Doa Ketika Dilanda Kesedihan Mendalam

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 3 September 2019 09:01
Doa Ketika Dilanda Kesedihan Mendalam
Rasa sedih yang melanda bisa mendatangkan keterpurukan.

Dream - Kesulitan hidup hingga ditinggal pergi orang terkasih, merupakan kondisi yang mendatangkan kesedihan pada diri kita. Kondisi kini tidak kita hindari.

Perasaan sedih membuat seseorang menjadi lemah. Pun jika sangat mendalam, emosi seseorang bisa terpengaruh.

Rasa sedih datang semata dari Allah SWT bukan untuk membuat seorang hamba menjadi lemah. Ada hikmah di balik perasaan sedih itu, salah satunya agar selalu ingat Allah.

Namun begitu, kesedihan mendalam bisa menimbulkan dampak negatif. Jika tidak mengendalikannya, kita bisa menjadi terpuruk.

Ketika kita sedang sedih sekali, segeralah mengingat Allah. Panjatkan doa dan pasrahkan masalah kita kepada Allah semata.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa bagi kita ketika dilanda kesedihan. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Abu Daud.

 

1 dari 5 halaman

Doa Dilanda Kesedihan

 Doa Ketika Dilanda Kesedihan

Allahumma rahmataka arju fala takilniy ila nafsiy thorfata 'ainin, wa ashlihliy sya'niy kullahu la ilaha illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, Aku mengharapkan rahmat-Mu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tidak Tuhan yang berhak disembah selain Engkau."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Segera Melupakan Mantan

Dream - Mencintai lawan jenis merupakan fitrah manusia. Dengan cinta, manusia membangun rumah tangga dan melanjutkan keturunan.

Allah melengkapi hati manusia dengan perasaan cinta. Sehingga kita bisa membangun kasih luhur dengan ridha-Nya.

Namun begitu, sebisa mungkin kita tidak terlalu menghamba pada cinta. Karena bisa jadi cinta justru menimbulkan luka.

Kisah cinta yang berujung pada perpisahan tidaklah sedikit terjadi. Rasa sakit karena cinta berbalas luka dapat mengarahkan kita kepada kecenderungan negatif, mulai dari membenci hingga menyimpan dendam padanya.

Tetapi, patut kita pahami cinta hadir semata karena Allah SWT. Sehingga, kita tidak perlu kecewa terlalu dalam lantaran sudah mencintai orang yang tak pantas dicintai.

3 dari 5 halaman

Doa Mengendalikan Hati, Melupakan Mantan

Agar dapat melupakan mantan kekasih segera mungkin, dapat membaca doa ini. Doa ini berasal dari Rasulullah Muhammad SAW.

Tetapi, Rasulullah tidak mengajarkannya tidak khusus untuk persoalan melupakan mantan namun untuk kita yang sudah tidak mampu mengendalikan hati.

 Doa Lupakan Mantan

Allahumma, musharrifal qulub sharrif qulubana ila tha'atika. 

Artinya,

" Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu.

4 dari 5 halaman

Doa Diberi Kelancaran Usaha Seperti Diajarkan Sahabat Rasul

Dream - Dalam menjalankan usaha, tidak pernah selamanya lancar. Ada kalanya, usaha tersendat hingga hampir gulung tikar.

Menjadi pengusaha memang butuh mental tahan banting. Karena segala kesulitan dan ketidakpastian selalu menghantui.

Mental yang kuat tidak akan membuat kita jatuh. Terkadang beberapa orang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali bangkit dari keterpurukannya.

Di saat susah sepertinya ini tak ada jalan lain selain tetap bersandar kepada Allah. Memohon kepadanya usaha yang kita jalankan selalu diberi kelancaran.

Agar mendapat berkah, sudah seharusnya kita memohon kepada Alla dengan memanjatkan doa diberi kelancaran usaha. Doa tersebut dibaca oleh Sahabat Zaid bin Tsabit untuk kelancaran bisnisnya.

 

5 dari 5 halaman

Doa Kelancaran Usaha

 Doa Kelancaran Usaha

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali muhammadin hatta la yabqo min sholatika syai-un wa barik 'ala muhammadin wa 'ala ali muhammadin hatta la yabqo min barokatika syai-un warham muhammadan wa ala muhammadin hatta la yabqo min rohmatika syai-un wa sallim 'ala muhammadin wa 'ala ali muhammadin hatta la yabqo min salamika syai-un.

Artinya,

" Ya Allah, limpahkan shalawat kepada junjungan kami, Muhammad, dan keluarganya sehingga tidak tersisa sedikitpun dari shalawat-Mu, dan berkahilah Muhammad dan keluarganya sehingga tidak tersisa sedikitpun dari keberkahan-Mu, dan kasihilah Muhammad dan keluarganya sehingga tidak tersisa sedikitpun dari rahmat-Mu, dan selamatkan Muhammad dan keluarganya sehingga tidak tersisa sedikitpun dari keselamatan-Mu."

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie