Doa Meminta Dimudahkan Menjalani Urusan Dinukil dari Ayat Quran

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 1 Agustus 2021 18:00
Doa Meminta Dimudahkan Menjalani Urusan Dinukil dari Ayat Quran
Doa ini dibaca sebelumnya agar semuanya gampang.

Dream - Sebagai makhluk Allah, usahakan kita selalu membaca doa meminta kemudahan saat akan menjalani aktivitas sehari-hari. Terlebih ketika menjalani suatu urusan, kita seringkali dibuat bimbang. Ada rasa khawatir jika saja urusan tersebut berjalan sulit.

Di saat kondisi seperti inilah doa akan menjadi penolong dan pembuat hati tenang dan pasrah kepada Yang Kuasa.  

Apalagi jika kadar urusan tersebut sangat penting. Tentu kita ingin semuanya berjalan lancar setelah memanjatkan doa dimudahkan urusan.

Kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi. Semua baru akan muncul saat kita sedang menjalani sesuatu. Ada kalanya, sebuah urusan berjalan tidak mudah. Tetapi ada juga yang malah dipersulit.

Agar kita tak mengalaminya, maka dianjurkan membaca doa diberi kemudahan segala urusan ini sebelumnya. Doa ini tercantum dalam Alquran Surat Thaha ayat 25-28.

1 dari 5 halaman

Doa Kemudahan Dalam Urusan

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Rabbisyrahli shadri wayassirli amri wahlul uqdatam mil lisani yafqohu qouli.

Artinya,

" Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

Sumber: laduni.id.

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Kemudahan Menjalankan Kegiatan, Pendek dan Mudah Diingat

Dream - Dalami menjalani hidup, memang ada yang mudah dan sulit. Meski begitu, semua urusan harus diselesaikan satu demi satu. Biar tidak menjadi beban di lain hari.

Tetapi, menyelesaikan urusan tentu tidak selalu gampang. Akan terasa nyaman jika semuanya berjalan mudah.

Kenyataannya, ada saja kesulitan yang datang. Bahkan saat kita sudah bersiap, ternyata tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Karena itulah, dianjurkan membaca doa singkat ini sebelum melakukan kegiatan apapun. Insya Allah, semua akan dimudahkan.

3 dari 5 halaman

Doa Kemudahan

Doa Kemudahan© Dream.co.id

Allahumma yassir wa la tu'assir.

Artinya,

" Ya Tuhanku, mudahkanlah dan jangan Engkau persulit.

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Kemudahan di Dunia dan Akhirat

Dream - Namanya hidup, pasti ada saja hal sulit. Kadang, kesulitan membuat hidup terasa sesak.

Kita tak bisa bebas beraktivitas karena kesulitan mendatangkan keterbatasan. Tidak hanya di dunia, kesulitan juga bisa dialami dalam kaitannya dengan kehidupan akhirat.

Tetapi, adanya kesulitan tidak untuk diratapi. Melainkan untuk dihadapi dan diatasi.

Bagi yang sanggup mengatasinya, maka akan menjadi pengalaman berharga. Pengalaman yang sangat berguna di masa mendatang.

Agar mendapatkan kemudahan di dunia dan akhirat, dianjurkan memanjatkan doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Kemudahan

Doa Bismilah Shaghir© Dream.co.id

Allahumma inni as aluka bi fadlli bismillahir rahmanir rakhim, wa bi haqqi bismillahir rahmanir rakhim wa bihaibati bismillahir rahmanir rakhim, wa bi manzilati bismillahir rahmanir rakhim. Irfa' qodri wa yassir amri wasyrah shadri, ya man huwa Kaaf Ha Ya Ain Shad, Ha Mim 'Ain Sin Qof, Alif Lam Mim, Alif Lam Mim Ra, Alif Lam Mim Shad. Allahu la ilaha illa huwal hayyul qoyyum, bismil haibati wal qudrati, wa bismil jabaruti wal 'adhomati, ij'alni min 'ibadikas shalihinal muttaqin, wa ahla tho'atikal mukhbitin, ya rabbal 'alamin.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan perantaraan keutamaan bismillaahir rahmaanir rahiim, dengan perantaraan haknya bismillaahir rahmaanir rahiim, dengan perantaraan keagungan bismillaahir rahmaanir rahiim, dengan perantaraan kedudukan, bismillaahir rahmaanir rahiim. Angkatlah derajatku, permudahlah urusanku, lapangkanlah dadaku, wahai Tuhan Yang Dia-lah Kaff Haa Yaa ‘Aiin Shood, Haa Miim ‘Aiin Siin Qoof, Alif Laam Miim, Alif Laam Miim Raa, Alif Laam Miim Shood, berkat rahasia asma Allah yang teragung. Allah, tiada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup Kekal lagi terus menerus mengurusi makhluk-Nya, dengan perantaraan nama kehebatan dan kekuasaan-Mu; dan dengan nama keperkasaan dan keagungan-Mu, kiranya Engkau menjadikan aku termasuk orang-orang yang shalih lagi bertakwa dan ahli taat kepada-Mu yang penuh dengan tawadhu’ (kerendahan hati), wahai Tuhan sekalian alam."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar