Doa Memohon Jodoh Lengkap dengan Artinya dan Tips Mendapatkan Jodoh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 31 Desember 2021 12:00
Doa Memohon Jodoh Lengkap dengan Artinya dan Tips Mendapatkan Jodoh
Selain berikhtiar, upaya mendapatkan jodoh juga harus disertai dengan berdoa kepada Allah SWT.

Dream – Jodoh dan rezeki setiap orang telah diatur oleh Allah SWT dan tidak akan mungkin tertukar dengan yang lain. Meskipun hadirnya jodoh adalah atas kuasa Allah SWT, tentunya sebagai makhluk jangan hanya berdiam diri saja dalam menunggu jodoh tersebut. Manusia juga harus berikhtiar untuk bisa mendapatkan jodohnya.

Dalam Islam sendiri telah diajarkan untuk melakukan segala sesuatu didahului dengan doa. Karena doa inilah yang menjadi bentuk komunikasi antara Allah SWT dengan makhluk-Nya. Begitu juga saat memohon akan hadirnya jodoh. Maka doa inilah yang jangan sampai sahabat Dream tinggalkan.

Melalui doa, sahabat Dream bisa memohon untuk didatangkan jodoh yang sholeh atau sholehah, setia, bertanggungjawab, dan sebagainya. Tentunya doa tersebut haruslah dipanjatkan selalu, terutama setelah menjalankan sholat fardhu lima waktu. Dengan harapan suatu hari nanti Allah SWT akan mengabulkannya.

Berikut adalah beberapa doa memohon jodoh yang bisa sahabat Dream panjatkan sebagaimana telah dirangkum dari Merdeka.com dan Brilio.net.

1 dari 3 halaman

Doa Memohon Jodoh

Doa Memohon Jodoh© Freepik.com

Doa Memohon Jodoh

Bagi sahabat Dream yang saat ini sedang menunggu-nunggu jodohnya namun tak kunjung hadir, jangan lupa untuk memperkuat dengan doa. Karena segala sesuatu jika tidak diimbangin dengan doa, maka akan sia-sia saja. Karena Allah SWT lah yang memiliki kuasa untuk mengabulkan segala sesuatu yang makhluk-Nya inginkan.

Berikut adalah doa memohon jodoh yang ada dalam Al-Quran surat Al-Furqan ayat 74:

رَبَّنَاهَبْلَنَامِنْاَزْوَاجِنَاوَذُرِّيّٰتِنَاقُرَّةَاَعْيُنٍ

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami).” (QS. Al-Furqan: 74).

Doa Memohon Jodoh yang Cocok

Setiap orang yang ingin menikah, mereka pastinya berharap bisa mendapatkan jodoh yang cocok. Cocok dalam berkomunikasi, cocok dalam bekerjasama untuk mengurus rumah tangga kelak, dan sebagainya. Di samping berusaha untuk menemukan pasangan yang cocok tersebut, sahabat Dream juga harus mendukungnya dengan doa.

Berikut adalah bacaan doa memohon jodoh yang cocok sebagaimana ada dalam Al-Quran surat Al-Qashah ayat 24 berikut ini:

رَبِّاِنِّيْلِمَآاَنْزَلْتَاِلَيَّمِنْخَيْرٍفَقِيْرٌ

Artinya: Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS. Al-Qashas: 24).

Doa Memohon Jodoh untuk Laki-laki

Setiap laki-laki tentu menginginkan calon istri yang baik, sholehah, sayang pada suami dan keluarganya. Ada banyak sekali perempuan, namun tidak mudah untuk menemukan yang tepat sebagai pendamping hidup. Oleh karena itu, selain berusaha, kamu juga harus berdoa kepada Allah SWT.

Berikut adalah bacaan doa memohon jodoh untuk laki-laki yang bisa kamu panjatkan:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Doa Memohon Jodoh untuk Perempuan

Sedangkan bagi perempuan yang ingin mendapatkan pasangan hidup yang sholeh, penyayang, bertanggungjawab, dan setia, maka berikut ini adalah bacaan doa yang bisa kamu panjatkan:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

 Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

2 dari 3 halaman

Tips Mendapatkan Jodoh

Tips Mendapatkan Jodoh© Unsplash.com

Jodoh atau pasangan yang nantinya akan menjadi pendamping hidup, insya Allah hingga maut memisahkan, bisa dipertemukan dalam kondisi apa saja sesuai kehendak Allah SWT. Keberadaan jodoh tersebut bisa saja sudah berada dekat dengan kita, dan bisa saja jauh. Sebagai hamba, tentunya tidak ada yang mengetahui rahasia Allah SWT tersebut.

Nah, bagi sahabat Dream yang saat ini sedang berusaha untuk menemukan jodohnya, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan jodoh sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Brilio.net:

Yakin pada Allah SWT

Saat sedang mencari jodoh, maka sahabat Dream haruslah yakin sepenuhnya kepada Allah SWT. Hal ini karena Allah SWT lah yang menghadirkan jodoh tersebut kepada hamba-Nya. Ketika sahabat Dream sudah yakin sepenuhnya pada Allah SWT, maka kamu akan terus berusaha untuk bisa bertemu dengan jodoh tersebut. Meskipun Allah SWT belum juga mempertemukannya.

Selalu Berdoa pada Allah SWT

Dalam Islam, berdoa adalah hal yang sangat dianjurkan.  Tidak terkecuali saat menginginkan jodoh. Selain yakin kepada Allah SWT, sahabat Dream tentunya juga harus berdoa kepada Allah SWT. Memohon agar segera dipertemukan dengan jodoh yang terbaik. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya berikut ini:

Sesungguhnya Allah SWT malu terhadap seseorang yang menadahkan tangannya berdoa meminta kebaikan kepada-Nya, kemudian menolaknya dalam keadaan hampa.” (HR. Abu Dawud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah).

Memperbaiki Diri

Dalam upaya mendapatkan jodoh yang baik dan sesuai dengan keinginan, maka hendaknya kita juga berusaha untuk memperbaiki diri sendiri. Hal ini agar nantinya kita benar-benar pantas untuk menjadi pendamping dari jodoh yang kita harapkan tersebut. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nur ayat 26 sebagai berikut:

اَلْخَبِيْثٰتُلِلْخَبِيْثِيْنَوَالْخَبِيْثُوْنَلِلْخَبِيْثٰتِۚوَالطَّيِّبٰتُلِلطَّيِّبِيْنَوَالطَّيِّبُوْنَلِلطَّيِّبٰتِۚاُولٰۤىِٕكَمُبَرَّءُوْنَمِمَّايَقُوْلُوْنَۗلَهُمْمَّغْفِرَةٌوَّرِزْقٌكَرِيْمٌࣖ

 Artinya: Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS. An-Nur: 26).

3 dari 3 halaman

Tips Mendapatkan Jodoh

Rajin Menjalankan Sholat Wajib dan Sunah

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk menjalankan sholat lima waktu setiap harinya. Sebagai usaha untuk mendapatkan jodoh, maka usahakan untuk tidak meninggalkan sholat wajib tersebut dan juga menjalankan sholat sunah. Mudah-mudahan dengan rajin menjalankan sholat wajib dan sunah, maka akan semakin didekatkan dengan jodoh.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 45 berikut ini:

وَاسْتَعِيْنُوْابِالصَّبْرِوَالصَّلٰوةِۗوَاِنَّهَالَكَبِيْرَةٌاِلَّاعَلَىالْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya: Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah: 45).

Banyak Dzikir dan Istighfar

Selain rajin menjalankan sholat wajib dan sunah, tips lain untuk mendapatkan jodoh adalah memperbanyak dzikir dan istighfar. Dzikir dan istighfar sendiri juga sangat dianjurkan untuk dilakukan umat Islam, tak terkecuali dalam usaha mendapatkan jodoh. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya sebagai berikut:

Barangsiapa memperbanyak dzikir, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas).

Beri Komentar