Doa Agar Terlindung dari Godaan Iblis

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 21 Januari 2020 06:01
Doa Agar Terlindung dari Godaan Iblis
Iblis telah berjanji akan terus menggoda manusia.

Dream - Dalam menjalani kehidupannya, seorang Muslim tidak bisa lepas dari godaan iblis. Makhluk ini memang telah berjanji agar terus menggoda manusia hingga Kiamat Tiba.

Iblis melakukan berbagai cara agar manusia terjerumus dalam jarang kesesatan dan kemaksiatan. Sehingga manusia tidak bisa terbebas dari jeratan api neraka.

Iblis secara terang-terangan menjadi musuh umat manusia. Mereka berusaha mengajak manusia untuk condong ke perbuatan buruk.

Iblis cukup cerdas dalam menggoda manusia. Seperti membungkus maksiat dengan topeng kenikmatan agar manusia bersedia meninggalkan keimanan.

Godaan iblis mengandung bahaya yang luar biasa. Dampaknya bahkan tidak hanya dirasakan di dunia namun hingga akhirat.

Agar terlindung dari godaan iblis, kita dapat membaca doa ini. Doa ini dikenal dengan nama Doa Isti'adzah.

 

1 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Godaan Iblis

Doa Terhindar dari Godaan Iblis© Dream.co.id

Allahumma innaka salathta alaina bidzunubina aduwwan bashiran bi 'uyubina. Yarana huwa wa qabiluhu min haitsu la narahum. Fa ayyishu minna kama ayyastahu min rahmatika. Waqnuthhu minna kama qanathtahu min afwika. Wa ba'id bainana wa bainahu kama ba'adta baynahu wa baina jannatika. Inna ala kulli syai'in qadir.

Artinya,

" Ya Allah Engkau telah menguasakan kepada kami seorang musuh yang jelas atas dosa yang telah kami lakukan. Mereka dan golongannya sanggup melihat kami, sedangkan kami tak sanggup untuk melihatnya. Pupuskanlah harapan mereka sebagaimana Engkau memutuskannya dari rahmat-Mu. Putuskanlah asa mereka sebagaimana Engkau memutusnya dari ampunan-Mu. Jauhkanlah mereka dari kami sebagaimana Engkau menjauhkannya dari surga-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Ditambahkan Nikmat

Dream - Setiap kali mendapat kebaikan, setiap muslim sangat dianjurkan bersyukur. Kebaikan merupakan bagian dari nikmat Allah SWT. Nikmat tersebut diberikan sebagai wujud kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya.

Allah juga tidak enggan memperbanyak nikmat yang diberikan kepada kita. Selama kita mau bersyukur atas nikmat tersebut.

Tetapi, jika kita ingkar, Allah mengingatkan kepada kita akan siksa-Nya yang teramat pedih. Karena kita sejatinya tidak bisa mengingkari keberadaan nikmat tersebut.

Selain bersyukur, kita dianjurkan membaca doa ini agar nikmat yang diterima ditambah lebih banyak lagi. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Tirmidzi.

 

3 dari 5 halaman

Doa Mohon Ditambah Nikmat

Doa Ditambah Nikmat© Dream.co.id

Allahumma zidna wa la tanqushna wa akrimna wa la tuhinna wa la tahrimna wa atsirna wa la tu'tsir 'alaina wa ardlina wardla 'anna.

Artinya,

" Ya Allah, tambahkanlah dan jangan kurangi pada kami, muliakanlah kami dan jangan hinakan kami, berilah kami dan jangan halangi kami, pentingkanlah kami dan jangan palingkan kami, ridlailah kami dan ridlailah dari kami."

4 dari 5 halaman

Doa Istighfar Terbaik yang Diajarkan Rasulullah

Dream - Tugas manusia adalah mengingat Allah dan selalu menyembah-Nya. Kita diharuskan bertakwa kepada Allah di manapun dan kapanpun.

Mengingat Allah merupakan salah satu bentuk ibadah. Hal itu bisa kita lakukan kapan saja dengan berzikir kepada-Nya.

Memperbanyak zikir akan mendekatkan diri kita dengan Allah. Selain itu, hidup terasa lebih nyaman dengan terus mengingat Allah.

Ada banyak lafal doa yang bisa kita ucapkan untuk mengingat Allah. Kita bisa melafalkannya kapan saja.

Tetapi, ada doa istighfar terbaik yang pernah diajarkan Rasulullah. Doa tersebut terdapat dalam hadis Muttafaq Alaihi, dan dikenal dengan Sayyidul Istighfar.

 

5 dari 5 halaman

Doa Sayyidul Istighfar

Doa Sayyidul Istighfar© Dream.co.id

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu a'udzubika min syarri ma shana'tu abu'u laka bini'matika 'alayya wa abu'u bidzanbi faghfirlu fa innahu la yaghfiru adz dzunuba illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau."

Beri Komentar