Doa Awal Rajab Untuk Meraih Keberkahan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 24 Februari 2020 20:00
Doa Awal Rajab Untuk Meraih Keberkahan
Rajab waktu yang tepat menambah catatan ibadah dan amal shaleh.

Dream - Rajab telah hadir menyapa kita. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk menambah catatan ibadah dan amal shaleh.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan mulia di luar Ramadan. Di bulan ini, ada banyak rahmat Allah tersebar di muka bumi.

Dalam urutan kalender Hijriah, Rajab menduduki urutan ke tujuh. Dua bulan setelahnya, umat Islam menyambut datangnya Ramadan.

Sepanjang Rajab, kita dianjurkan untuk tidak mendekati amalan-amalan yang merusak kesuciannya. Terutama, kita diharuskan untuk menghindari segala bentuk kemaksiatan.

Ketika awal Rajab tiba, dianjurkan untuk membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Awal Rajab

 Doa Awal Rajab© Dream.co.id

Ilahi ta'arradla laka fi hadzihil lailatil muta'arridlun wa qoshadaka fihil qoshiduna wa ammala fadllaka wa ma'rufakat tholibun wa laka fi hadzihil lailati nafahatun wa jawa-izun wa 'athoya wa mawahibun, tamunnu biha 'ala man tasya-u min 'ibadika wa tamna'uha mimman lam tasbiq lahul 'inayatu minka, wa ha ana 'abdukal faqiru ilaikal muammilu fadllaka wa ma'rufaka fain kunta ya maulaya tafadldlalta fi hadzihil lailati 'ala ahadin min kholqika wa jutta 'alaihi bi 'a-datin min 'athfika, fa sholli 'ala muhammadin wa alihi wa jud 'alayya bi thoulika wa ma'rufika ya rabbal 'alamin.

Artinya,

" Wahai Tuhanku, pada malam ini orang-orang yang berpaling (dari rahmat-Mu) telah berpaling, orang-orang yang mempunyai tujuan telah datang (pada-Mu), dan para pencari telah mengharap anugerah dan kebaikan-Mu. Pada malam ini, Engkau mempunyai tiupan rahmat, piagam-piagam penghargaan, aneka macam pemberian dan anugerah. Engkau berikan semua itu terhadap hamba-hamba-Mu yang Engkau kehendaki. Dan Engkau tidak memberikannya terhadap orang yang tidak memperoleh pertolongan dari-Mu. Inilah aku, hamba-Mu yang sangat berharap pada-Mu, berharap anugerah dan kebaikan-Mu. Apabila Engkau, wahai Tuan kami, telah mengemukakan anugerah-Mu di malam ini terhadap seseorang dari makhluk-Mu, dan Engkau berikan kebaikan padanya dengan berbagai sambungan kelembutan-Mu, maka anugerahkan rahmat atas Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya. Berikanlah padaku kekayaan dan kebaikan-Mu, wahai Tuhan seru sekalian alam."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Maghrib Nanti Masuk Rajab, Lafalkan Doa Ini

Dream - Tanpa terasa, tinggal beberapa jam lagi kita akan masuk bulan Rajab 1441 H. Bulan ke tujuh dalam kalender Hijriah.

Rajab masuk dalam daftar empat bulan mulia bergelar Asyhurul Hurum di luar Ramadan. Tiga bulan lainnya yaitu Zulqa'dah, Zulhijah, dan Muharram.

Di bulan tersebut, kita dianjurkan memperbanyak ibadah. Bisa dengan memperbanyak sholat sunah, puasa sunah, membaca Alquran, maupun berzikir.

Selain itu, bulan ini juga jadi wadah untuk meraih lebih banyak pahala. Caranya dengan memperbanyak amalan shaleh.

Misalnya, memperbanyak sedekah atau membantu orang lain. Insya Allah, kita akan mendapatkan pahala yang berlipat.

Ketika masuk bulan Rajab, kita dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut rutin dibaca Rasulullah Muhammad SAW.

3 dari 5 halaman

Doa Menyambut Rajab

 Doa Menyambut Rajab© Dream.co.id

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna ramadlan.

Artinya,

" Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Terbebas dari Tuduhan

Dream - Tuduhan kerap menjadi ancaman bagi seseorang. Kehidupan dan nama baik seseorang bisa menjadi berantakan karena menjadi korban tuduhan orang tak bertangngung jawab. 

Meski orang yang bersangkutan jauh dari hal yang dituduhkan kepadanya, namun dampak yang dirasakan sudah terlanjur terjadi.

Ketika terkena tuduhan, seseorang terpaksa bekerja keras untuk memulihkan nama baiknya. Seringkali, upaya tersebut sulit dilakukan dan berujung kegagalan.

Tidak sedikit pula yang putus asa akibat tuduhan yang diterimanya. Dia seperti tak punya daya untuk membalikkan keadaan.

Terkena tuduhan adalah hal yang menyakitkan. Sehingga, kita perlu untuk senantiasa berpasrah diri dan memohon pertolongan Allah agar diberikan kekuatan menghadapi tuduhan tersebut.

Agar bisa terbebas dari segala macam tuduhan, dianjurkan untuk membaca doa ini.

5 dari 5 halaman

Doa Saat Diterpa Tuduhan

 Doa Terbebas dari Tuduhan© Dream.co.id

Allahumma innaka lasta bi ilahin istahdatsnaka wala ma'aka ilahun a'anaka 'ala kholqina wala ma'aka rabbun fa yusyrikuka fi rububiyatika anta rabbunaa kama taqulu wa fawqo ma yaqulul qo-iluna as-aluka an tushalliya 'ala muhammadin wa ali muhammadin wa an tubriani bi baraati.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau bukan Tuhan yang kami ciptakan, bersama-Mu tidak ada Tuhan yang menolong-Mu dalam menciptakan kami, bersama-Mu tidak ada Tuhan yang bersekutu dalam ketuhanan-Mu, Engkau Tuhan kami sebagaimana Engkau katakan, dan melebihi anggapan dan perkataan orang. Aku memohon kepada-Mu untuk senantiasa memberi rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, dan aku memohon kepada-Mu untuk membebaskan aku dengan pembebasanku."

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair