10 Doa Harian yang Penting Dihafalkan, Mulai dari Doa sebelum Tidur sampai Doa Bepergian

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 26 Januari 2022 13:47
10 Doa Harian yang Penting Dihafalkan, Mulai dari Doa sebelum Tidur sampai Doa Bepergian
Doa-doa ini wajib untuk diketahui oleh setiap umat Islam.

Dream – Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, Sahabat Dream tentu ingin seluruh prosesnya berjalan lancar tanpa menemui hambatan apapun. Tugas atau pekerjaan lain biasanya akan menumpuk ketika aktivitas yang sedang dilakukan mengalami kendala. Belum lagi perasaan yang diselimuti dengan kekhawatiran hingga ketakutan.

Islam mengajarkan setiap umatnya agar selalu membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas apapun. Doa tidaklah bisa dianggap remeh karena sebagai bentuk komunikasi langsung manusia Sang Khalik. Doa juga mengajarkan manusia untuk menyadari posisinya sebagai makhluk yang tak mampu berdiri sendiri atau berbuat segala sesuatu tanpa bantuan dari Allah SWT.

Begitu juga ketika menemukan tantangan yang bisa datang sewaktu-waktu. Kita tidak akan mampu melewatinya tanpa bantuan Allah SWT. Tak dipungkiri kebutuhan untuk selalu memanjatkan doa hari-hari harus bisa Sahabat Dream hafal dan amalkan. Dari yang sederhana seperti doa sebelum dan sesuadah tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, serta masih banyak doa harian lainnya.

Dengan membaca doa harian ini, insya Allah kita semua akan diberikan kelancaran, kemudahan, serta perlindungan dari Allah SWT. Bahkan doa hari-hari tersebut tergolong pendek, sehingga mudah sekali untuk dihafalkan.

Nah, berikut adalah beberapa doa hari-hari yang bisa kamu amalkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Sehari-hari

Bacaan Doa Sehari-hari© Shutterstock.com

Doa sebelum Tidur

Sebelum tidur, ada baiknya jika sahabat Dream membaca doa terlebih dahulu. Doa ini akan melindungan kamu selama tidur serta dijauhkan dari mimpi buruk yang bisa membuatmu gelisah. Berikut adalah bacaan doanya yang pendek:

بِسْمِكَااللّٰهُمَّاَحْيَاوَبِاسْمِكَاَمُوْتُ

Bismikallaahumma ahyaa wa ammuut.

Artinya:Dengan menyebut nama Allah, aku hidup dan aku mati."

Doa Bangun Tidur

Tak hanya saat akan tidur saja, saat bangun pun sahabat Dream jangan lupa juga untuk membaca doa untuk mengucapkan syukur karena sudah dibangunkan kembali oleh Allah SWT. Berikut adalah bacaan doanya:

اَلْحَمْدُِللهِالَّذِىْاَحْيَانَابَعْدَمَآاَمَاتَنَاوَاِلَيْهِالنُّشُوْرُ

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru.

Artinya:Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan."

Doa Masuk Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi salah satu tempat di mana jin dan setan berada. Oleh karena itu, sebelum memasukinya sahabat Dream haruslah membaca doa terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan doa masuk kamar mandi:

اَللّٰهُمَّاِنّىْاَعُوْذُبِكَمِنَالْخُبُثِوَالْخَبَآئِثِ

Allahumma Innii a'uudzubika minal khubutsi wal khobaitsi.

Artinya:Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan."

Doa Keluar Kamar Mandi

Doa hari-hari yang berikutnya adalah doa saat keluar dari kamar mandi. Tidak hanya saat masuk saja, berdoa saat keluar kamar mandi juga sangat penting. Berikut adalah bacaan doanya yang bisa sahabat Dream hafalkan:

غُفْرَانَكَالْحَمْدُِللهِالَّذِىْاَذْهَبَعَنّىاْلاَذَىوَعَافَانِىْ

Ghufraanakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba 'annil adzaa wa 'aafaanii.

Artinya:Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa Sehari-hari

Doa saat Bercermin

Siapa yang setiap harinya tidak pernah melewatkan untuk bercermin? Ya, tidak sedikit dari laki-laki dan perempuan yang bercermin setiap harinya untuk memastikan bahwa penampilan mereka sudah sesuai dengan yang diinginkan. Meskipun tampak remeh, namun saat bercermin sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan doanya:

اَلْحَمْدُِللهِكَمَاحَسَّنْتَخَلْقِىْفَحَسِّـنْخُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

Artinya:Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

Doa Keluar Rumah

Doa hari-hari yang juga jangan lupa untuk dibaca adalah doa saat akan keluar rumah. Dengan membaca doa ini, kita berharap kepada Allah SWT agar selalu dalam lindungan-Nya ketika sedang melakukan aktivitas di luar. Berikut adalah bacaan doa keluar rumah yang sangat penting untuk dibaca:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Bismillaahi tawakkaltu 'alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi.

Artinya:Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah."

Doa Masuk Rumah

Setelah menyelesaikan segala aktivitas di luar rumah dan waktunya untuk pulang, sahabat Dream jangan lupa untuk membaca doa ketika akan masuk ke rumah. Berikut adalah bacaannya:

اَللّٰهُمَّاِنّىْاَسْأَلُكَخَيْرَالْمَوْلِجِوَخَيْرَالْمَخْرَجِبِسْمِاللهِوَلَجْنَاوَبِسْمِاللهِخَرَجْنَاوَعَلَىاللهِرَبّنَاتَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa.

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Doa sebelum Belajar

Bagi sahabat Dream yang saat ini sedang menuntut ilmu, tentu hal ini menjadi proses yang tidak mudah. Ada kalanya kamu akan berhadapan pada materi pelajaran yang terasa sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, penting untuk membaca doa hari-hari, yakni doa sebelum belajar agar diberikan kemudahan dalam menyerap pelajaran. Berikut adalah bacaan doanya:

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa.

Artinya:Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.”

Doa sesudah Belajar

Nah, setelah selesai belajar alangkah lebih baik jika menutupnya dengan membaca doa sesudah belajar. Doa ini untuk memohon kepada Allah SWT agar ilmu yang sudah didapat tidak segera hilang dan bisa digunakan ketika kamu sedang membutuhkan ilmu tersebut. Berikut adalah bacaan doa sesudah belajar:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin.

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam."

Doa saat Akan Bepergian

Doa hari-hari yang berikutnya dan penting untuk dibaca adalah doa saat akan bepergian. Baik itu untuk bepergian bersama keluarga maupun teman. Doa ini memohon agar perjalananmu diberikan kemudahan, kelancaran, dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut adalah doa saat akan bepergian yang bisa kamu baca:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin 'alainaa safaranaa hadzaa waatwi 'annaa bu'dahu. Alloohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya:Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

 

Beri Komentar