Doa Memohon Ketenangan Batin

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 17 Februari 2020 11:01
Doa Memohon Ketenangan Batin
Berhadapan dengan segala situasi dapat mempengaruhi suasana hati.

Dream - Setiap hari, kita selalu berhadapan dengan segala situasi. Kadang menyenangkan, kadang pula menyesakkan.

Situasi yang kita hadapi dapat berpengaruh terhadap suasana hati. Tentu kita merasa beruntung ketika berhadapan dengan situasi yang nyaman.

Tetapi, kita tidak bisa menolak ketika berhadapan dengan situasi yang tidak mengenakkan. Apalagi jika situasi tersebut terkesan buruk hingga membahayakan.

Menghadapi situasi tersebut, batin bisa bergejolak. Perasaan jadi campur aduk, dan hidup pun tak nyaman.

Ketika berada dalam situasi tersebut, kita berharap ketenangan pada batin. Untuk itu, dianjurkan membaca doa yang terdapat dalam hadis riwayat Imam Bukhari ini agar mendapatkan ketenangan batin.

 

1 dari 5 halaman

Doa Agar Mendapat Ketenangan Batin

Doa Mohon Ketenangan Batin© Dream.co.id

Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.'

2 dari 5 halaman

Doa Agar Terhindar Dari Kesalahan Berulang

Dream - Tidak ada orang di dunia ini hidup dengan kesempurnaan. Apalagi selalu bertindak dengan benar. Setiap orang pasti punya kesalahan.

Dengan kesalahan itu diharapkan seseorang bisa belajar untuk menjadi pribadi lebih baik dan meminimalisasi hal tersebut terulang untuk kedua kalinya. 

Namun fitrahnya manusia adalah makhluk lemah yang dibekali sifat lupa. Meski sudah berusaha menjadi pribadi lebih baik, potensi kesalahan yang sama bisa terulang.

Agar terhindar dari kesalahan sama yang terulang, dianjurkan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Agar Tak Mengulangi Kesalahan

Doa Tak Mengulangi Kesalahan© Dream.co.id

Allahumma inni astaghfiruka mimma tubtu ilaika minhu summa udtu fihi wa astaghfiruka mimma ja’altahu ala nafsi summa la uffin bihi laka wa astaghfiruka mima za’amta anni aradtu bihi wajhaka fakhalit qalbi minhu ma qad amiltu

Artinya,

" Ya Tuhan, Aku memohon maaf kepadamu dari apa-apa yang telah aku sesali kemudian aku mengulanginya, dan aku memohon maaf atas apa yang telah Engkau tetapkan namun ku tak melakukannnya, dan aku memohon ampun atas dugaanku terhadap-Mu yang membuat hatiku resah."

4 dari 5 halaman

Doa Ketika Tak Mampu Bersedekah Meski Sangat Ingin

Dream - Ketika ada rezeki, kita dianjurkan untuk berbagi, membantu mereka yang kekurangan maupun kesusahan.

Islam menganjurkan umatnya untuk bersedekah dengan apapun. Baik makanan, uang, apa saja, dan dilakukan dengan semangat keikhlasan.

Sedikit rezeki yang kita sedekahkan sangat bermanfaat bagi mereka yang kekurangan. Mereka terbantu lantaran beban yang harus dipikul sedikit berkurang.

Manfaat sedekah tidak hanya diterima satu pihak namun baik antara pemberi maupun penerima.

Sayangnya, ada kalanya kita tidak mampu bersedekah karena keadaan. Padahal, dalam hati sudah muncul keinginan kuat untuk bersedekah.

Ketika tidak mampu bersedekah, dianjurkan membaca doa ini sebagai penggantinya.

5 dari 5 halaman

Doa Ketika Tak Mampu Sedekah

Doa Tak Bisa Sedekah© Dream.co.id

Allahumma sholli 'ala muhammadin 'abdika wa rasulika wa sholli 'alal mu'minina wal mu'minati wal muslimina wal muslimati.

Artinya,

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar