Doa Agar Tak Menunda-nunda Cicilan Utang

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Oktober 2021 20:00
Doa Agar Tak Menunda-nunda Cicilan Utang
Menunda cicilan memang terasa menyenangkan, tapi ingat dampaknya yang besar ya.

Dream - Salah satu penyakit berutang adalah menunda pembayarannya. Meski sudah ada uang, tergoda menggunakan untuk keperluan lain.

Misalnya ingin beli barang tertentu yang sudah lama diimpikan. Begitu ada uang, langsung dibelanjakan untuk barang tersebut. Padahal, masih ada cicilan utang yang harus dibayar sampai lunas.

Menunda pembayaran cicilan sebenarnya dapat berdampak buruk. Kalau sampai lewat jatuh tempo, kita bisa berhadapan dengan masalah seperti denda dan jika sudah parah dapat berujung ke persoalan hukum.

Karena itu, sebisa mungkin kita perlu menjaga diri dari menunda utang. Selain dengan lebih banyak menahan diri dari pengaruh godaan belanja barang, kita bisa membaca doa ini di akhir sholat.

1 dari 5 halaman

Doa Bayar Cicilan Tepat Waktu

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذَ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوذ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَالِ، وَأَعُوذ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَفِتْنَةِ الْمَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ، فقَالَ لَهُ قَائِلٌ: مَا أَكْثَرَ مَا تَسْتَعِيذُ مِنَ الْمَغْرَمِ

Allahumma inni a'udzubika min adzabil qabri wa audzubika min fitnatil masihid dajjal wa a'udzibika min fitnatil mahya wal mamati, wa a'udzubika minal ma'tsami wal maghrami.

Artinya,

" Ya Allah aku berlindung kepadamu dari azab kubur dan fitnah Dajjal serta fitnah kehidupan dan kematian. Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari dosa dan utang."

Sumber Bincang Muslimah

2 dari 5 halaman

Doa Saat Membayar Utang Baik dengan Menyicil atau Melunasinya

Dream - Membayar utang adalah salah satu kewajiban setiap manusia saat hidup maupun setelah meninggal. Utang yang tak sempat dilunasi ketika hidup akan tetap berusaha ditunaikan oleh pihak keluarga yang ditinggalkan.

Ajaran Islam mengakui dan membolehkan transaksi utang. Namun di balik hal itu terdapat sebuah kewajiban untuk mengembalikannya. Tak heran jika kita melihat banyak ulama mengajarkan kita doa terbebas dari utang.

Sebagai amalan yang wajib ditunaikan meski sudah meninggal dunia, utang yang belum lunas bisa menjadi penghambat urusan akhirat seseorang. Hisab atas amal baiknya jadi menggantung selama utang belum dilunasi.

Karena itu, sebisa mungkin kita berupaya melunasi seraya memanjatkan doa diberikan kekuasaan untuk bisa mengembalikan utang tersebut.

Utang bisa dikembalikan dengan cara mencicilnya atau langsung lunas, agar tidak menjadi beban di belakang hari.

Jangan lupa, pas bayar utang baca doa ini ya.

 

3 dari 5 halaman

Doa Bayar Utang Cicil atau Lunas

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ وَجَزَاكَ خَيْرًا

Barakallahu laha fi ahlika wa malika, wa jazaka khoiran.

Artinya,

" Semoga Allah menurunkan keberkahan bagimu terutama untuk keluarga dan hartamu, semoga Allah membalasmu dengan kebaikan-Nya."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Agar Segera Lunas Utang dan Lepas dari Incaran Tukang Tagih

Dream - Bisa segera lunas utang tentu sangat kita inginkan karena beban dalam hidup serasa terlepas. Meski jumlahnya sangat kecil, seorang yang berutang tentu ada perasaan risau manakala belum sempat melunasinya.

Sambil berusaha dan berdoa bisa melunasi utang, kita merasa yakin perekonomia keluarga atau diri pribadi  menjadi tidak terganggu. Uang yang dihasilkan pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain.

Tetapi kemampuan seseorang melunasi utang bukan perkara mudah. Ada kalanya kebutuhan lain menjadi lebih mendesak ketika kita tengah diberi kelapangan rezeki. Alhasil utang tak sempat dilunasi. 

Kondisi lain yang dihadapi pengutang adalah dikejar oleh tukang tagih atau debt collector. Sudah banyak didengar jika cara beberapa oknum penagih utang bisa sangat menyusahkan bahkan menganggu teman dan keluarga lain. Tak heran banyak orang yang menyarankan agar seseorang tak boleh putus memohon doa terbebas dari utang usai menunaikan sholat.

Berada dalam posisi berutang memang membuat beban semakin berat. Ditambah lagi teror tukang tagih bikin hati tak tenang.

Agar mendapatkan ketenangan hati dan bebas dari incaran tukang tagih, yuk kita selalu berusaha dan bekerja serta memohon bantuan Sang Khalik tak lepas membaca doa utang segera lunas.

5 dari 5 halaman

Doa Segera Lunas Utang

اللَّهُمَّ اكْفِني بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِواكَ

Allahummakfini bihalalika 'an haramika wa aghnini bifadllika 'amman siwaka.

Artinya,

" Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang Engkau halalkan, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu daripada selain-Mu."

Sumber: Harakah.id

Beri Komentar