Doa Ketika Dicekam Ketakutan

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 17 Januari 2020 06:01
Doa Ketika Dicekam Ketakutan
Ketakutan membuat kita merasa tidak nyaman.

Dream - Ketakutan merupakan hal lumrah pada manusia. Rasa takut biasanya muncul ketika seseorang merasa dalam bahaya karena kejahatan manusia atau pikiran tentang makhluk halus.

Takut juga bisa muncul ketika berada di tempat gelap atau sepi. Rasa takut menimbulkan kewaspadaan pada seseorang.

Memang, kita perlu berhati-hati dan menjaga diri. Tetapi, mengatasi rasa takut tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri.

Ketika mengalami ketakutan, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dan Imam An Nasa'i.

1 dari 5 halaman

Doa Saat Ketakutan

 Doa Saat TakutDoa Saat Takut © Dream.co.id

Allahumma inna naj'alaka fi nuhurihim wa na'udzubika bin syururihim.

Artinya,

" Ya Allah, kamu menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."

2 dari 5 halaman

Doa agar Segala Kesulitan Hidup Hilang

Dream - Kita tentu pernah atau bahkan sedang mengalami kesulitan hidup. Dalam kondisi ini, kita merasa begitu berat menjalani hidup.

Kesulitan memang tidak bisa kita tolak. Karena kondisi ini datang tidak hanya ketika kita sedang berada dalam kelemahan namun juga saat kuat.

Justru kesulitan akan semakin berat dihadapi ketika kita sedang dalam keadaan kuat. Seperti ketika punya harta berlebih ataupun kemampuan yang tidak dimiliki orang lain.

Tetapi, kesulitan apapun sebenarnya bisa dilewati. Selama kita sabar, pasti ada jalan.

Agar dihindarkan dari berbagai kesulitan, kita dianjurkan mengucap doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan

 Doa Dihindarkan dari KesulitanDoa Dihindarkan dari Kesulitan © Dream.co.id

Allahumma inni as aluka bismikal ahadil a'azzi wa ad'uka allahumma bismikal ahadish shomadi wa ad'uka bismikal adzimil witri wa ad'uka allahumma bismikal kabiril muta'ali alladzi tsabatat bihi arkanuka kulluha an taksyifa 'anni ghamma ma ashbahtu wa amsaitu fihi.

Artinya,

" Ya Allah, saya memohon kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Esa dan Mulia, dan saya berdoa kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Esa dan tempat bergantung, saya berdoa kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Agung dan Ganjil, dan saya berdoa kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Besar dan Luhur, yang dengan-Nya semuanya bisa tetap, agar Engkau menghilangkan dari saya sesuatu yang setiap pagi dan sore (menyulitkan) saya."

4 dari 5 halaman

Doa Memperbaiki Urusan Dunia Agar Bernilai Kebaikan

Dream - Kehidupan di dunia tidak selamanya berkualitas. Sadar atau tidak, kita kadang melakukan aktivitas yang mungkin kurang baik.

Seperti sibuk dengan hal-hal remeh hingga melupakan yang terpenting. Belum lagi soal ibadah, kadang suka menunda.

Apalagi ketika mendapat kesulitan. Kita terbiasa mengeluh meski hanya lewat kata-kata.

Tentu, kondisi-kondisi tersebut kerap membuat kita merasa tak nyaman. Kita pun terdorong untuk mengubahnya agar menjadi lebih baik.

Dalam kondisi tersebut, dianjurkan membaca doa yang terdapat dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA.

 

5 dari 5 halaman

Doa Memperbaiki Urusan Duniawi

 Doa Memperbaiki Urusan DuniawiDoa Memperbaiki Urusan Duniawi © Dream.co.id

Allahumma ashlih li dinilladzi huwa 'ishmatu amri, wa ashlih li dunyayal lati fiha ma'asyi, wa ashlih li akhiratil lati fiihaa ma'adi, waj'alil hayata ziyadatan li fi kulli khoirin, waj'alil mauta rahatan li min kulli syarrin.

Artinya,

" Ya Allah ya Tuhanku, perbaikilah bagiku agamaku sebagai benteng urusanku, perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan."

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis