Doa Mendapatkan Keputusan Terbaik, Dikutip dari Ayat Alquran

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 13 September 2021 20:00
Doa Mendapatkan Keputusan Terbaik, Dikutip dari Ayat Alquran
Keputusan terbaik ada di tangan Allah.

Dream - Sulit mengambil keputusan kerap kita alami. Terlebih jika kita menghadapi banyak pilihan.

Semakin banyak pilihan, membuat kita kebingungan. Alhasil, keputusan terpaksa tertunda.

Belum lagi jika masalah yang dihadapi menyangkut banyak orang. Semakin bingung karena mempertimbangkan kemaslahatan mereka.

Menghadapi kondisi ini, sebenarnya sudah ada caranya dalam Alquran. Kita tinggal meminta kepada Allah agar mendapatkan keputusan terbaik.

Salah satunya dengan mengamalkan doa ini. Doa tersebut terdapat dalam Surat Al A'raf ayat 89.

 

1 dari 5 halaman

Doa Keputusan Terbaik

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ

Rabbanaftah bainana wa baina qoumina bil haqqi wa anta khoirul fatihin.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik."

Sumber: Islami.co

(mut)

2 dari 5 halaman

Doa Saat Bingung Menghadapi Pilihan Tak Meyakinkan

Dream - Memilih sesuatu kerap kita hadapi dalam hidup. Tentu kita akan membuat pertimbangan tersendiri sebelum menjatuhkan pilihan mana yang dianggap terbaik.

Kita akan mudah memilih jika pilihan yang ada tak membawa efek besar bagi kehidupan kita. Namun lain halnya jika salah satu dari pilihan itu akan berdampak tidak buruk bagi kita ataupun orang-orang di sekeliling

Manusia ada kalanya harus berhadapan dengan pilihan yang tidak menyakinkan. Kita pun ragu untuk menjatuhkan pilihan. Di saat berada dalam kebingungan tersebut, kita senantiasa memanjatkan doa agar diberi keputusan terbaik.

Apapun kendala yang kita anggap berat, keputusan harus segera dibuat. Meski harus terlebih dahulu menghadapi kebinungan, menjatuhkan pilihan di antara dua hal dengan lebih cepat akan membuat masalah tidak menjadi semakin membesar.

Ketika berhadapan dengan pilihan yang tidak meyakinkan lantas menjadi bingung, segera tenangkan pikiran. Kemudian ucapkan doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Bingung Pilihan Tak Meyakinkan

تَوَكَّلْتُ عَلَى اْلحَيِّ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ اَبَدًا والْحَمْدُ للهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَداً وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيراً

Tawakkaltu 'alal hayyil ladzi la yamutu abadan. Walhamdulillahil ladzii lam yattakhidz waladan walam yakullahu syarikun fil mulki wa lam yakullahu waliyyun minadz dzulli wa kabbirhu takbira.

Artinya,

" Aku pasrah terhadap Dzat yang tidak akan mati selamanya. Dan, segala puji bagi Allah, Dzat yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Saat Dihadapkan Pada Pilihan Sulit

Dream - Berhadapan dengan pilihan sulit sering dialami banyak orang. Masing-masing pilihan bernilai baik dan punya kelebihan sendiri-sendiri.

Akibatnya, kita menjadi bimbang. Akhirnya kita sulit mengambil keputusan untuk menjatuhkan pilihan.

Hal ini berlaku hampir di semua kondisi. Baik terkait pendidikan, rezeki, pekerjaan, bahkan jodoh.

Kadangkala, hati kita sudah condong pada pilihan satu. Tetapi, pilihan lain juga tampak baik.

Karena itulah, sangat disarankan kita untuk memohon kepada Allah agar dipilihkan yang terbaik. Doa ini bisa kita baca agar bisa mengambil keputusan tepat saat menghadapi pilihan sulit.

 

5 dari 5 halaman

Doa Pilihan Sulit

اللَّهُمَّ  خِرْ لِيْ وَاخْتَرْ لِيْ اَللَّهُمَّ اَسْئَلُكَ التَّوْفِيْقَ لِمَحَابِّكَ مِنَ اْلاَعْمَالِ وَصِدْقَ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ وَحُسْنَ الظَّنِّ بِكَ

Allahumma khirli wakhtarlii. Allahumma as alukat taufiqo li mahabbika minal a'mali wa shidqot tawakkuli 'alaika wa husnadh dhonni bika.

Artinya:

" Ya Allah, pilihkanlah untukku (yang lebih baik/bermanfaat) dan pilihlah untukku. Ya Allah, aku memohon pertolongan kepada-Mu untuk mengerjakan amal-amal yang Engkau cintai, (aku memohon) kepasrahan yang benar kepada-Mu, dan berperasangka yang baik kepada-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar