Doa Supaya Tidak Merasa Riya Saat Dapat Pujian

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 22 Oktober 2021 06:00
Doa Supaya Tidak Merasa Riya Saat Dapat Pujian
Pujian bisa membuat kita terlena dan hanyut dalam kebanggaan pada diri.

Dream - Pujian bisa membuat orang terlena. Pujian bisa datang karena apa saja. Bisa karena prestasi kerja atau karena suatu kebaikan yang sudah kita lakukan.

Sebab pujian, kita bisa jadi berbesar hati. Hal itu wajar adanya. Tetapi, jangan sampai kita jadi riya. Jika sampai terjadi, maka itu jadi bahaya buat kita.

Riya dapat menghilangkan kebaikan pada diri kita. Membuat kita merasa lebih dibandingkan orang lain. Agar perasaan itu tidak muncul, segera ucapkan doa ini ketika mendapat pujian.

 

1 dari 5 halaman

Doa Dapat Pujian

اللَّهُمَّ لا تُؤَاخِذْنِي بِمَا يَقُولُونَ، واغْفِر لِي مَا لَا يَعْلَمُونَ واجْعَلْنِي خَيْراً مِمَّا يَظُنُّونَ

Allahumma la tuakhidzni bima yaquluhna waghfirli ma la ya'lamuna waj'alni khoiram mimma yadhunnuna.

Artinya,

" Ya Allah, jangan Engkau menghukumku karena pujian yang dia ucapkan, ampunilah aku atas kekuranganku yang tidak mereka ketahui dan jadikan aku lebih baik dari penilaian yang mereka berikan untukku."

Sumber: Bincang Syariah.

2 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Sifat Sombong Saat Belanja Baju Baru

Dream - Dunia fashion begitu cepat berkembang, tak bisa kita pungkiri. Setiap hari, pasti ada yang baru. Buat pecinta fashion, tentu tak ingin ketinggalan dengan model terbaru. Kalau bisa, rasanya ingin terus mengikuti perkembangan.

Belum lagi bicara soal belanja. Tidak bisa kita pungkiri, belanja pakaian baru jadi salah satu kebiasaan generasi kekinian. Apalagi sejak majunya teknologi. Belanja baju jadi jauh lebih mudah.

Fashion branded pun semakin menjamur. Harga mahal tak masalah, karena mengejar kualitas dari brand.

Buat kamu yang suka belanja pakaian khususnya branded, hati-hati ya. Jangan sampai aktivitas itu membuat kamu menjadi sombong.

Untuk itu, dianjurkan membaca doa ini setiap kali kamu mengenakan pakaian baru setelah belanja, biar tidak sombong.

 

3 dari 5 halaman

Doa Biar Tak Sombong Pakai Baju Baru

Doa Tidak Sombong Pakai Baju Baru© Dream.co.id

Allahumma lakal khamdu anta kasawtanihi as aluka khoirahu wa khoira ma shuni'a lahu wa 'audzubika min syarrihi wa syarri ma shuni'a lahu.

Artinya,

" Ya Allah, segala puji hanya bagimu. Engkaulah dzat yang memakaikan pakaian kepadaku. Maka aku memohon segala kebaikannya dan kebaikan lain yang lahir darinya. Aku juga memohon perlindungan dari segala keburukannya dan keburukan lain yang lahir darinya."

4 dari 5 halaman

Doa Membuka Paket Belanja Agar Menjadi Berkah

Dream - Apa yang kamu rasakan ketika mendengar orang berteriak paket di depan rumah'? Tentu kamu merasa senang dan ingin segera mengambil barang pesanan tersebut dan membukanya.

Dengan kegiatan belanja yang lebih banyak dilakukan secara online, kita jadi semakin terbiasa mendengar pengantar paket di depan atau sebelah rumah. 

Transaksi secara online diyakini lebih mudah dijalankan sekaligus aman. Orang juga tidak perlu repot harus datang ke penjual, cukup menunggu di rumah dan barang diantar.

Kita tentu mengharapkan kebaikan dan manfaat dari barang tersebut. Nah, agar berkah, dianjurkan membaca doa ini ketika membuka paket.

 

5 dari 5 halaman

Doa Buka Paket

Doa Terima Paket© Dream.co.id

Allahumma inni as'aluka khoirahu wa khoira ma jubila 'alaih, wa a'udzubika min syarri ma jubila 'alaihi.

Artinya,

" Ya Allah, kepada-Mu aku memohon kebaikan (barang ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan (barang ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya."

 

Beri Komentar