Doa Kelancaran Berbicara untuk Mengatasi Gugup dan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 13 Mei 2022 20:01
Doa Kelancaran Berbicara untuk Mengatasi Gugup dan Meningkatkan Kepercayaan Diri
Jika hendak berbicara di depan umum atau akan bertemu dengan orang penting, dianjurkan membaca doa kelancaran berbicara.

Dream - Doa kelancaran berbicara diucapkan ketika seseorang hendak berbicara di depan umum, atau bertemu dengan orang penting.

Tidak semua orang memiliki kemampuan berbicara yang sama antara satu sama lain. Apalagi saat berbicara di depan banyak orang, dibutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan mudah dipahami.

Orang yang belum terbiasa berbicara di depan khalayak umum, pasti akan merasa gelisah, gugup dan menurunnya kepercayaan diri. Sangking gugupnya, biasanya asam lambung akan naik dan menyebabkan sakit perut.

Di samping itu tidak banyak orang yang berani berbicara di depan umum. Sebab ia tidak memiliki kemampuan untuk mengatakan apa yang ada dalam pikirannya.

Maka dari itu, jika kamu hendak berbicara di depan umum atau akan bertemu dengan orang penting, dianjurkan membaca doa kelancaran berbicara. Doa kelancaran berbicara ini penting agar setiap kalimat yang kamu katakan bisa dipahami dengan mudah.

1 dari 3 halaman

Doa Kelancaran Berbicara

Doa kelancaran berbicara ini sering dibaca oleh Nabi Musa alahi salam. Bahkan doa ini juga diabadikan dalam Al-Quran surat Thaha ayat 25.

Berikut bunyi doa kelancaran berbicara yang perlu kamu ketahui:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahli shadri wa yassir li amri wahlul 'uqdatam mil lisani yafqahu qauli.

Artinya:

" Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku.

Bacaan doa tersebut sebagai cara untuk mengatasi rasa gugup dan cemas saat akan berbicara di depan umum atau saat hendak bertemu tokoh penting.

2 dari 3 halaman

Doa Kelancaran Berbicara untuk Anak yang Sulit Bicara

Selain untuk orang yang akan bicara di depan umum, ada pula doa kelancaran berbicara untuk anak yang mengalami kesulitan bicara.

Anak yang mengalami keterlambatan bicara bisa jadi disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya disebabkan oleh hambatan dari pendengaran, hambatan perkembangan otak, minimnya komunikasi dengan orang tua atau orang sekitar, dan lain sebagainya.

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan kondisi keterlambatan bicara, bawalah anak ke dokter untuk cek kesehatan. Selain itu, orang tua juga dianjurkan untuk terus berdoa memohon kepada Tuhan agar sang buah hati segera diberikan kemampuan untuk bicara.

Berikut doa kelancaran berbicara untuk anak:

Subhana man’ allamal insana maa lam ya’lam.

Artinya:

“ Maha suci Allah yang telah mengajarkan manusi sesuatu yang ia tidak ketahui.”

3 dari 3 halaman

Tips Lancar Berbicara di depan Umum

Tak hanya membaca doa kelancaran berbicara, Sahabat Dream juga perlu memerhatikan hal-hal tips lancar berbicara di depan umum berikut ini:

  1. Memahami materi yang akan disampaikan.
  2. Untuk mempermudah memahaminya, buatlahh poin-poin serta kuasailah materi pembahasan.
  3. Melatih interaksi dengan pendengar.
  4. Sering berlatih agar lidah tidak kaku dan salah pengucapan.
  5. Jika dalam konteks tidak resmi, cobalah untuk berinteraksi dengan pendengar atau melontarkan gurauan.
  6. Intonasi harus jelas.
  7. Bangun tingkat kepercayaan pendengar dengan melakukan kontak mata antara pembicara dengan audiens.
  8. Lakukan manajemen waktu dengan baik, berpenampilan sopan, bersih dan menarik.
  9. Tunjukkan sikap antusias saat berbicara agar menarik perhatian pendengar.
  10. Bahasa disesuaikan dengan pendengar agar pesan mudah diterima tanpa kesalahpahaman.

Itulah bacaan doa kelancaran berbicara beserta tips lancar bicara di depan umum. Dengan mengetahui bahasan di atas, diharapkan kamu bisa mengatasi gugup dan cemas ketika akan menghadapi audiens. Dengan izin Allah Swt lewat membaca doa kelancaran berbicara, kamu akan mampu melakukannya dengan baik.

Beri Komentar