Doa Mau Tidur, Manfaat Membacanya dan Adab yang Dilakukan Nabi SAW Sebelum Tidur

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 10 Desember 2021 15:48
Doa Mau Tidur, Manfaat Membacanya dan Adab yang Dilakukan Nabi SAW Sebelum Tidur
Dengan membaca doa mau tidur, maka kita akan selalu ingat pada Allah SWT apapun kondisinya.

Dream – Membiasakan diri membaca doa mau tidur adalah hal yang sangat baik. Mungkin saja sahabat Dream selama seharian sudah sangat lelah dengan berbagai aktivitas. Lalu sesampainya di rumah ingin segera rebahan di tempat tidur dan bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas. Namun, sebelum memejamkan mata usahakan terlebih dahulu untuk membaca doa mau tidur.

Dengan berdoa sebelum tidur, bisa mendukungmu mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamu akan terhindar dari adanya mimpi buruk dan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Hingga nanti saatnya kamu bangun lagi dengan tubuh yang lebih segar.

Doa mau tidur ini pun biasanya sudah diajarkan oleh para orang tua kepada anak-anaknya sejak masih kecil. Begitu juga guru-guru di sekolah juga mengajari murid-muridnya doa tersebut. Apalagi doa mau tidur sangatlah pendek. Sehingga mudah sekali untuk dihafalkan.

Berikut adalah doa mau tidur yang dilengkapi dengan manfaat membaca doa mau tidur dan adab-adab saat tidur yang juga dilakukan oleh Nabi Muhammad saw, sebagaimana telah dikutip oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Doa Mau Tidur

Doa Mau Tidur© Freepik.com

Bagi sahabat Dream yang sudah bersiap untuk tidur, usahakan jangan langsung memejamkan mata. Tetapi panjatkanlah doa mau tidur terlebih dahulu seperti yang sudah diajarkan dalam Islam. Doa inilah yang akan menjagamu selama tidur. Dalam kitab Al-Adzkar karya Syekh Abu Zakariya Muhyiddin an-Nawawi, doa mau tidur yang bisa kamu baca adalah sebagai berikut sebagaimana dikutip melalui jatim.nu.or.id

بِاسْمِكَاللهُمَّأَحْيَاوَأَمُوْتُ 

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Doa Mau Tidur

Manfaat Membaca Doa Mau Tidur© Pixabay.com

Setelah mengetahui bacaan doa mau tidur, tentunya sahabat Dream juga penasaran tentang apa sebenarnya manfaat di balik membaca doa tersebut. Ya, ada satu manfaat yang sangat istimewa dari doa tersebut. Sehingga setiap umat Islam pun dianjurkan untuk membacanya.

Seperti dikutip dari suaramerdeka.com, saat kita sedang tertidur maka saat itulah Allah SWT memegang jiwa orang-orang yang belum meninggal dunia. Nah, saat Allah SWT mengembalikan jiwanya, maka orang tersebut bisa bangun kembali dan menjalani aktivitas seperti manusia pada umumnya.

Tetapi jika Allah SWT tidak mengembalikan jiwa tersebut, maka orang itu dinyatakan meninggal dunia. Kita tentunya tidak tahu kapan ajal itu akan menjemput. Bisa saja saat kita tidur tidak akan bangun lagi.

Jadi, Islam mengajarkan kepada umatnya agar membaca doa mau tidur. Hal ini membuat kita selalu mengingat Allah SWT, meski sedang tidur sekali pun. Jika suatu hari jiwa kita tidak dikembalikan atau meninggal dunia, maka kita akan meninggal dalam kondisi mengingat Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Adab sebelum Tidur

Adab sebelum Tidur© Pixabay.com

Nabi Muhammad saw selalu memberikan contoh-contoh yang baik kepada umatnya agar bisa diikuti. Tak terkecuali adab saat mau tidur. Ada beberapa hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw semasa hidupnya sebelum tidur termasuk membaca doa mau tidur. Berikut adalah adab-adab sebelum tidur sebagaimana dikutip melalui Merdeka.com.

Berwudhu

Adab pertama yang diajarkan Nabi Muhammad saw sebelum tidur adalah berwudhu. Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis dari Al Baro’ bin ‘Azib, Rasulullah saw bersabda yang artinya sebagai berikut:

Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk sholat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berbaring pada Sisi Kanan   

Islam mengajarkan agar saat tidur berbaring pada sisi sebelah kanan. Bukan hanya karena dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw saja, tetapi juga tidur dengan posisi ini bisa memberikan manfaat.

Ibnu Qoyyim menjelaskan tentang manfaat tidur di posisi kanan sebagai berikut:

Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun sholat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas).” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322).

Tidak Tidur Tengkurap

Saat sedang tidur disarankan agar tidak tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah saw dan juga telah dijelaskan dalam hadis dari Ya’isy bin Thokhfah Al-Ghifariy, dari bapaknya ia berkata:

Ketika itu aku sedang berbaring tengkurap di masjid karena begadang dan itu terjadi di waktu sahur. Lalu tiba-tiba ada seseorang menggerak-gerakkan dengan kakinya. Ia pun berkata, ‘Sesungguhnya ini adalah cara berbaring yang dibenci oleh Allah.’ Kemudian aku pandang orang tersebut, ternyata ia adalah Rasulullah saw.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Tidur di Awal Malam

Adab lainnya sebelum tidur adalah tidur di awal malam. Nah, usahakan agar sahabat Dream tidak begadang jika memang tidak ada urusan yang sangat penting. Hal ini bisa mengganggu kesehatan dan juga bisa membuat sulit untuk sholat tahajud hingga bangun kesiangan.

Diriwayatkan dari Abi Barzah, Nabi saw bersabda:

Rasulullah saw membenci tidur sebelum sholat isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari).

Nabi saw tidaklah suka dengan tidur begadang ini. Hal ini juga dijelaskan oleh Ibnu Bathol:

Nabi saw tidak suka begadang setelah sholat isya karena beliau sangat ingin melaksanakan sholat malam dan khawatir jika sampai luput dari sholat subuh berjamaah. Umar bin Khattab sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah sholat isya, beliau mengatakan, ‘Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap’.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3/278, Asy Syamilah).

Beri Komentar