Doa Khatam Alquran, Berisi Kebaikan Dunia dan Akhirat

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 19 November 2019 06:01
Doa Khatam Alquran, Berisi Kebaikan Dunia dan Akhirat
Khatam Alquran tentu menghadirkan kebahagiaan tersendiri

Dream - Sudah menjadi pemahaman bersama, Alquran adalah Kitab Suci sekaligus penuntut hidup umat Islam. Kitab ini mengajarkan segala hal dalam kehidupan.

Umat Islam selalu dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan isi Alquran dalam hidup. Setiap ajaran dalam Alquran akan mengantarkan manusia kepada kehidupan yang lebih baik.

Membaca Alquran sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan umat Islam. Alquran menjadi sumber pengetahuan dan tuntutan umat.

Karena itulah, ilmu Alquran berkembang. Dari cara baca Alquran yang baik saja melahirkan Ilmu Tajwid.

Sebab kemuliaan yang terkandung dalam setiap ayat Alquran, dianjurkan untuk membaca doa setiap kali khatam membaca Alquran. Doa ini mengandung kebaikan di dunia maupun akhirat.

 

1 dari 5 halaman

Doa Khatam Alquran

 Doa Khatam Alquran

Allahumma inna 'abiduka banu 'abidika banu imaika nawashina biyadika madhin fina hukmuka 'adlun fina qodhouka nasaluka bi kullismin huwa laka sammaita bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitabika aw 'allamtahu ahadan min kholqika awista'tsarta bihi fi 'ilmil ghaibi 'indaka an tak'alal qurana robi'a qolbi wa nuro shudurona wa jala a ahzanina wa dzahaba ghumuminaa wa saiqina wa qo-idina ilaika wa ila jannatika jannatin na'im wa darika daris salam ma'al ladzina an'amta 'alaihim minan nabiyyina was shiddiqqina wasy syuhadaai was shalihina birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya,

" Ya Allah ya Tuhan kami, kami semua hamba-Mu putra hamba-Mu laki laki dan hamba-Mu perempuan. Ya Allah kami memohon kepada-Mu, bertawasul dengan semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau gunakan untuk menyebut diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Engkau ajarkan kepada seorang dari hamba-Mu atau Engkau simpan dalam ilmu ghaib-Mu, jadikanlah Alquran sebagai taman hati kami, cahaya dada kami, pengusir kesusahan dan kegundahan kami, penuntun kami pada-Mu dan pada surga-Mu, surga kenikmatan, pada rumah-Mu rumah keselamatan, beserta orang-orang yang Engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, para orang shaleh dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Istiqamah Mengikuti Sunah Rasulullah

Dream - Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok manusia yang penuh dengan kebaikan. Sifat, perilaku, hingga tutur katanya selalu mengandung kebaikan.

Sehingga patutlah kiranya Rasulullah menjadi teladan semua manusia. Karena semua yang ada pada Rasulullah adalah kebaikan.

Bagi umat Islam, mencontoh segala yang ada pada diri Rasulullah adalah keharusan. Meski tidak semua orang bisa menjalankan seluruh sunah Sang Nabi, mulai dari bangun tidur hingga kembali terlelap.

Meski begitu, tentu kita perlu terus berupaya menjalankan sunah dan tuntunan Rasul. Niatkan semata menunjang amalan ibadah kita.

Agar kita bisa istiqamah menjalankan sunah yang dicontohkan Rasulullah, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Al Baihaqi dari Ibnu Umar RA.

 

3 dari 5 halaman

Doa Istiqamah Jalankan Sunah Nabi

 Doa Istiqamah Ikuti Sunah

Allahumma ahyini 'ala sunnati nabiyyika shallallahu 'alaihi wa salama wa tawaffani 'ala millatihi wa a'idzni min mudhillatil fitan.

Artinya,

" Ya Allah, hidupkan aku dengan senantiasa mengikuti sunnah nabi-Mu, Muhammad SAW, matikan aku di atas agamanya, dan lindungi aku dari fitnah-fitnah yang menyesatkan."

4 dari 5 halaman

Doa Mohon Perlindungan Saat Datang Angin Kencang

Dream - Musim hujan kini telah tiba. Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia telah diguyur air hujan.

Ada kalanya hujan turun sangat lebat bahkan cenderung ekstrem. Selain air, terkadang hujan lebat ini disertai angin kencang. Saking kencangnya, kekuatan angin bisa membuat pohon tumbang. Bahkan bisa merusak atap rumah.

Peristiwa pohon tumbang akibat angin kencang banyak terjadi di sekitar kita. Tentu tak pernah ada yang berharap kerusakan dari angin tersebut.

Ketika ada angin bertiup sangat kencang, memohon perlindungan kepada Allah dengan doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Angin Kencang

 Doa angin kencang

Allahumma inni as'aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma ursilat bihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya,

" Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya."

Beri Komentar
Anak Millenial Wajib Tahu, Ini Tips Umroh Tenang Tanpa Utang