Doa Menerima Zakat Fitrah dan Artinya, Para Mustahik Harus Tahu!

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 27 April 2022 19:00
Doa Menerima Zakat Fitrah dan Artinya, Para Mustahik Harus Tahu!
Bacalah doa ini saat menerima zakat fitrah!

Dream – Zakat fitrah ditunaikan sejak awal ramadhan hingga menjelang sholat Idul Fitri. Zakat fitrah adalah perkara wajib bagi umat Islam.

Fungsi dari kewajiban zakat adalah untuk menyucikan harta sekaligus jiwa dari segala hal yang kotor dan buruk. Membayar zakat fitrah akan membuat harta menjadi lebih bersih dan berkah.

Zakat fitrah diberikan kepada orang-orang yang telah disebutkan dalam Al Quran. Golongan orang yang menerima zakat atau mustahik adalah orang fakir, miskin, amil zakat, mualaf, hamba sahaya, orang yang dililit hutang dan kesulitan membayarnya, orang yang berjuang di jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan.

Bagi mereka yang menerima zakat fitrah dianjurkan untuk membaca doa menerima zakat fitrah dan artinya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Niat Zakat Fitrah

Sebelum mengetahui doa menerima zakat fitrah dan artinya, umat Islam juga wajib mengetahui bacaan niat saat hendak menunaikan zakat fitrah. Berikut bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

" Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta’ala."

Jika hendak niat untuk diri sendiri, berikut bacaan doanya:

ﻧَﻮَﻳْﺖُأَﻥْأُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْﻧَﻔْسيْﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

2 dari 4 halaman

Keutamaan Zakat Fitrah

Zakat fitrah memiliki banyak keutamaan yang perlu diketahui oleh umat Islam. Keutamaan ini tentu bisa mengedukasi kepada masyarakat, bahwa zakat fitrah adah ketentuan Tuhan yang sangat bermanfaat. Keutamaan zakat fitrah salah satunya tertuang dalam firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 277:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ لَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Innalladziina aamanuu wa 'amilush-shaalihaati wa aqaamu-shalaata wa aatawuz-zakaata lahum ajruhum 'inda rabbihim, wa laa khaufun 'alaihim wa laa hum yahzanuun.

Artinya:

" Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan salat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang mengeluarkan zakat akan mendapat pahala dari Allah, dan dijauhkan dari rasa takut serta kesedihan. Artinya dengan berzakat, kehidupan orang akan lebih tentram dan bahagia.

3 dari 4 halaman

Doa Menerima Zakat Fitrah dan Artinya

Zakat fitrah diterima oleh amil terlebih dahulu baru disalurkan ke orang-orang yang berhak. Atau bisa juga langsung diberikan dari muzakki ke mustahik tanpa perantara amil zakat. Simak bacaan doa menerima zakat fitrah dan artinya bagi amil sekaligus bagi mustahik di bawah ini:

1. Doa Menerima Zakat Fitrah dan Artinya Bagi Amil

Untuk mempermudah pembayaran dan pembagian zakat, ada tim yang mengaturnya yaitu disebut amil zakat. Saat menerima zakat dari para muzakki, seorang amil juga sebaiknya mendoakan yang baik untuk mereka. Hendaknya ia membaca doa amil ketika menerima zakat.

Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut ini:

“ Barangsiapa diperlakukan baik (oleh seseorang), hendaknya ia membalasnya. Apabila ia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, hendaknya ia memujinya. Jika ia memujinya, maka ia telah berterima kasih kepadanya, namun jika menyembunyikannya, berarti ia telah mengingkarinya.” (HR. Bukhari).

Berikut doa amil saat menerima zakat dari para muzakki:

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ

Thahharallaahu qalbaka fii quluubil abraar, wa zakkaa ‘amalaka fii ‘amalil akhyaar, wa shallaa ‘alaa ruuhika fii arwaahis-syuhadaa’

Artinya:

“ Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”

4 dari 4 halaman

2. Doa Menerima Zakat Fitrah dan Artinya Bagi Mustahik

Seseorang yang menerima zakat fitrah dari muzakki (orang yang memberi zakat) atau amil (orang yang membagikan zakat) dianjurkan untuk membaca doa menerima zakat fitrah dan artinya. Doa menerima zakat berisi tentang harapan agar pahala dan keberkahan selalu menyertai orang yang sudah menunaikan zakatnya.

Berikut bacaan doa menerima zakat fitrah dan artinya yang perlu kamu ketahui:

ﺁﺟَﺮَﻙﺍﻟﻠﻪُﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ،ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُﻟَﻚَﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

Ajarakallahu fiimaa a'thoita wa baaraka fiimaa abqoita waja'alahu laka thohuuron

Artinya:

“ Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Itulah bacaan doa menerima zakat fitrah dan artinya yang sudah sepantasnya diketahui oleh seorang Muslim. Dengan begitu, saat kamu mendapatkan zakat fitrah dari muzakki, bacalah doa menerima zakat dan artinya sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang didapat.

Beri Komentar