Doa Agar Anggota Tubuh Tak Dipakai Buat Keburukan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 9 Desember 2019 06:01
Doa Agar Anggota Tubuh Tak Dipakai Buat Keburukan
Setiap anggota tubuh akan bersaksi kelak di akhirat.

Dream - Jangan pernah menyepelekan anggota tubuh kita. Karena perannya tidak hanya berfungsi selama kita hidup di dunia.

Ketika di akhirat kelak, anggota tubuh akan menjadi saksi perjalanan hidup kita di dunia. Masing-masing akan bersaksi telah kita gunakan apa saja anggota tubuh kita.

Sering kita mendapat petuah agar berhati-hati dalam memanfaatkan anggota tubuh. Entah itu mata, tangan, kaki, segalanya.

Menggunakan setiap anggota tubuh untuk hal-hal positif tentu sangat dianjurkan. Tetapi, patut kita ingat bahwa ada bahaya yang kerap kali ada pada masing-masing anggota tubuh.

Bisa jadi, anggota tubuh termanfaatkan untuk kejahatan. Misal, tangan untuk memukul, mulut untuk menghina, kaki untuk melangkah ke tempat maksiat, dan lain sebagainya.

Agar terhindar dari segala keburukan itu, dianjurkan untuk membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Terlindung dari Keburukan Tubuh

Doa terhindar dari kejahatan tubuh© Dream.co.id

Allahumma inni a'udzubika min syarri sam'i wa min syarri basyari wamin syarri lisani wamin syarri qalbi wamin syarri maniyyi

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung padaMu dari kejahatan pendengaranku, dan dari kejahatan penglihatanku, dan dari kejahatan lisanku, dari kejahatan hatiku, dan dari kejahatan syahwatku."

2 dari 5 halaman

Doa dari Ayat Quran Saat Hadapi Masalah yang Terasa Buntu

Dream - Setiap orang pasti akan diuji dengan masalah. Jika melihatnya secara positif, masalah itu adalah tahapan seseorang menjadi terlatih dalam menghadapi segala situasi.

Tentu, masalah yang dialami setiap orang ada kadarnya. Kadang begitu berat, sementara terasa ringan di hari lainnya.

Pun demikian dengan bentuknya. Berbeda-beda antara masalah satu orang dengan lainnya.

Setiap masalah tentu ada penyelesaiannya. Namun demikian, kita bisa pahami manusia ada batasnya.

Ada kalanya, kita merasa masalah yang dihadapi begitu berat. Sampai muncul perasaan seperti menemui jalan buntu.

Ketika mengalami hal ini, dianjurkan untuk berdoa kepada Allah. Doa ini terdapat dalam Al-Qur'an, tepatnya pada Surat Al-Kahfi ayat 10.

 

3 dari 5 halaman

Doa Alami Masalah Sangat Berat

Doa Masalah Jalan Buntu© Dream.co.id

Rabbana atina min ladunka rahmataw wahayyi' lana min amrina rasyada.

Artinya,

" Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."

4 dari 5 halaman

Doa Khusus Ketika Bersin Saat Sedang Sholat

Dream - Bersin merupakan gejala tubuh yang kerap dialami manusia. Aktivitas ini terjadi karena beberapa sebab, bisa karena debu atau tubuh sedang tidak fit.

Mengenai waktunya bisa kapan saja. Termasuk ketika kita sedang sholat.

Ketika mengalami bersin, kita dianjurkan untuk mengucap lafal hamdalah. Ini merupakan sunah yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada umatnya.

Lafal yang mungkin sering kita baca adalah 'Alhamdulillahi rabbil 'alamin'. Tetapi, lafal itu ternyata bisa dibaca ketika bersin di luar sholat.

Saat bersin ketika sedang sholat, ada doa khusus yang bisa dibaca. Doa tersebut tercantum dalam riwayat Imam Abu Daud dari Rifa'ah bin Rafi' Al Zuraqi.

 

5 dari 5 halaman

Doa Bersin Saat Sholat

Doa Bersin ketika Sholat© Dream.co.id

Alhamdulillahi hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fihi mubarokan 'alaihi kama yuhibbu rabbuna wa yardla.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan diberkahi di dalamnya dan diberkahinya atasnya, sebagaimana Tuhan kami cinta dan ridha."

Beri Komentar