Doa Dijauhkan dari Sifat Riya

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 23 Januari 2020 11:02
Doa Dijauhkan dari Sifat Riya
Riya bisa menghapus pahala dalam sekejap.

Dream - Kita mungkin sering mendapat petuah seperti ini, " Kalau berbuat kebaikan harus ikhlas" . Entah itu dari orangtua, saudara, tetangga, teman maupun dari ustaz.

Petuah itu ternyata mengandung makna mendalam. Karena ikhlas ternyata bukan perkara mudah.

Alasan mengapa ikhlas harus dikedepankan adalah karena ada bahaya riya yang mengintai. Riya akan muncul setiap kali kita melakukan kebaikan, bahkan saat beribadah.

Misalnya, ketika berbuat baik ada orang lain yang menyaksikan. Muncullah suara dalam hati yang condong membanggakan amalan baik tersebut.

Sedikit saja ada riya, amalan baik kita bisa jadi sia-sia. Sebab, riya tergolong syirik kecil dan samar terlihat.

Agar terhindar dari riya, dianjurkan membaca doa ini. Doa ini ada dalam hadis riwayat Bukhari.

 

1 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Riya

 Doa Terhindar dari RiyaDoa Terhindar dari Riya © Dream.co.id

Allahumma inni a'udzubika an usyrika bika wa ana a'lamu wa astaghfiruka lima la a’lamu.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan menyekutukan-Mu di saat aku mengetahui dan aku mohon ampunan dari sesuatu yang aku tidak mengetahui.

2 dari 5 halaman

Doa Sujud Sahwi Saat Lakukan Kekeliruan dalam Sholat

Dream - Setiap muslim yang menunaikan sholat selalu dianjurkan untuk menjalaninya dengan khusyuk. Segala hal yang bisa menganggu harus disingkirkan lebih dulu.

Sayangnya tidak sedikit dari kita yang sulit mencapai kekhusyukan. Ketika takbiratul ikram, ada saja pikiran datang mengganggu.

Entah itu ingat letak barang yang dicari atau teringat jawaban tugas yang dikerjakan. Tidak jarang pula membayangkan hal-hal tertentu.

Sering kali pikiran yang tiba-tiba datang itu membuat kita lupa gerakan sholat. Paling sering terjadi adalah jumlah rakaat sholat yang sudah ditunaikan.

Ketika hal ini terjadi, kita dianjurkan untuk melaksanakan sujud sahwi sebelum salam. Sujud dilaksanakan dua kali dengan diselinggi duduk sebentar lalu ditutup salam.

Saat melaksanakan sujud sahwi, berikut doa yang dibaca. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Abdullah bin Buhainah RA.

 

3 dari 5 halaman

Doa Sujud Sahwi

 Doa Sujud SahwiDoa Sujud Sahwi © Dream.co.id

Subhana ma la yanamu wa la yashu

Artinya,

" Maha Suci Allah, Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Diberikan Keamanan Saat Keluar Rumah

Dream - Bepergian keluar rumah sudah jadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas setiap orang. Di masyarakat modern, intensitas bepergian menjadi sangat tinggi.

Bepergian dengan sarana apapun tentu tidak lepas dari potensi bahaya. Kecelakaan atau hal buruk lainnya bisa saja terjadi.

Memang, kita perlu berhati-hati ketika sedang bepergian. Namun demikian, kita tidak bisa menolak hal buruk jika memang sudah waktunya terjadi.

Di situlah pentingnya mawas diri. Juga berharap kepada Allah agar perjalanan kita aman.

Dianjurkan membaca doa ini agar aman saat kita keluar dari rumah. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Imam Abu Daud, Imam Nasa'i dan Imam Ibnu Majah.

5 dari 5 halaman

Doa Aman Keluar Rumah

 doa aman keluar rumahdoa aman keluar rumah © Dream.co.id

Allahumma inni a'udzubika an adlilla aw udlalla aw azilla aw uzalla aw uzlama aw ajhala aw yujhala 'alayya.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tersesat atau aku menyesatkan, dari tergelincir atau aku digelincirkan, atau aku mendzalimi atau aku didzalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi."

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak