Doa Membalas Kebaikan Pemberi Makanan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 5 Maret 2020 07:12
Doa Membalas Kebaikan Pemberi Makanan
Membagikan makanan, salah satu bentuk kebaikan yang berlangsung di sekitar kita.

Dream - Saling berbagi dan menolong sudah menjadi kebiasaan di antara orang Indonesia. Hal ini terwujud dalam bentuk apa saja, baik benda maupun tenaga.

Demikian pula dengan umat Islam Indonesia. Berbagi merupakan perwujudan ajaran Islam mengenai sedekah.

Salah satu benda yang kerap kali dibagikan seorang Muslim kepada sesamanya adalah makanan. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang berkaitan langsung dengan keberlangsungan hidup manusia.

Mendapat makanan dari orang lain tentu menjadi berkah tersendiri bagi kita. Salah satunya, kita bisa menikmati menu yang berbeda sekaligus.

Bagi kaum dhuafa yang hampir tidak bisa memenuhi hajat pokoknya, makanan menjadi sangat berarti. Tak hanya memuaskan perut mereka namun juga batin karena kekhawatiran akan kelaparan bisa sejenak dihilangkan.

Bagi kita yang mendapatkan makanan dari orang lain, tentunya dianjurkan untuk membalas kebaikannya. Selain mengucap syukur dan terima kasih, balas dengan membacakan doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Balas Kebaikan Pemberi Makanan

Doa Dikasih Makanan© Dream.co.id

Allahumma aktsir malahu wa barik lahu fima a'thoitahu wa yassir lahu ayyaf'ala fihi khoiran wa qonni'hu fima a'thoitahu waj'alna wa iyyahu minasy syakirin.

Artinya,

" Ya Allah, perbanyaklah hartanya, berkahilah rezeki yang Engkau berikan padanya, mudahkanlah dia melakukan kebaikan dengan rezeki tersebut, berilah kelapangan hati padanya agar menerima rezeki yang Engkau berikan, jadikanlah kami dan dia bagian dari orang-orang yang bersyukur."

2 dari 5 halaman

Doa Mohon Perlindungan Ketika Penyakit Mewabah

Dream - Musibah bisa datang dalam berbagai bentuk. Bisa berupa bencana alam, kematian, ataupun wabah penyakit.

Saat ini, Indonesia dan dunia tengah berjuang mengatasi wabah virus corona. Virus ini awalnya muncul di Wuhan, provinsi Hubei, China dan menyebar ke 66 negara di seluruh dunia dalam waktu hanya tiga bulan.

Wabah ini menyebabkan gangguan kesehatan akut. Salah satunya penyakit pneumonia atau radang paru-paru.

Tetapi, kita tidak perlu menghadapi musibah dengan kepanikan. Waspada tetap perlu, tapi sebaiknya tidak lantas menjadi kepanikan.

Kita bisa menghindari penyakit akibat virus corona ketika tubuh dalam kondisi prima. Untuk itu, dianjurkan untuk rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi.

Lebih penting lagi, memohon perlindungan kepada Allah SWT agar tidak terkena wabah tersebut. Caranya bisa dengan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Berlindung dari Wabah Penyakit

Doa wabah© Dream.co.id

Ya hayyu hina la hayya wa ya hayyu qobla kulli hayyin wa ya hayyu ba'da kulli hayyin yaa qoyyum, ya muhsinu, ya mujmilu. Qod araitana qudrataka fa arina 'afwaka.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Hidup ketika tidak ada kehidupan, wahai Dzat Yang Maha Hidup sebelum adanya kehidupan, wahai Dzat Yang Maha Hidup setelah ada kehidupan, wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, wahai Dzat Yang Berbuat Baik, wahai Dzat Yang Memperindah. Sungguh Engkau telah memperlihatkan kepada kami kuasa-Mu, maka perlihatkan kepada kami ampunan-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Saat Minum Jamu Agar Dijauhkan dari Penyakit

Dream - Indonesia kini tengah dibuat panik dengan munculnya wabah virus corona. Dua pasien dinyatakan positif terinfeksi lantaran tertular warga Jepang.

Virus bernama resmi Covid-19 ini dapat menimbulkan beberapa penyakit. Salah satunya yaitu radang paru-paru atau pneumonia. Seorang pasien yang terinfeksi corona akan memunculkan tanda-tanda tertentu seperti batuk, demam, dan tubuh yang melemah.

Pakar kesehatan Universitas Airlangga Surabaya, Chairul Anwar Nidom, menyatakan virus corona bisa dikalahkan dengan mengonsumsi bahan pangan yang bisa menguatkan daya tahan tubuh. Bahan pangan tersebut sangat mudah didapat, yaitu jahe, kunyit, dan temulawak.

Masyarakat Indonesia mengenalnya dengan istilah jamu. Minuman kesegaran berkhasiat obat yang sudah lama dikenal.

Konsumsi jamu memang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi, jamu jahe, kunyit, temulawak dan rempah lain sebagainya merupakan bahan umum, tidak khusus untuk virus corona.

Ketika meminum jamu rebusan jahe, kunyit dan sebagainya, dianjurkan untuk membaca doa ini. Lewat doa ini, kita memohon kesembuhan dari Allah SWT.

 

5 dari 5 halaman

Doa Minum Jamu

Doa meminum ramuan jamu© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi hadana wa saqona wa na'amana. Allahu akbar. Allahumma alfatna ni'mataka bi kulli syarrin, fa ashbahnaa wa amsaina minha bi kulli khoirin, nas-aluka tamamaha wa syukraha la khoira illa khoiruka wa la ilaha ghoiruka ilahash sholihin wa rabbal 'alamiin. Alhamdulillaahi rabbil 'alamin. La ilaha illallahu masya allahu wa la quwwata illa billah. Allahumma barik lana fima razaqtana wa qina 'adzaban nar.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk pada kami, memberi minum dan memberi nikmat pada kami. Allah Maha Besar. Ya Allah, kami memanggil nikmat-Mu untuk menjinakkan setiap keburukan, sehingga kami berada di waktu dan sore dengan semua bentuk kebaikan, karena itu kami memohon kepada-Mu kesempurnaan dan syukur atas nikmat tersebut. Tiada kebaikan kecuali kebaikan-Mu, tiada Tuhan selain diri-Mu, Tuhan orang-orang shaleh dan Tuhan semesta alam. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Tiada Tuhan kecuali Allah, segala sesuatu yang dikehendaki Allah dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.Ya Allah, berkahilah kami atas apa Engkau rizkikan pada kami dan jagalan kami dari siksa neraka."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar