Doa Ketika Dilanda Perasaan Takut

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 23 November 2021 20:01
Doa Ketika Dilanda Perasaan Takut
Rasa takut adalah hal wajar terjadi pada manusia.

Dream - Rasa takut ada pada diri setiap makhluk. Perasaan ini menjadi mekanisme pertahanan diri ketika menghadapi peristiwa yang buruk.

Sehingga, ketakutan menjadi hal wajar ketika bertemu dengan situasi kurang nyaman. Terlebih jika situasi tersebut mengandung bahaya.

Ketakutan tidak untuk dituruti namun perlu dilawan. Memang, keberanian tidak bisa muncul dengan sendirinya dan butuh dilatih.

Namun demikian, kita harus selalu ingat ada Allah. Sebab, perlindungan terbaik hanya datang dari-Nya.

Rasa takut biasanya muncul saat kita berada di tempat yang gelap. Meski ada sebab lain yang bisa memicu ketakutan.

Ketika dilanda perasaan takut, dianjurkan untuk mengatasinya dengan membaca doa yang diriwayatkan Imam Abu Daud dan Imam An Nasai ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Saat Takut

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُوْرِهِمْ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شُرُوْرِهِمْ

Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzubika min syururihim.

Artinya,

" Ya Allah, kami menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."

Sumber: Harakah.id

2 dari 5 halaman

Doa Mengusir Kekhawatiran Akibat Pandemi Corona

Dream - Pandemi virus corona Covid-19 telah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan hingga ke kampung-kampung.

Angka penderita Covid-19 dari hari ke hari terus meningkat. Bukan hanya di DKI Jakarta namun juga daerah lain.

Kondisi semacam ini tentu membuat kita merasa khawatir. Meski sudah melakukan upaya pencegahan, ada ketakutan jika sampai tertular.

Kekhawatiran tertular atau mungkin menulari orang lain itulah yang membuat orang berusaha tinggal di rumah. Mencegah keluarga kita yang dekat maupun jauh di kampung halaman menerima akibat kesembronoan kita nekat pergi di saat ada wabah.

Sebaik-baiknya mengusir kecemasan dan kekhawatiran ini hanyalah dengan berdoa memohon pelrindungan Allah SWT. Untuk meminta dihilangkan rasa takut itu, dianjurkan membaca doa ini. 

3 dari 5 halaman

Doa Usir Kekhawatiran

Doa Tak Khawatir© dream.co.id

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang."

4 dari 5 halaman

Doa Ketika Khawatir Kesehatan Menurun

Dream - Musim hujan seperti sekarang ini seringkali membuat kita sakit. Kelelahan bekerja lalu terkena dinginnya udara karena hujan, penyakit sering kali datang.

Tetapi, kekhawatiran akan muncul lebih besar di situasi sekarang ini. Penyebabnya, virus corona menyebar di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Virus ini menyebabkan penyakit seperti flu namun dampaknya lebih berat. Selain demam dan batuk, virus corona baru yang dinamai Covid-19 ini dapat membuat sesak napas akibat radang tenggorokan.

Tentu, situasi sekarang ini membuat kita merasa khawatir. Terutama ketika kondisi kesehatan sedang menurun.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah makan makanan bergizi, konsumsi vitamin. Selain itu, dianjurkan membaca doa ini untuk mengusir kekhawatiran akibat menurunnya kesehatan.

5 dari 5 halaman

Doa Ketika Khawatir Kesehatan Menurun

Doa Khawatir Menurunnya Kesehatan© dream.co.id

Ya hayyu, ya qoyyumu, ya wahidu, ya majidu, yabaru, ya karimu, ya rahimu, ya ghaniyyu, tammim 'alaina ni'mataka wa hab lana karamataka wa albisna 'afiyataka.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Hidup, wahai Dzat Yang Berdiri Sendiri, wahai Dzat Yang Esa, wahai Dzat Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Melimpahkan Kebaikan, wahai Dzat Yang Mulia, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, wahai Dzat Yang Maha Kaya, sempurnakan nikmat-Mu atas kami, berikan kemuliaan-Mu kepada kami, dan pakaikan kesehatan-Mu kepada kami."

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More