Doa Melihat Kabah Secara Langsung Saat Haji atau Umroh di Tanah Suci

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 12 Mei 2022 20:00
Doa Melihat Kabah Secara Langsung Saat Haji atau Umroh di Tanah Suci
Ketika menyaksikan Kabah, dianjurkan untuk membaca doa berikut ini.

Dream - Minat masyarakat untuk beribadah ke Tanah Suci sangat tinggi. Hal ini menyebabkan banyaknya antrean porsi haji dan umroh. Selain itu, meningkatnya ekonomi dan mudahnya perjalanan ke Tanah Suci menjadi faktor yang mendorong untuk melaksanakan rukun Islam ke-5 tersebut.

Kabah yang menjadi kiblat umat Islam adalah tempat paling mulia dan utama untuk dikunjungi. Kabah merupakan bangunan yang diagungkan dalam Islam. Ketika menyaksikan Kabah, dianjurkan untuk membaca doa ini.

Setiap umat Muslim pasti ingin pergi ke sana. Meski Kabah bisa dilihat banyak orang lewat foto atau rekaman video. Namun kenikmatan tersendiri jika bisa menyaksikan Kabah secara langsung. Saat melihat rumah Allah tersebut, dianjurkan untuk membaca doa melihat Kabah.

Berikut kumpulan bacaan doa melihat Kabah dan Hajar Aswad yang bisa kamu baca saat mengunjunginya.

1 dari 3 halaman

1. Doa Melihat Kabah

Melihat Kabah dan beribadah di sekitarnya menjadi keinginan kuat yang tertanam dalam jiwa sebagian besar umat Islam. Melihat Kabah secara langsung akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Sebab Kabah telah dijaga langsung oleh Allah Swt, sehingga terjaga kesuciannya.

Lantaran saking sucinya Kabah, ada baiknya seorang Muslim membaca doa melihat Kabah. Ini dimaksudkan agar kemuliaan Kabah semakin besar seiring berjalannya waktu. Berikut bacaan doa melihat Kabah yang perlu kamu ketahui:

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ وَاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

Allahumma zid haadzal baita tasyriifan wa ta'dhiiman wa takriiman wa mahaabatan. Wa zid man syarrafahu wa 'adhdhomahu wakarromahu mimman hajjahu awi'tamarohu tasyriifan wa ta'dhiiman wa takriiman wa birron.

Artinya:

" Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (Kabah) ini. Dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan."

2 dari 3 halaman

2. Doa Melihat Hajar Aswad

Ilustrasi© Pixabay.com

Hajar Aswad merupakan sebuah batu di dekat Kabah yang dijadikan patokan dimulainya thowaf. Satu putaran penuh saat mengelilingi Kabah dihitung mulai dari hajar Aswad hingga bertemu kembali dengan batu hitam tersebut di sisi kiri.

Menurut catatan sejarah Islam, batu ini berasal dari surga dan dipercaya dapat menjadi lantaran penghapusan dosa-dosa manusia. Maka tak heran setiap Muslim sangat ingin menyentuh hingga menciumnya.

Tak hanya doa melihat Kabah, saat melihat Hajar Aswad pun Sahabat Dream juga dianjurkan membaca doa. Berikut bacaan doa saat melihat Hajar Aswad:

Bismillahi, Wallahu Akbar, Allahumma imanan bika, wa tashdiqon bi kitabika, wa wafaan bi 'ahdika, wattiba'an li sunnati nabiyyika Muhammadin shallahu 'alaihi wa sallam.

Artinya:

" Dengan nama Allah, Allah lah Yang Maha Agung. Ya Allah, aku beriman pada-Mu, membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji-Mu, dan mengikuti sunah Nabi-Mu Sw."

3 dari 3 halaman

3. Doa Saat Masuk Masjidil Haram

Tak hanya doa melihat Kabah, saat memasuki area Masjidil Haram kamu juga dianjurkan membaca doa. Berikut bacaan doa yang perlu kamu ketahui dan amalkan saat memasuki Masjidil Haram:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Allaahumma antas-salaamu wa minkas-salaam wa’ilaika ya’uudus-salaam fahhayyinaa rabbanaa bis-salaami wa adkhilnaal-jannata daaras-salaam tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita yaa dzal-jalaali wal-ikhraam. Allaahummaftahhlii abwaaba rahmatika bismillaahi walhamdulillaahi was-shalaatu was-salaamu ‘alaa rasuulillah.

Artinya:

“ Ya Allah, Engkau sumber kesalamatan dan dari pada-Mu lah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan dengan selamat sejahtera dan masukkanlah ke dalam surga negeri keselamatan. Mahabanyak anugerah-Mu dan Mahatinggi Engkau. Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah, bukakanlah untukku pintu rahmat-Mu, aku masuk masjid ini dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta sholawat dan salam untuk Rasulullah Saw.”

Itulah beberapa bacaan doa saat melihat Kabah. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk beribadah ke Tanah Suci dan menyaksikan Kabah secara langsung.

Saat tiba waktunya tersebut, jangan lupa bacalah doa melihat Kabah yang telah dipaparkan di atas.

Beri Komentar