Doa dari Ayat Quran Saat Hadapi Masalah yang Terasa Buntu

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 8 Desember 2019 18:00
Doa dari Ayat Quran Saat Hadapi Masalah yang Terasa Buntu
Masalah terkadang bisa terasa begitu berat.

Dream - Setiap orang pasti akan diuji dengan masalah. Jika melihatnya secara positif, masalah itu adalah tahapan seseorang menjadi terlatih dalam menghadapi segala situasi.

Tentu, masalah yang dialami setiap orang ada kadarnya. Kadang begitu berat, sementara terasa ringan di hari lainnya.

Pun demikian dengan bentuknya. Berbeda-beda antara masalah satu orang dengan lainnya.

Setiap masalah tentu ada penyelesaiannya. Namun demikian, kita bisa pahami manusia ada batasnya.

Ada kalanya, kita merasa masalah yang dihadapi begitu berat. Sampai muncul perasaan seperti menemui jalan buntu.

Ketika mengalami hal ini, dianjurkan untuk berdoa kepada Allah. Doa ini terdapat dalam Al-Qur'an, tepatnya pada Surat Al-Kahfi ayat 10.

 

1 dari 6 halaman

Doa Alami Masalah Sangat Berat

 Doa Masalah Jalan Buntu© Dream.co.id

Rabbana atina min ladunka rahmataw wahayyi' lana min amrina rasyada.

Artinya,

" Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."

2 dari 6 halaman

Doa Khusus Ketika Bersin Saat Sedang Sholat

Dream - Bersin merupakan gejala tubuh yang kerap dialami manusia. Aktivitas ini terjadi karena beberapa sebab, bisa karena debu atau tubuh sedang tidak fit.

Mengenai waktunya bisa kapan saja. Termasuk ketika kita sedang sholat.

Ketika mengalami bersin, kita dianjurkan untuk mengucap lafal hamdalah. Ini merupakan sunah yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada umatnya.

Lafal yang mungkin sering kita baca adalah 'Alhamdulillahi rabbil 'alamin'. Tetapi, lafal itu ternyata bisa dibaca ketika bersin di luar sholat.

Saat bersin ketika sedang sholat, ada doa khusus yang bisa dibaca. Doa tersebut tercantum dalam riwayat Imam Abu Daud dari Rifa'ah bin Rafi' Al Zuraqi.

 

3 dari 6 halaman

Doa Bersin Saat Sholat

 Doa Bersin ketika Sholat© Dream.co.id

Alhamdulillahi hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fihi mubarokan 'alaihi kama yuhibbu rabbuna wa yardla.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan diberkahi di dalamnya dan diberkahinya atasnya, sebagaimana Tuhan kami cinta dan ridha."

4 dari 6 halaman

Faedah Tak Terhingga Saat Tak Lupa Berzikir Kala Bahagia

Dream - Mengingat Allah di manapun dan kapanpun adalah keharusan bagi setiap Muslim. Berzikir membuat kita selalu dekat dengan-Nya.

Banyak manfaat bisa kita dapat dari memberbanyak zikir. Di antaranya, kita bisa menjalani kehidupan dengan penuh kepasrahan.

Sayangnya, ada kecenderungan di antara kita berzikir hanya dalam keadaan sulit. Kita hanya mengharap bantuan Allah agar lepas dari masalah semata.

Kita begitu sulit berzikir di kala senang. Kenikmatan yang kita dapat sering membuat lupa untuk mengingat Allah.

Padahal, sangat dianjurkan memperbanyak zikir ketika dalam keadaan senang. Mengapa demikian?

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Zikir di Kala Senang

Dikutip dari Bincang Syariah, Imam An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar, menjelaskan Rasulullah berpesan kepada umatnya untuk tidak hanya mengingat Allah hanya dalam keadaan susah saja. Hendaknya berzikir juga dilakukan secara istikamah dalam keadaan senang.

Manfaat memperbanyak zikir di waktu senang sangat besar. Salah satunya, zikir saat senang bisa menjadi jalan memudahkan doa terkabul ketika sedang diterpa musibah atau kesusahan.

Hal ini seperti tertuang dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Siapa yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT ketika tertimpa kesulitan dan kesusahan, hendaknya memperbanyak doa ketika senang."

 

6 dari 6 halaman

Diinggat Allah Ketika Kita Dalam Kesulitan

Dalam hadis lain, Rasulullah mengingatkan kepada kita ketika mengingat Allah dalam keadaan senang, maka Allah akan mengingat kita sewaktu berada dalam kesempitan.

Riwayat ini merupakan pengingat agar umat Islam tidak pernah meninggalkan zikir terutama di kala senang. Kita juga diingatkan untuk tidak memohon sesuatu kepada Allah hanya dalam keadaan susah saja.

Allah sendiri juga mengingatkan hal ini dalam firman-Nya yang tertuang pada Surat Az Zumar ayat 8.

Dan apabila manusia itu ditimpa kemudharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan nikmat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah dia berdoa (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu.

Rasulullah sendiri adalah sosok yang rajin berzikir dalam segala keadaan. Zikir selalu mengalun dari bibir Rasulullah apapun kondisinya.

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar