9 Doa Anak Saleh yang Bisa Dipanjatkan Orang Tua untuk Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 3 Desember 2021 12:01
9 Doa Anak Saleh yang Bisa Dipanjatkan Orang Tua untuk Kebaikan di Dunia dan Akhirat
Dengan membaca doa ini diharapkan sang anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik sesuai harapan kedua orang tuanya.

Dream – Sebagai orang tua selalu memanjatkan doa agar dikaruniai anak saleh dan salehah bahkan saat mereka masih dalam kandungan. Ketika mereka sudah lahir, ayah dan ibu akan memberikan pendidikan terbaik ketika berada di rumah maupun memilihkan sekolah untuk si buah hati. Senantiasa Doa menjadi hal yang tak luput dari usaha yang dilakukan mereka.

Doa anak saleh yang dipanjatkan oleh orang tua tak bisa dianggap remeh. Bahkan doa dari orang tua inilah yang memiliki kekuatan besar agar sang anak bisa tumbuh menjadi orang yang baik, rajin beribadah, pandai, dan menjadi anak yang berguna baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Nah, perlu sahabat Dream ketahui bahwa ada banyak sekali doa anak saleh yang bisa kamu panjatkan. Doa tersebut ada yang terdapat dalam Al-Quran dan bahkan ada juga yang dahulu turut dipanjatkan oleh para Nabi.

Untuk mengetahui apa saja doa anak saleh, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Doa Anak Saleh

Doa Anak Sholeh© Freepik.com

Doa Anak agar Beriman dan Bertakwa

Membimbing seorang anak tidaklah bisa dikatakan mudah. Hadirnya anak juga sekaligus sebagai bentuk amanah atau pun tanggung jawab yang harus sahabat Dream emban. Dalam artian Allah SWT menganugerahi seorang anak, maka Allah SWT memercayakan anak tersebut kepadamu untuk dirawat sebaik mungkin. Salah satunya dengan memberikan bimbingan agar menjadi anak yang beriman dan bertakwa.

Berikut adalah doa anak sholeh yang bisa kamu panjatkan agar menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa seperti yang ada dalam surat Al-Furqon ayat 74:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاما

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama.

Artinya: “ Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon: 74).

Doa agar Menjadi Anak yang Saleh dan Salehah

Sahabat Dream yang ingin sang buah hati tumbuh menjadi anak yang saleh dan salehah, maka doa anak saleh inilah yang bisa kamu panjatkan:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

 Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “ Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, orang-orang yang hafal Al-Quran dan sunah, orang-orang yang paham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

2 dari 3 halaman

Doa Anak Sholeh

Doa Nabi Zakaria AS

Di usianya yang sudah tidak lagi muda, Nabi Zakaria as diketahui belum juga dikaruniai anak. Kemudian Nabi Zakaria as pun memanjatkan doa yang terdapat dalam surat Ali Imran ayat 38. Setelah itu, Allah SWT pun mengabulkan doanya dan memberikan anak saleh bernama Yahya atau Nabi Yahya as. Nah, bagi sahabat Dream yang belum juga dikaruniai anak, maka doa ini bisa kamu baca.

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a.

Artinya: “ Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran: 38).

Doa Nabi Ibrahim AS

Selain Nabi Zakaria as, Nabi Ibrahim as pun juga selalu berdoa kepada Allah SWT untuk anaknya. Hal itu pun dikabulkan dan Nabi Ibrahim as dianugerahi dua putra yang saleh bernama Nabi Ismail as dan Nabi Ishaq as. Doa anak saleh tersebut ada dalam surat Ibrahim ayat 40:

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

 Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’.

Artinya: “ Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40).

Doa agar Anak Berbakti pada Orang Tua

Memiliki anak yang berbakti pada orang tua adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Hal ini tentu tidak terlepas dari doa anak sholeh yang dipanjatkan oleh orang tuanya. Berikut adalah doa agar sang anak menjadi pribadi yang berbakti pada orang tuanya:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

 Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “ Ya Allah berilah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan marabahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

Doa agar Anak Mendapatkan Keberkahan

Sahabat Dream juga bisa memohon kepada Allah SWT agar sang buah hati mendapatkan keberkahan dari-Nya. Berikut adalah doa yang perlu dibaca:

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

 Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “ Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

3 dari 3 halaman

Doa Anak Sholeh

Doa Anak Sholeh© Freepik.com

Doa agar Anak Memahami Agara dengan Benar

Sebagai anak sholeh tentunya penting untuk bisa memahami agama secara baik. Dengan begitu, ia bisa memilik keimanan yang kuat dan kelak juga bisa membimbing maupun mengajak orang lain dalam jalan Allah SWT. Berikut adalah doa anak saleh agar memiliki pemahaman agama yang benar:

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

 Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Al-Quran).” (HR. Bukhari).

Doa Agar Anak Mendapat Perlindungan Allah SWT

Setiap orang tentu ingin kehidupannya selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Begitu juga para orang tua yang ingin agar anak-anak selalu dalam perlindungan Allah SWT. Berikut adalah doa agar anak mendapatkan perlindungan dari Allah SWT yang bisa sahabat Dream baca:

أُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

 U’iidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithoniw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah.

Artinya: “ Aku memohon perlindungan baginya (menyebutkan nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud 3371 dan dishahihkan al-Albani, diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Tirmidzi).

Doa agar Anak Menjadi Sehat, Cerdas, dan Ilmunya Bermanfaat

Agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, dan memiliki ilmu yang bermanfaat, maka doa anak sholeh ini bisa kamu panjatkan:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

 Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan.

Artinya: “ Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

Beri Komentar