Doa Memohonkan Ampunan Untuk Orangtua dan Umat Islam

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 9 Januari 2020 20:00
Doa Memohonkan Ampunan Untuk Orangtua dan Umat Islam
Doa anak sholeh dan sholehah menjadi hadiah terindah orangtua.

Dream - Setiap orangtua berharap memiliki anak yang sholeh dan sholehah. Mereka pun akan memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, terutama soal agama, untuk mewujudkan harapan tersebut.

Bagi orang tua tak ada balasan yang lebih indah saat mereka telah berpulang selain doa anak sholeh dan sholehah.

Sedangkan bagi seorang anak, kewajiban mereka adalah berbakti kepada orangtua. Tidak hanya ketika orangtua masih hidup namun juga apabila sudah tiada.

Bakti tersebut diwujudkan dalam bentuk berbuat baik kepada orangtua. Juga, senantiasa memberikan doa terbaik bagi ayah dan ibunya.

Dianjurkan bagi setiap Muslim mendoakan orangtua kita dengan doa ini.

 

1 dari 4 halaman

Doa Untuk Kedua Orangtua

Doa Untuk Kedua Orangtua© Dream.co.id

Rabbighfirli wa liwa lidayya warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya,

" Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku, serta sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu aku masih kecil."

 

2 dari 4 halaman

Doa Untuk Umat Islam

Selain kedua orangtua, kita dianjurkan mendoakan seluruh umat Islam baik yang sudah meninggal maupun masih hidup. Doa yang dibaca adalah sebagai berikut.

Doa Untuk Umat Islam© Dream.co.id

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al ahya'i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushushan ila aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu'allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi 'alayna. 

Artinya,

" Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustaz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

3 dari 4 halaman

Doa Selamat dari Segala Musibah Dikutip dari Ayat Alquran

Dream - Meski tidak ada yang menginginkan, musibah tidak bisa tertolak. Pun demikian, musibah bisa terjadi pada semua orang tanpa pandang bulu.

Bisa saja orang yang sedang senang berubah jadi sedih akibat tertimpa musibah. Harta benda yang sudah dikumpulkan dengan susah payah hilang begitu saja.

Bagi orang beriman, musibah tidak boleh dilihat sebagai peristiwa negatif. Melainkan harus dipandang sebagai cobaan. serta ajang melatih diri untuk sabar dan tabah. Manusia juga diuji untuk tidak mudah berputus asa.

Allah SWT telah berjanji mengangkat derajat mereka yang menghadapi musibah dengan penuh kepasrahan. Allah akan mengganti apa yang hilang dari tangan mereka dengan yang lebih baik lagi.

Terdapat doa dalam Alquran yang bisa dibaca agar selamat dari segala musibah. Doa tersebut merupakan ayat 97-98 dari Surat Al Mukminun.

 

4 dari 4 halaman

Doa Selamat Musibah

Doa selamat© Dream.co.id

Rabbi a'udzubika min hamazatisy syayathini wa a'udzubika rabbi ay yahdlurun.

Artinya,

" Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada Engkau yang Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."

Beri Komentar