Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Keras dari Nasihat

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 6 Agustus 2021 06:01
Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Keras dari Nasihat
Hati yang keras akan sulit menerima kebenaran dan hikmah.

Dream - Tak ada kekuatan yang bisa mengubah hati seseorang tanpa izin Allah SWT. Manusia hanya bisa memanjatkan doa meluluhkan seseorang yang keras hati sambil berusaha memberikan nasihat dengan lembut kepada orang yang dituju.

Hati merupakan bagian tubuh manusia yang jadi penimbang kebaikan dan keburukan. Hati membawa pengaruh besar pada sikap dan kedirian seseorang. Hati yang lembut akan mudah menerima kebaikan. Sementara sebaliknya, hati keras akan sulit dimasuki kebenaran.

Mungkin kita akan merasakan buah dari rutin membaca doa meluluhkan hati seseorang dalam periode yang cukup lama. Bersabar dan tetap berusaha adalah upaya yang bisa kita lakukan. 

Kita mungkin punya keluarga atau teman yang hatinya keras. Dia cenderung mengambil sikap yang dirasa sesuai dirinya meski sebenarnya pilihannya tidaklah baik.

Orang dengan hati keras akan sulit menerima nasihat. Kebanyakan tidak akan berpikir jangka panjang sehingga ketika terjadi masalah, cenderung tak bisa menyelesaikan.

Untuk orang-orang yang memiliki sifat tersebut, kita dianjurkan rutin membaca doa meluluhkan orang yang keras hati seperti di bawah ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Meluluhkan Hati

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ فُلَانا)  (..كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innaka antal azizul kabir, wa ana abdukadl dlaifudz dzalilul ladzi la haula wa la quwwata illa bika. Allahumma sakhkhir li kama sakhkhorta firauna li musa, wa layyin li qolbahu kama layyantal khadida li dawuda, fa innahu la yantiqu illa bi idznika, nashiyatuhu fii qobdlatika wa qolbuhu fi yadika, jalla tsanau wajhik ya arkhamar rakhimin.

Artinya,

" Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar, sedangkan aku hamba-Mu hina dina yang tiada upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Mu. Ya Allah, tundukkanlah (sebut nama orang dimaksud) padaku sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Nabi Musa. Luluhkanlah hatinya untukku sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Nabi Daud. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu, ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu dan hatinya di kekuasaan-Mu. Dzat-Mu Maha Agung, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Menjadi Pribadi yang Rendah Hati

Dream - Rasa tidak nyaman mungkin muncul dalam benak kita ketika berada di dekat orang tinggi hati. Perkataan dan karakternya membuat kita ingin pergi saja.

Islam sangat sering mengingatkan umatnya untuk menjauhi sifat tinggi hati. Sifat ini dapat membuat kita enggan menghargai sesama.

Sebaliknya, seorang Muslim sangat dianjurkan untuk rendah hati atau tawadhu. Sifat ini dapat melahirkan sikap-sikap mulia pada diri kita.

Dengan tawadhu, kita bisa selalu menghargai sesama. Sifat ini juga membuat hidup kita menjadi tenteram.

Agar menjadi pribadi tawadhu atau rendah hati, amalkan selalu doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Rendah Hati

اللهم أحيني مسكينا وأمتني مسكينا واحشرني في زمرة المساكين

Allahumma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin.

Artinya,

" Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan tawadhu dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan tawadhu dan kumpulkanlah aku dalam rombongan orang-orang khusyu dan tawadhu."

Sumber: Tebuireng.online.

4 dari 5 halaman

Para Istri, Baca Doa Ini Agar Suami Tak Berpaling ke Lain Hati

Dream - Semua pasangan suami istri akan menghadapi beragam drama dalam rumah tangga. Mulai dari masalah sepele hingga yang serius.

Salah satu drama rumah tangga yang berat dan bisa terjadi pada pasangan manapun adalah perselingkuhan. Godaan di luar rumah begitu besar sehingga harus dihadapi dengan baik.

Kasus suami tergoda wanita lain begitu akrab di telinga kita. Suami terpancing hingga memilih wanita lain dan meninggalkan keluarga.

Jika sudah terjadi, rumah tangga bisa hancur. Maka setiap istri perlu waspada.

Agar hal ini tidak terjadi, maka hubungan rumah tangga harus dijaga dengan baik. Selain itu, para istri dianjurkan membaca doa ini agar sang suami tidak berpaling ke lain hati.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Suami Tak Berpaling ke Lain Hati

Doa Disayang Suami© Dream.co.id

Allahumma anta khasbi 'ala zauji 'aththif qolbahu 'alayya wa sakhkhirli qolbahu wa dzallilhu li wa khabbibni ilaihi khatta ya'ti ilayya khodli'atan dzalilatan min ghoiri mahlatin wasyghulhu bi mahabbati innaka 'ala kulli syaiin qodir.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau cukup bagiku sebagai penolong atas suamiku, lembutkan hatinya padaku, palingkan hatinya padaku, tundukkan hatinya padaku, dan jadikan aku mencintainya sehingga dia datang padaku dengan tunduk tanpa menunda-nunda, sibukkanlah dia dengan mencintaiku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Beri Komentar