Doa Ketika Ada Kerabat Pamit Bepergian

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 26 November 2021 06:01
Doa Ketika Ada Kerabat Pamit Bepergian
Doa ini menjadi bekal selama perjalanan.

Dream - Mobilitas menjadi satu aktivitas manusia yang sangat urgent. Perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain dilakukan semua orang setiap waktu dengan berbagai alasan.

Sehingga kita sudah tidak merasa aneh dengan aktivitas bepergian. Karena aktivitas itu sudah jadi bagian dalam hidup.

Perbedaan hanya terletak pada tujuan dari bepergian itu. Tentu setiap orang alasan sendiri-sendiri.

Apapun alasannya, bepergian adalah kegiatan yang berpotensi berisiko. Meski begitu, aktivitas ini harus tetap dijalankan dengan lebih mempertimbangkan pada tujuannya.

Karena itulah, ada anjuran untuk berpamitan. Ini diharapkan agar orang yang berpamitan mendapatkan doa ketika bepergian.

Ketika ada keluarga atau kerabat pamit untuk bepergian, bekali mereka dengan doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Saat Ada Orang Pamitan Pergi

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كُنْتَ

Astaudi'ullaha dinaka wa amanataka wa khowatima 'amalika zawwadakallahut taqwa wa ghafara zanbaka wa yassaro lakal khoira khaitsuma kunta.

Artinya,

" Aku menitipkan kepada Allah agamamu, amanahmu dan penutup amalmu. Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkan kebaikan kepadamu di mana pun kamu berada."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Untuk Keluarga yang Ditinggalkan Saat Bepergian

Dream - Salah satu hal yang menimbulkan kekhawatiran bagi kita saat bepergian adalah mengalami ujian di tengah perjalanan. Selama bepergian, segala bentuk bahaya dan keburukan bisa saja terjadi.

Karena itulah, kita selalu dianjurkan untuk memohon kepada Allah dengan membaca doa dilindungi selama dalam perjalanan. Tak lupa kita berusaha senantiasa waspada agar bahaya tidak terjadi.

Sebelum bepergian, kita sangat dianjurkan pula untuk berpamitan terutama pada keluarga. Agar keluarga menyaksikan dan mendoakan kepergian kita.

Ketika bepergian, kita tentu tidak bisa menjaga keluarga yang ditinggalkan. Sehingga, apapun yang terjadi pada keluarga adalah di luar kemampuan penjagaan kita.

Karena itu, ketika bepergian sangat dianjurkan mendoakan mereka. Usai pamitan, baca doa ini untuk memohonkan perlindungan bagi keluarga yang kita tinggalkan.

 

 

3 dari 5 halaman

Doa Untuk Keluarga yang Ditinggal Bepergian

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astaudi'ullaha dinaka wa amanataka wa khowatima 'amalika.

Artinya,

" Aku titipkan kepada Allah pemeliharaan agamamu, amanatmu, dan akhir penutup amalmu."

Sumber: Bincang Syariah.

4 dari 5 halaman

Doa Diberi Kemudahan Dalam Perjalanan, Insya Allah Selamat Sampai Tujuan

Dream - Tanpa disadari, apalagi prediksi, perjalanan yang kita tempuh sesungguhnya terkandung kesulitan di dalamnya. Penyebabnya semua yang ada di sekitar kita bersifat terbatas.

Sebagai contoh, kita hanya bisa membawa makanan dengan jumlah dan jenis yang terbatas selama dalam perjalanan. Sebab kita tidak mungkin mengolah makanan di jalan. Menentukan seberapa banyak makanan yang dibutuhkan adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan.  

Coba bandingkan ketika kita berada di rumah. Segalanya tersedia sehingga terasa mudah didapatkan.

Kesulitan lain yang bisa saja dihadapi adalah bahaya yang mengancam keselamatan. Membuat kita harus selalu waspada dan berusaha membiasakan diri membaca doa diberi keselamatan selama di perjalanan.

Berdoa adalah bentuk kepasrahan kita kepada Yang Kuasa setelah semua ikhtiar dilakukan. Dengan harapan sampai di lokasi tujuan dengan selamat, kita juga meminta doa perlindungan di perjalanan agar terhindar dari segala macam kesulitan dan marahbahaya. 

Ketika dalam perjalanan, kita tentu berharap kemudahan. Untuk mendapatkannya, dianjurkan membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Kemudahan Perjalanan

اللهمَّ الطفْ بي في تيسيرِ كلِّ عسيرٍ فإن تيسيرَ كلِّ عسيرٍ عليك يسيرُ وأسألُك اليسرَ والمعافاةَ في الدنيا والآخرةِ

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati.

Artinya,

" Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar