Doa Memperbaiki Urusan Dunia Agar Bernilai Kebaikan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 16 Januari 2020 11:12
Doa Memperbaiki Urusan Dunia Agar Bernilai Kebaikan
Kadangkala kita melalukan aktivitas yang tak berkualitas.

Dream - Kehidupan di dunia tidak selamanya berkualitas. Sadar atau tidak, kita kadang melakukan aktivitas yang mungkin kurang baik.

Seperti sibuk dengan hal-hal remeh hingga melupakan yang terpenting. Belum lagi soal ibadah, kadang suka menunda.

Apalagi ketika mendapat kesulitan. Kita terbiasa mengeluh meski hanya lewat kata-kata.

Tentu, kondisi-kondisi tersebut kerap membuat kita merasa tak nyaman. Kita pun terdorong untuk mengubahnya agar menjadi lebih baik.

Dalam kondisi tersebut, dianjurkan membaca doa yang terdapat dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA.

 

1 dari 5 halaman

Doa Memperbaiki Urusan Duniawi

 Doa Memperbaiki Urusan Duniawi© Dream.co.id

Allahumma ashlih li dinilladzi huwa 'ishmatu amri, wa ashlih li dunyayal lati fiha ma'asyi, wa ashlih li akhiratil lati fiihaa ma'adi, waj'alil hayata ziyadatan li fi kulli khoirin, waj'alil mauta rahatan li min kulli syarrin.

Artinya,

" Ya Allah ya Tuhanku, perbaikilah bagiku agamaku sebagai benteng urusanku, perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan."

2 dari 5 halaman

Doa Saat Melakukan Aktivitas Berolahraga

Dream - Olahraga jadi aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat kekinian. Bahkan kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern.

Olahraga membawa banyak dampak positif bagi tubuh. Dengan rajin berolahraga, tubuh menjadi segar dan bebas dari ancaman penyakit.

Selain itu, tubuh bisa menjadi semakin muda. Ini disebabkan tubuh dapat bekerja secara maksimal.

Tetapi, kita tetap perlu ingat kesehatan semata datangnya dari Allah. Sehingga, kita patut untuk selalu bersyukur.

Ketika menjalankan olahraga, dianjurkan membaca doa ini. Tujuannya agar tubuh bisa mendapatkan manfaat dari olahraga yang kita lakukan.

 

3 dari 5 halaman

Doa Olahraga

 Doa Olahraga© Dream.co.id

Allahumma 'afini di badani. Allahumm 'afini bi sam'i. Allahumma afini fi bashari la ilaha illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, sehatkanlah badanku. Ya Allah, sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah, sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau."

4 dari 5 halaman

Doa Menjalankan Pekerjaan Sesuai Profesi

Dream - Menjalani pekerjaan dalam bingkai sebuah profesi sudah menjadi gaya hidup dari masyarakat kekinian. Setiap orang berkarya lewat profesinya masing-masing.

Suatu profesi tidak bisa dijalani dengan sembarangan. Sebelum menekuni sebuah profesi, seseorang dituntut untuk memiliki keahlian di bidangnya.

Seorang montir diharuskan menguasai seluruh seluk beluk dunia permesinan. Pun demikian dengan arsitek, harus menguasai keahlian dalam bidang desain bangunan dibuktikan dalam bentuk dokumen legal baik sertifikat maupun ijazah.

Selain itu, sebuah profesi juga bisa menjadi jalan seseorang untuk semakin memahirkan diri. Bahkan hingga mampu menganalisis sebuah permasalahan dan menyelesaikannya dengan latar belakang yang dimiliki.

Ketika bekerja sesuai profesi, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam Al-Qur'an Surat Hud ayat 47.

 

5 dari 5 halaman

Doa Profesi

 Doa Profesi© Dream.co.id

Rabbi inni a'udzubika an asalaka ma laisa li bihi 'ilmun wa illa taghfirli wa tarkhamni akum minal khosirin.

Artinya,

" Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari perbuatanku yang memohon kepada-Mu atas sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkai tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) mengasihani aku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi."

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair