Doa-Doa Sholat Fardhu yang Penting untuk Diamalkan, Bisa Menambah Timbangan Pahala

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 26 Januari 2022 11:48
Doa-Doa Sholat Fardhu yang Penting untuk Diamalkan, Bisa Menambah Timbangan Pahala
Dengan mengamalkan doa ini, insya Allah kita akan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Dream – Di tengah-tengah sibuknya berkativitas sehari-hari, sebagai umat Islam tentu jangan sampai lupa akan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah SWT, yakni menjalankan sholat fardhu. Sholat fardhu ini wajib untuk dijalankan setiap harinya yang terdiri dari sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Dalam menjalankan sholat,  tidak hanya sekadar melakukan gerakan dan bacaan sholat saja. Tetapi semuanya harus dilakukan dengan niat yang baik dan sesuai dengan rukunnya. Sehingga sholat yang dikerjakan pun bisa benar-benar sah.

Setelah menyelesaikan sholat, alangkah lebih baik jika sahabat Dream meluangkan waktu sejenak untuk tetap berada di tempat sholat. Ya, kamu bisa memanjatkan doa-doa sholat yang diajarkan dalam Islam. Doa-doa sholat ini tentu saja sangat baik. Di mana sahabat Dream bisa memohon keselamatan dunia dan akhirat, memohon perlindungan dari hal-hal yang negatif, hingga memohon keselamatan untuk kedua orang tua.

Usahakan agar sahabat Dream konsisten untuk membaca doa-doa tersebut. Selain bisa memberikan ketenangan, hal ini juga membuat kamu lebih dekat kepada Allah SWT.

Nah, berikut adalah bacaan doa-doa sholat fardhu yang bisa kamu amalkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui 99.co.

1 dari 3 halaman

Doa-Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa-doa setelah Sholat Fardhu© Shutterstock.com

Ada beberapa doa-doa sholat fardhu yang bisa diamalkan oleh sahabat Dream. Doa-doa tersebut sangat baik untuk kehidupan di dunia dan juga di akhirat. Berikut adalah doa-doa sholat yang bisa dibaca setelah mengerjakan sholat fardhu:

Doa untuk Memuji Allah SWT

Sebelum berdoa kepada Allah SWT, akan lebih baik jika sahabat Dream tidak lupa untuk memuji nama Allah SWT. Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah kamu peroleh selama ini. Berikut adalah doa untuk memuji Allah SWT yang bisa kamu amalkan:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan yuwafi ni’amahu wa  yukafi u mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik.

Artinya:Dengan nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, kepujian yang sesuai mensyukuri nikmat-Nya, dan memohonkan kelebihan-Nya, ya Tuhan kami bagi-Mu segala puji, yang selayaknya dengan kebesaran-Mu dan kekuasaan-Mu, kesejahteraan dan keleselamatan atas junjungan kami Nabi Muhammad.”

Membaca Sholawat Nabi saw

Dalam doa-doa sholat fardhu, selanjutnya adalah membaca bacaan sholawat Nabi saw. Berikut adalah bacaan sholawat Nabi yang bisa kamu lafalkan:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Artinya:Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada Keluarga Nabi Muhammad.”

Doa Mohon Keselamatan di Dunia dan Akhirat

Doa-doa sholat fardhu selanjutnya yang penting untuk sahabat Dream baca adalah doa mohon keselamatan di dunia dan akhirat. Berikut adalah bacaannya yang bisa kamu hafalkan:

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

 

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabarokatan fir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab.

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau akan keselamatan Agama dan sehat badan, dan tambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapatkan rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami waktu (sekarat) menghadapi mati, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab.”

2 dari 3 halaman

Doa-Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa Mohon Perlindungan dari Sifat yang Negatif

Dalam hidup ini ada banyak sekali hal-hal negatif yang bisa sewaktu-waktu menghampiri. Sebagai upaya agar terlindung dari hal-hal negatif tersebut, maka jangan lupa untuk senantiasa memanjatkan doa setelah sholat fardhu untuk memohon agar selalu dilindungi oleh Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa mohon perlindungan dari sifat yang negatif:

اللَّهُمَّإِنِّىأَعُوذُبِكَمِنَالْعَجْزِوَالْكَسَلِوَالْجُبْنِوَالْهَرَمِوَالْبُخْلِوَأَعُوذُبِكَمِنْعَذَابِالْقَبْرِوَمِنْفِتْنَةِالْمَحْيَاوَالْمَمَاتِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya:Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.”

Doa Mohon Dijauhkan dari Penyakit Hati

Penyakit hati tak kalah berbahaya dengan penyakit fisik. Hal ini juga bisa membuat hidup merasa tidak tenang, bahkan dalam menjalankan ibadah pun juga tidak bisa fokus. Oleh karena itu, dalam doa-doa sholat hendaknya membaca doa agar dijauhkan dari penyakit hati yang bacaannya berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Allahumma inni a’udhu bika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qalbin la yakhsha’u wa min nafsin la tashba’u wa min da’watin la yustajabu laha.

Artinya: “ Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, hawa nafsu yang tidak pernah puas dan doa yang tidak dikabulkan.”

Doa untuk Keselamatan Kedua Orang Tua

Setelah itu, lanjutkanlah dengan membaca doa untuk keselamatan kedua orang tua berikut ini:

.رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Rabbanagh firlana dzunuubanaa wa liwaa-lidiinaa walimasyaayikhinaa wa limu’alli-mienaa wa liman lahuu h aqqun’ alain aa wa lim an ahabba wa ahsana ilaina wa likaaffatil mus limun a ajma’iin.

Artinya:Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat Islam.”

3 dari 3 halaman

Doa-Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa-doa setelah Sholat Fardhu© Shutterstock.com

Doa agar Permohonan dan Tobat Diterima

Setiap kesalahan yang kita lakukan akan bisa dimaafkan oleh Allah SWT jika kita mau bertobat dengan sungguh-sungguh. Dalam artian berniat untuk tidak mengulanginya kembali dan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut adalah doa agar permohonan dan tobat kita diterima Allah SWT:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbana taqabbal minna innaka antas-sami’ul-‘alim, wa tub ‘alaina innaka antat-tawwabur-rahim.

Artinya:Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Doa Sapu Jagat

Dalam doa-doa sholat, salah satu doa yang tidak pernah ditinggalkan adalah doa sapu jagat. Doa ini adalah untuk memohon perlindungan dari Allah SWT dan agar dihindarkan dari siksa api neraka. Berikut bacaan doa sapu jagat yang bisa kamu amalkan:

رَبَّنَاآتِنَافِيالدُّنْيَاحَسَنَةًوَفِيالْآخِرَةِحَسَنَةًوَقِنَاعَذَابَالنَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar.

Artinya:Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

Sholawat Nabi

Dan inilah doa-doa sholat yang terakhir sekaligus sebagai penutupb berupa sholawat Nabi. Berikut adalah bacaan sholawat yang bisa kamu lafalkan:

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar.

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Beri Komentar