengetahui.

4 dari 5 halaman

Doa Sujud Sahwi Saat Lakukan Kekeliruan dalam Sholat

Dream - Setiap muslim yang menunaikan sholat selalu dianjurkan untuk menjalaninya dengan khusyuk. Segala hal yang bisa menganggu harus disingkirkan lebih dulu.

Sayangnya tidak sedikit dari kita yang sulit mencapai kekhusyukan. Ketika takbiratul ikram, ada saja pikiran datang mengganggu.

Entah itu ingat letak barang yang dicari atau teringat jawaban tugas yang dikerjakan. Tidak jarang pula membayangkan hal-hal tertentu.

Sering kali pikiran yang tiba-tiba datang itu membuat kita lupa gerakan sholat. Paling sering terjadi adalah jumlah rakaat sholat yang sudah ditunaikan.

Ketika hal ini terjadi, kita dianjurkan untuk melaksanakan sujud sahwi sebelum salam. Sujud dilaksanakan dua kali dengan diselinggi duduk sebentar lalu ditutup salam.

Saat melaksanakan sujud sahwi, berikut doa yang dibaca. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Abdullah bin Buhainah RA.

 

5 dari 5 halaman

Doa Sujud Sahwi

 Doa Sujud SahwiDoa Sujud Sahwi © Dream.co.id

Subhana ma la yanamu wa la yashu

Artinya,

" Maha Suci Allah, Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa."

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam