Doa Ketika Tak Mampu Bersedekah Meski Sangat Ingin

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 14 Februari 2020 20:01
Doa Ketika Tak Mampu Bersedekah Meski Sangat Ingin
Sedekah memang banyak manfaatnya, tapi ada kalanya kondisi tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Dream - Ketika ada rezeki, kita dianjurkan untuk berbagi, membantu mereka yang kekurangan maupun kesusahan.

Islam menganjurkan umatnya untuk bersedekah dengan apapun. Baik makanan, uang, apa saja, dan dilakukan dengan semangat keikhlasan.

Sedikit rezeki yang kita sedekahkan sangat bermanfaat bagi mereka yang kekurangan. Mereka terbantu lantaran beban yang harus dipikul sedikit berkurang.

Manfaat sedekah tidak hanya diterima satu pihak namun baik antara pemberi maupun penerima.

Sayangnya, ada kalanya kita tidak mampu bersedekah karena keadaan. Padahal, dalam hati sudah muncul keinginan kuat untuk bersedekah.

Ketika tidak mampu bersedekah, dianjurkan membaca doa ini sebagai penggantinya.

1 dari 6 halaman

 Doa Tak Bisa SedekahDoa Tak Bisa Sedekah © Dream.co.id

Allahumma sholli 'ala muhammadin 'abdika wa rasulika wa sholli 'alal mu'minina wal mu'minati wal muslimina wal muslimati.

Artinya,

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 6 halaman

Doa Shalawat Agar Terhindar dari Penyakit

Dream - Tubuh sehat adalah idaman bagi semua orang. Kehadiran penyakit, terlebih masuk kategori parah, adalah momok yang dihindari manusia dalam hidup.

Penyakit membuat tubuh manusia melemah dan dalam kondisi paling parah menyebabkan kematian. Serangan penyakit bisa mengintai siapa saja dan kapan saja. Bahkan dengan cara yang tidak kita sadari.

Seperti kondisi sekarang ini. Wabah virus corona menyebar dan menyebabkan angka kematian meningkat dari hari ke hari.

Muncul banyak dugaan bagaimana virus itu bekerja. Namun demikian, belum ada yang bisa memastikan bagaimana virus tersebut pertama kalinya bisa tersebar.

Agar terhindar dari penyakit, kita perlu membuat tubuh selalu prima. Caranya dengan olahraga rutin, mengonsumsi makanan sehat, serta selalu menjaga kebersihan badan.

Selain itu, dianjurkan memohon perlindungan kepada Allah. Salah satunya dengan melafalkan shalawat di bawah ini.

 

3 dari 6 halaman

Shalawat Terhindar dari Penyakit

 Shalawat terhindar dari penyakitShalawat terhindar dari penyakit © Dream.co.id

Allahumma sholli wa sallim 'ala sayyidina muhammadin wa 'alal anbiyai wa mursalin wa alihim wa shohbihim ajma'ina ta'dilul mushollina 'alaihi.

Artinya,

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan kepada para nabi dan para utusan, kepada seluruh keluarga mereka dan sahabat mereka. Shalawat tersebut dapat mengimbangi shalawat orang-orang yang membaca shalawat kepadanya."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 6 halaman

Dua Surat Pendek yang Dianjurkan Dibaca Usai Doa Selesai Makan

Dream - Tidak bisa kita sanggah, makan adalah salah satu kebutuhan utama semua makhluk. Dengan makanan, kita mendapatkan energi sehingga bisa melanjutkan aktivitas.

Makanan juga sebagian dari rezeki yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala kepada hamba-hamba-Nya. Juga sebagai wujud kasih sayang Allah.

Karena makanan memberikan dampak pada tubuh pemakannya, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bahan yang baik. Bagi umat Islam sangat dianjurkan makan makanan halalan thoyyiban, yaitu bahan pangan halal lagi baik.

Ini agar makanan memberikan manfaat terbaiknya pada seorang Muslim. Menjadikannya sehat selalu dan selalu bersemangat beribadah.

Usai makan, dianjurkan untuk berdoa sebagai perwujudan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah. Ada banyak jenis doa yang bisa dibaca usai makan.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca dua surat dalam Alquran. Dua surat tersebut yaitu Al Ikhlas dan Quraisy, seperti disebutkan Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumiddin.

 

5 dari 6 halaman

Surat Al Ikhlas

 Surat Al IkhlasSurat Al Ikhlas © Dream.co.id

Qul huwallahu ahad, Allahush shomad, lam yalid wa lam yulad, wa lam yakul lahu kufuwan ahad.

Artinya,

" Katakanlah: 'Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

 

6 dari 6 halaman

Surat Quraisy

 Surat QuraisySurat Quraisy © Dream.co.id

Li ila fiquraisy, ila fi him rikhlatasysyitai wash shoif, walya'budu rabba hadzal bait, alladzi ath'amahum min ju'i, wa amanahum min khouf.

Artinya,

" Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas, maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Kabah), yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam