Doa Berlindung dari Ilmu Tak Bermanfaat

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 17 Januari 2020 20:00
Doa Berlindung dari Ilmu Tak Bermanfaat
Ilmu menjadi penerang bagi kehidupan.

Dream - Salah satu sifat yang melekat pada manusia adalah makhluk pembelajar. Sehingga, manusia lahir dibekali kemampuan untuk belajar dan menyerap pengetahuan di sekitarnya.

Pengetahuan itu menjadi bekal manusia dalam menjalani kehidupannya. Pengetahuan tersebut menjadi ilmu yang mengarahkan jalan manusia.

Ilmu banyak sekali ragamnya. Penguasaan akan suatu ilmu melahirkan kemampuan pada diri manusia.

Namun demikian, terdapat pula ilmu yang tak bermanfaat. Ilmu ini cenderung tidak bisa diterapkan dan bisa mengandung unsur bahaya.

Agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim.

1 dari 5 halaman

Doa Berlindung dari Ilmu Tak Bermanfaat

Doa Berlindung dari Ilmu Tak Bermanfaat© Dream.co.id

Allahumma ati nafsi taqwaha, wa zakkiha anta khoiru man zakkaha, anta waliyyuha wa mau la ha, allahumma inni a'udzubika min 'ilmi la yanfa'u, wa min qolbi la yakhsya'u, wa min nafsi la tasyba'u, wa min da'watin la yustajabu laha.

Artinya,

" Ya Allah, karuniakanlan ketakwaan pada jiwaku, sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang menyucikannya, Engkaulah yang menjaga serta melindunginya, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyuk, dan doa yang tidak diijabahi."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Tak Mudah Tergoda Nafsu

Dream - Tak ada manusia yang tercipta tanpa nafsu. Nafsu adalah hasrat yang dapat memengaruhi perilaku manusia.

Nafsu tak selalu berkaitan dengan kebutuhan biologis. Karena pengaruh nafsu bisa terjadi dalam segala hal.

Mulai dari hal kecil hingga besar, manusia bisa dipengaruhi nafsu. Misalnya makan, minum, mengejar kekayaan dan sebagainya.

Dalam nafsu terkandung potensi keburukan yang bisa berubah menjadi kejahatan. Sehingga, manusia selalu diingatkan untuk mengendalikannya agar tidak terjerumus dalam keburukan.

Agar tidak mudah tergoda nafsu, kita dapat memohon perlindungan kepada Allah dengan doa berikut. Doa ini termuat dalam riwayat dari Ibnu Umar RA.

 

3 dari 5 halaman

Doa Tak Tergoda Hawa Nafsu

Doa tak tergoda hawa nafsu© Dream.co.id

Allahumma la takilni ila nafsi thorfata 'ainin wa la tanzi minni sholiha ma a'thoitani.

Artinya,

" Ya Allah, jangan pernah sekejap pun Engkau meninggalkan aku sendirian tanpa bantuan-Mu dan janganlah Engkau ambil kesholehan yang telah Engkau berikan padaku."

4 dari 5 halaman

Doa Ketika Dicekam Ketakutan

Dream - Ketakutan merupakan hal lumrah pada manusia. Rasa takut biasanya muncul ketika seseorang merasa dalam bahaya karena kejahatan manusia atau pikiran tentang makhluk halus.

Takut juga bisa muncul ketika berada di tempat gelap atau sepi. Rasa takut menimbulkan kewaspadaan pada seseorang.

Memang, kita perlu berhati-hati dan menjaga diri. Tetapi, mengatasi rasa takut tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri.

Ketika mengalami ketakutan, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dan Imam An Nasa'i.

5 dari 5 halaman

Doa Saat Ketakutan

Doa Saat Takut© Dream.co.id

Allahumma inna naj'alaka fi nuhurihim wa na'udzubika bin syururihim.

Artinya,

" Ya Allah, kamu menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."

Beri Komentar