Doa Ini adalah Kunci Diijabah Allah SWT

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 14 April 2022 04:15
Doa Ini adalah Kunci Diijabah Allah SWT
Dalam Islam, ada mekanisme doa untuk mewujudkan keinginan. Dengan doa, kita memohon kepada Allah agar apa yang kita inginkan diijabah atau dikabulkan.

Dream - Semua orang tentu punya keinginan. Tetapi, tidak semua keinginan bisa terwujud.

Dalam Islam, ada mekanisme doa untuk mewujudkan keinginan. Dengan doa, kita memohon kepada Allah agar apa yang kita inginkan diijabah atau dikabulkan.

Namun begitu, kita tidak pernah tahu kapan Allah mengijabah doa kita. Kadang bisa sangat cepat, tidak jarang pula dalam waktu yang lama.

Mengijabah doa adalah hak yang hanya dimiliki Allah. Kita tidak bisa memaksakannya.

Meski demikian, ada lafal doa yang bisa menjadi kunci permohonan kita diijabah. Doa ini dibaca ketika kita memulai berdoa kepada Allah.

1 dari 5 halaman

Doa Pembuka© dream.co.id

Allahumma inni as'aluka bi anni asyhadu annaka antallahu, la ilaha illa antal ahadus shamad, alladzi lam yalid wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya,

" Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Kesulitan Segera Berlalu

Dream - Semua orang saat ini tengah mengalami kesulitan hidup. Banyak dari kita tidak bisa sekolah, bekerja, maupun berusaha.

Pandemi virus corona membuat kita kesulitan. Memiliki tinggal di rumah dan tak bisa pergi ke mana-mana agar tak tertular atau menulari virus corona kepada orang lain.

Alhasil, banyak hal yang terpaksa kita batalkan tanpa tahu kapan situasi seperti ini akan berakhir.

Sementara, kebutuhan tetap harus kita penuhi. Tak hanya soal pangan, namun juga usaha sekaligus relasi pertemanan dan persaudaraan perl dirawat.

Kita hanya bisa berpasrah diri menghadapi situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Tetapi, kita dianjurkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, agar kesulitan ini segera berlalu.

3 dari 5 halaman

Doa Kesulitan Segera Berlalu


Doa Kesulitan segera hilang© dream.co.id

La ilaha illallahal 'adhimul halim, la ilaha illallah rabbul 'arsyl 'adhim, la ilaha illallah rabbus samawatis sab'i wa rabbul ardli rabbul 'arsyil karim.

Artinya,

" Tiada Tuhan Selain Allah Yang Maha Agung lagi Maha Halus, Tiada Tuhan selain Allah, Penguasa ‘Arsy yang Agung, Tiada Tuhan Selain Allah, Penguasa Tujuh Langit, serta Penguasa Bumi wahai Penguasa ‘Arsy yang Mulia

 

4 dari 5 halaman

Doa Agar Harta Tak Jadi Fitnah Dunia

Dream - Di tengah situasi sulit akibat pandemi virus corona sekarang ini, setiap masyarakat diharapkan untuk saling membantu. Sebab, ada banyak sekali saudara kita yang mengalami kesusahan.

Tak hanya dengan uang, membantu bisa dilakukan dengan apapun sesuai kemampuan yang kita miliki. Bagi yang memiliki keahlian fisik, dapat menyalurkan bantuan dengan hal itu.

Bagi yang punya kelebihan harta, salurkan sebagian untuk kebutuhan pokok mereka yang kekurangan. Dengan begitu, mereka bisa tetap melangsungkan hidupnya.

Harta yang kita miliki sejatinya adalah titipan, bukan murni hasil jerih payah selama ini. Harta pun bisa menjadi sumber keburukan, bahkan menjadi fitnah.

Kebaikan akan tertutup karena kita enggan menyalurkan sebagian harta kita untuk orang lain. Bahkan harta bisa mengilangkan keutamaan dalam banyak hal.

Agar harta tak menjadi fitnah dunia, maka lebih baik salurkan sebagian kepada mereka yang membutuhkan. Langkah tersebut diiringi dengan membaca doa berikut.

5 dari 5 halaman


Doa Fitnah dari Harta© dream.co.id

Allahumma inni as-alukats tsabata fil amri, wal 'azimata ‘alar rusydi wa as-aluka syukro ni'matika wa as-aluka husna 'ibadatika wa as-aluka qolban saliman wa lisanan shadiqon wa as-aluka min khoiri ma ta’lamu wa a'udzubika min syarri ma ta’lamu wa astaghfiruka lima ta’lamu innaka anta 'allamul ghuyub.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ketetapan dalam semua urusan, dan semangat dalam kebenaran, dan aku memohon kepada-Mu untuk bisa mensyukuri nikmat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu untuk bisa beribadah kepada-Mu dengan baik, dan aku memohon kepada-Mu hati yang bersih, dan lisan yang jujur, dan aku memohon kepada-Mu kebaikan dari apa yang Engkau ketahui, dan aku berlindung kepada-Mu kejelekan dari apa yang Engkau ketahui, dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap apa yang Engkau ketahui, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sesuatu yang ghaib."

Beri Komentar