Doa Agar Terlindung dari Wabah Penyakit Ketika Bepergian

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 16 Juli 2020 20:00
Doa Agar Terlindung dari Wabah Penyakit Ketika Bepergian
Peluang tertular wabah ketika bepergian sangat besar, apalagi Covid-19.

Dream - Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum juga mereda. Bahkan semakin parah dengan semakin banyak orang yang terkena penyakit ini.

Di sisi lain, kita harus tetap beraktivitas. Ada sebagian dari kita sudah harus bekerja ataupun beraktivitas dengan meninggalkan rumah.

Kita mungkin paham, bepergian di tengah wabah apalagi yang sudah menjadi pandemi seperti sekarang ini sangatlah berbahaya. Kita bisa saja tertular ketika dalam perjalanan.

Tetapi, kita tidak bisa terus berada di rumah ketika tempat kerja atau kebutuhan perdagangan mengharuskan bepergian. Apalagi jika keperluan tersebut mengharuskan kita bepergian dalam jarak jauh.

Dalam kondisi semacam ini, kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin terutama kondisi kesehatan. Setidaknya kita sudah berusaha melakukan langkah pencegahan dengan memenuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

Selepas itu, kita pasrahkan kepada Allah SWT. Kemudian, membaca doa yang diajarkakan Rasulullah Muhammad SAW agar terhindar dari wabah selama perjalanan terutama Covid-19.

1 dari 5 halaman

Doa Terlindung dari Wabah Saat Bepergian

 Doa terlindung dari wabah ketika bepergian© Dream.co.id

Allahumma antas shahibu fis safar wal khalifatu fil ahl.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau adalah Teman perjalananku dan pengganti keluargaku."

Sumber: Islami.co

2 dari 5 halaman

Doa Dapat Kabar Menggembirakan

Dream - Ketika dapat kabar baik, tentu kita merasa gembira. Kita seperti mendapatkan sesuatu setelah sekian lama menunggunya.

Seperti ketika mendapat telepon diterima kerja. Atau lulus seleksi masuk perguruan tinggi tertentu.

Ketika mendapat kabar tersebut, tentu kita dianjurkan untuk mengucap hamdalah. Ucapan tersebut merupakan bentuk syukur atas nikmat yang baru saja kita terima dari Allah.

Sebab, kabar baik semata datang dari Allah. Semua kebaikan terjadi berkat rahmat-Nya.

Selain mengucap hamdalah, dianjurkan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Bahagia

 Doa Bahagia© Dream.co.id

Allahumma zidna wa la tanqushaa wa akrimna wa la tuhinna wa a’thina wa la tahrimna wa atsirna wa tu'tsir 'alaina wardina wardla 'anna.

Artinya,

" Ya Allah, tambahilah kami dan jangan kurangi kami, muliakan kami dan jangan hinakan kami, berilah kami dan jangan cegah kami, kedepankan kami dan jangan kesampingkan kami, ridhailah kami dan ridhailah perbuatan-perbuatan kami."

4 dari 5 halaman

Doa Mohon Kebaikan Menjalani Hari

Dream - Dalam satu yang kita jalani, tentu tidak semuanya adalah peristiwa baik. Pasti ada saja hal buruk yang terjadi dan tidak pernah terprediksi.

Bisa dari peristiwa yang membuat perasaan jengkel atau kecewa. Hingga kejadian yang bersifat bahaya dan merugikan.

Patutlah kita sadari, apa yang terjadi dalam satu hari yang kita lalui semata adalah rahasia Allah SWT. Allah lah pemilik kuasa atas segala peristiwa.

Tentu kita ingin agar hari-hari berjalan dengan hal-hal baik. Apalagi hal yang menghadirkan rezeki.

Untuk itu, dianjurkan untuk memohon kebaikan sepanjang hari kepada Allah. Ucapkanlah doa ini agar Allah memberikan kebaikan pada kita.

 

5 dari 5 halaman

Doa Kebaikan

 Doa Kebaikan© Dream.co.id

Allahumma inni as 'aluka khaira hadzal yaum, fathahu, wa nashrahu, wa nurahu, wa barakatahu, wa hudahu. Allahumma inni as 'aluka khaira hadzal yaum wa khaira ma fîhi wa khaira ma qablah, wa khaira ma ba'dahu. Wa a'udzubika min syarri hadzal yaum, wa syarri ma fîhi wa syarri ma qablahu, wa syarri ma ba'dahu.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan, pembuka (rahmat), pertolongan, cahaya, berkah, dan petunjuk di hari ini. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini, kebaikan apa yang ada di dalamnya, kebaikan hari sebelumnya, dan kebaikan hari setelahnya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini, keburukan apa yang ada di dalamnya, keburukan hari sebelumnya, dan keburukan hari sesudahnya."

Beri Komentar